Ketentuan Festival Lomba Literasi Menulis Cerpen 2019

FL2N 2019 - Menulis Cerpen (Cerita Pendek) menjadi salah satu bidang lomba dalam gelaran Festival Lomba Literasi Nasional (FL2N). Selain menulis cerpen, bidang lain yang dilomba adalah baca puisi, cipta pantun, cipta syair, dan mendongeng.

Festival FL2N merupakan gelaran yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain FL2N, siswa-siswi terbaik bangsa juga akan menghadapi gelaran OSN, FLS2N, dan O2SN dalam waktu dekat ini. Jadi, bersiaplah menyambut juara dan piala!




Bagi bapak/ibu kepala sekolah maupun pendamping calon peserta lomba literasi perlu mengetahui persyaratan-persyaratannya. Persyaratan peserta Festival Lomba Literasi Menulis Cerpen 2019 terdiri dari 2 (dua) item yaitu (1) persyaratan peserta; dan (2) persyaratan karya.


Baca Juga:




A. Kriteria Peserta

  • Peserta adalah Warga Negara Indonesia (WNI);
  • Peserta adalah siswa SD/MI dan atau yang sederajat dan pada tahun pelajaran 2019 / 2020 masih berstatus sebagai peserta didik;
  • Peserta belum pernah menjadi Juara I, II, dan III tingkat nasional pada cabang lomba Apresiasi Sastra (menulis cerpen, cipta pantun, cipta syair, baca puisi dan mendongeng) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud;
  • Peserta hanya boleh mengikuti satu cabang lomba dan hanya mengirimkan satu karya;
  • Pendaftaran dilakukan secara daring melalui alamat http://ditpsd.kemdikbud.go.id/peserta-didik/registrationfl2n.
  • Peserta belum memiliki karya sastra berupa cerpen yang dipublikasikan secara profesional/komersial di media cetak atau buku baik yang sedang dalam proses terbit maupun yang sudah diterbitkan.


B. Persyaratan Karya

  • Karya cerpen yang diikutsertakan merupakan karya baru yang belum pernah dikirimkan sebelumnya.
  • Karya cerpen diketik rapi dengan panjang antara 3 sampai 5 halaman kertas A4 dengan huruf Times New Roman 12 poin, jarak 1,5 spasi, dan margin 4-3-3-3 sentimeter atau ditulis tangan pada kertas folio bergaris antara 2 sampai 4 halaman;
  • Setiap karya dilengkapi dengan judul di bagian atas tengah kertas; nama peserta didik dan nama sekolah ditulis di pojok kanan atas kertas;
  • Karya berbentuk print out atau tulisan tangan discan dalam bentuk PDF;
  • Karya dalam format pdf diunggah bersama kelengkapan berkas saat registrasi daring ke alamat http://ditpsd.kemdikbud.go.id/peserta-didik/registrationfl2n.




B. Kriteria Penilaian Karya

a. Kesesuaian judul dan isi dengan tema;
b. Struktur, pengisahan, dan bahasa :
1. Kekuatan struktur cerita (alur, penokohan,konflik, latar, sudut pandang);
2. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar (diksi, kalimat, gaya bahasa).
3. Pemakaian tanda baca yang baik dan benar.
c. Isi :
1. Kesesuaian ide cerita dengan tema;
2. Makna dan pesan yang disampaikan;
3. Nilai-nilai kehidupan yang ditawarkan.
d. Keaslian dan kreativitas.




Bagi peserta yang sudah lolos dalam tahap praseleksi dan nasional harus melakukan registrasi online/login ke halaman registrasi melalui tautan berikut.


Link pendaftaran/login: http://ditpsd.kemdikbud.go.id/peserta-didik/registrationfl2n

Juknis resmi pelaksanaan FL2N 2019 sudah terbit, bapak/ibu sudah bisa mempersiapkan dari sekarang anak didiknya untuk berlaga di gelaran FL2N 2019.

Sumber:

Juknis Festival Lomba Literasi FL2N 2019 Kemendikbud
Leafleat Literasi FL2N 2018 | Poster Literasi FL2N 2018



Bacaan Serupa:
Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama