Soal Olimpiade OSN SD Cabang Matematika 2014 Tingkat Nasional #3

Soal Olimpiade OSN SD Cabang Matematika 2014 Tingkat Nasional #3

Olimpiade OSN tingkat nasional tahun 2014 untuk SD dilaksanakan di Bali pada tanggal 4-9 Mei 2014. Untuk SMP di Padang, Sumatera Barat (15-21 Mei 2014) dan SMA di Mataram, Nusa Tenggara Barat (1-7 September 2014). Peserta OSN dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Juara Umum pertama OSN 2014 diraih oleh provinsi Jakarta.

Soal isian singkat Olimpiade OSN SD Cabang Matematika 2014 Tingkat Nasional

Masing-masing peserta OSN melewati serangkaian tes. Ada 3 tes yang diujikan pada OSN tingkat Nasional 2014 ini yaitu:
  1. Tes Soal Isian Singkat
  2. Tes Soal Uraian
  3. Tes Soal Eksplorasi

Baca juga :


Soal Olimpiade OSN Matematika SD 2014 Tingkat Nasional #3


SOAL EKSPLORASI

1. Diberikan grid 6 × 6 serta garis l1 dan l2. Dengan menghitamkan beberapa persegi kecil kita bisa membuatnya menjadi simetri terhadap garis l1 dan l2. Hitamkan sesedikit mungkin persegi pada grid yang diberikan sehingga hasilnya simetri terhadap garis l1 dan l2.


2. Arrange all of the following shapes so that:
a. there is no overlapping between any two shapes 
b. the perimeter of the arrangement is as minimum as possible


3. Bilangan 1 sampai 8 harus ditempatkan di kotak-kotak yang tersedia sehingga setiap bilangan tidak mempunyai tetangga di kanan dan di bawahnya yang nilainya lebih kecil dari bilangan itu sendiri. Sebagai contoh, penempatan di bawah ini memenuhi aturan tersebut.  


Tuliskan semua penempatan yang memenuhi aturan di atas.

4. Dari sembarang bilangan 2-angka dapat dibentuk bilangan lain dengan cara mengalikan angka-angka pembentuknya. Proses tersebut dapat dilakukan berulang sampai hasilnya berupa bilangan 1-angka. Sebagai contoh, seperti terlihat pada tabel, bilangan 87 berhenti di angka 0, bilangan 26 berhenti pada angka 2, dan bilangan 12 berhenti pada angka 2.

Tentukan semua bilangan 2-angka yang berhenti pada bilangan 8.

5. Empat buah titik, A, B, C, danD, berada di suatubidang datar. Diketahui bahwa panjang AD berupa bilangan bulat serta panjang AB = 1 satuan panjang, panjang BC = 1,5 satuan panjang, dan panjang CD = 4 satuan panjang. Jika AD sejajar BC, tentukan semua kemungkinan panjang AD.

6. Nilai sisi suatu kubus dideļ¬nisikan sebagai jumlah nilai dari keempat rusuk yang membatasinya. Berikan nilai 1,2,3,... pada rusuk-rusuk suatu kubus sehingga nilai sisi terbesar dikurangi nilai sisi terkecil sekecil mungkin.

Download Soal Olimpiade OSN Matematika SD 2014 Tingkat Nasional #3

Untuk memulai download Soal Eksplorasi Olimpiade OSN Matematika SD 2014 Tingkat Nasional ini silahkan klik link download di bawah.


Rekomendasi Unduhan:

Hai..Terima kasih sudah membaca artikel Supervba. Masih banyak artikel menarik lainnya. Selamat menjelajah di Supervba. Jangan lupa subscribe/berlangganan, terima kasih.

×

Share this:

Reaksi:
Related Posts

Mr. VBA(id)

Author & Editor

Terima kasih sudah berkunjung. SuperVBA sangat bangga bisa menjadi bagian dari ceritamu hari ini.

Show Disqus Comment Hide comment

Disqus Comments

We are very glad that you are here

About Cookies:This website use cookies to ensure you get the best experiences i our website.