Juknis OSN SD 2019

Juknis OSN SD 2019



OSN SD - Sebagai wadah berkompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) maka Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan akan menggelar kembali kegiatan OSN untuk SD/MI. OSN SD/MI 2019 merupakan gelaran ke-XVI sejak dirintis tahun 2003 lalu. OSN SD tingkat Nasional 2019 akan dilaksanakan pada 30 Juni s/d 6 Juli 2019. Tema OSN SD 2019 adalah "Olimpiade Sains Nasional mewujudkan generasi kompetitif, berkarakter, berkualitas dan adaptif terhadap perubahan".




Sehubungan dengan itu, DIT.PSD telah menerbitkan Juknis OSN SD/MI 2019. Dalam juknis ini disebutkan pula kisi-kisi materi masing-masing bidang untuk Matematika dan IPA.

TUJUAN KHUSUS OSN SD 2019

a. Menyediakan wahana bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika dan IPA sehingga peserta didik berkreasi, terampil, memecahkan masalah dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya.
b. Memotivasi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik.
c. Memotivasi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika dan IPA dalam kehidupan sehari-hari.
d. Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika dan IPA di SD/MI dan atau yang sederajat;
e. Memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan.
f. Memotivasi para pemangku kepentingan untuk mensosialisasikan dan menanamkan bilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggungjawabnya.





KETENTUAN PESERTA OSN SD 2019

  • Peserta adalah Warga Negara Indonesia (WNI);
  • Peserta adalah peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat baik negeri maupun swasta tingkat SD yang telah lolos seleksi OSN SD tingkat provinsi dan dibuktikan dengan Surat Keputusan DIT.PSD;
  • Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, dan perunggu pada OSN SD tingkat nasional tahun sebelumnya;
  • Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, dan perunggu pada OSN SD tingkat internasional yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Mathematics Competition (IMC) tahun sebelumnya;
  • Peserta  adalah peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat baik negeri maupun swasta yang masih duduk di kelas IV atau V dengan usia maksimal 13 tahun pada 31 Juli 2019.


Peserta OSN SD tingkat nasional 2019 berjumlah 102 peserta didik untuk bidang Matematika dan 102 peserta bidang IPA. Setiap provinsi dapat diwakili minimal 2 peserta didik dan maksimal 4 peserta didik untuk masing-masing bidang studi berdasarkan hasil penilaian seleksi tingkat provinsi.

Download Juknis OSN SD 2019

Unduh Juknis OSN SD 2019 melalui link di bawah.

Juknis OSN SD 2019 pdf |Unduh Sekarang

Hai..Terima kasih sudah membaca artikel Supervba. Masih banyak artikel menarik lainnya. Selamat menjelajah di Supervba. Jangan lupa subscribe/berlangganan, terima kasih.

×
Related Posts

Admin

Author & Editor

Terima kasih sudah berkunjung. SuperVBA sangat bangga bisa menjadi bagian dari ceritamu hari ini.

Show Disqus Comment Hide comment

Disqus Comments

We are very glad that you are here

About Cookies:This website use cookies to ensure you get the best experiences i our website.