Cara scan di Printer Canon Pixma MG2570s

Hai..Selamat menjelajah di Supervba. Jangan lupa subscribe/berlangganan, terima kasih.

×

Cara scan di Printer Canon Pixma MG2570s

Printer MG2570s merupakan salah satu printer dari jajaran printer Canon. Printer MG2570s memiliki fungsi yang banyak seperti halnya printer MP258 dan MX397 yang pernah dibahas di situs tercinta ini. Printer MG2570s memiliki fungsi untuk pencetakan, fotocopy, dan scan. Dari segi katridge, printer ini menggunakan dua buah katridge. Satu buah katrdige untuk warna hitam (black) dan satu buah katridge warna (C) untuk warna merah, kuning, dan biru. Katridge yang digunakan oleh Printer MG2570s ini adalah PG-745s ((black) dan CL-746s (Colour).

Berbeda dengan Printer MP258, jika printer MP258 memiliki panel LCD maka printer ini tidak memiliki itu. Jika ada kesalahan/error dengan printer MG2570s maka sebaiknya kita langsung melihatnya pada layar komputer/laptop.

 Dengan fungsi print, fotocopy, dan scan, harga baru printer MG2570s masih lebih  murah daripada Printer MP258, apalagi printer MX397. Harga printer MG2570s hanya berbeda sedikit di atas harga Printer Canon IP 2770. Jadi, tidak terlalu mahal kan dengan spesifikasi yang dimiliki.



Cara scan di Printer Canon Pixma MG2570s

Terlebih dahulu, sambungkan kabel USB ke komputer/laptop dan kabel Power printer ke sumber listrik. Kemudian tekan tombol power (on/0ff) untuk menyalakan printer. Lalu tempatkan dokumen, foto atau gambar yang akan discan pada printer MG2570s.

Nah, cara scan di printer canon pixma mg2570s adalah seperti berikut.



1. Buka aplikasi My image garden yang terpasang setelah install driver printer MG2570s. Untuk windows 7, caranya dengan klik pada logo Windows, kemudian klik All programs, klik Folder Canon Utilities, klik Folder My Image Garden, dan kemudian klik ikon aplikasi My Image Garden.


2. Jendela Canon My Image Garden dan Guide Menu akan tampil. Pada jendela Guide Menu, klik menu Scan.


3. Pada jendela Canon My Image Garden, ada beberapa pilihan format file scan seperti foto (JPEG,TIFF,PNG) dan dokumen (PDF). Kali ini admin coba scan foto (photo) dengan format JPEG. Untuk itu, admin klik menu Photo yang berada antara menu Auto dan Document.

Sebelum mulai perintah scan, kita bisa lakukan pengaturan lanjutan dengan klik pada menu Settings. Pada menu settings dapat diatur color mode, paper size, resolution, dan sebagainya. Perhatikan gambar di bawah supaya lebih jelas.


4. Untuk mulai proses Scan, klik pada Opsi Save. Printer MG2570s akan memulai proses scan. Proses scan terdiri dari tahap pemanasan, scanning, dan transfer image ke directory tujuan penyimpanan.




5. Setelah proses scanning selesai, hasil scanning akan tampak pada jendela Canon My Image Garden. Hasil scanning belum tersimpan di komputer. Untuk itu kita perlu klik foto hasil scan tadi, kemudian klik Opsi Save. Jendela mini Save akan tampil. Kita bia mengatur nama file dan target lokasi penyimpanan. Jika sudah sesuai, klik sekali lagi Opsi Save.


6. Tahap terakhir adalah menemukan file foto hasil scan. Berdasarkan pengaturan scan tadi, file foto tersimpan di C:\Users\User\Picture. Maka pergilah ke C:\Users\User\Picture untuk menemukan file foto hasil scan. Akhirnya selesai, kita sudah berhasil melakukan scan pada dokumen, foto atau gambar dengan baik.


Pengaturan scan dokumen, foto, atau gambar seperti di atas sudah cukup baik karena menghasilkan dokumen, foto, atau gambar dengan ukuran yang cukup besar. Pada contoh di atas kita menggunakan resolusi 300 dpi. Jika kita menginginkan ukuran file (Kb/MB) yang lebih kecil, kita hanya perlu menurunkan resolusinya dan begitupula sebaliknya. Adapun resolusi yang tersedia seperti 75 dpi, 100 dpi, 150 dpi, 200 dpi, 300 dpi, 400 dpi, dan 600 dpi. Tentu resolusi 600 dpi akan menghasilkan file scan dengan ukuran paling besar daripada yang lain.

Begitulah informasi tentang cara scan di Printer Canon Pixma MG2570s. Bila ada kekurangan, mohon simpan di kolom komentar. Semoga informasi ini bermanfaat. Ikuti informasi/artikel terbaru melalui fanspage facebook kami di Supervba.

Share this:

Reaksi:
Related Posts

Mr. VBA(id)

Author & Editor

Terima kasih telah membaca artikel kami. Masih banyak artikel menarik lainnya. Selamat menjelajah di SuperVBA.

Show Disqus Comment Hide comment

Disqus Comments

We are very glad that you are here

This Website use Cookie to ensure you get best experience.