Soal Olimpiade OSN Matematika SD 2016 Tingkat Nasional #3

Soal Olimpiade OSN Matematika SD 2016 Tingkat Nasional #3

Olimpiade OSN tingkat nasional tahun 2016 dilaksanakan di Palembang, Sumatra Selatan pada tanggal 15-20 Mei 2016.  Olimpiade OSN tingkat Nasional ini diikuti oleh 34 Provinsi di Indonesia. Berikut daftar 34 provinsi peserta OSN Nasional 2016.
  1. Provinsi Aceh
  2. Provinsi Sumut
  3. Provinsi Sumbar
  4. Provinsi Riau
  5. Provinsi Kepri
  6. Provinsi Babel
  7. Provinsi Jambi
  8. Provinsi Sumsel
  9. Provinsi Bengkulu
  10. Provinsi Banten
  11. Provinsi Lampung
  12. Provinsi DKI Jakarta
  13. Provinsi Jawa Barat
  14. Provinsi Jawa Tengah
  15. Provinsi DI Yogyakarta
  16. Provinsi Jawa Timur
  17. Provinsi Kalimantan Barat
  18. Provinsi Kalimantan Tengah
  19. Provinsi Kalimantan Selatan
  20. Provinsi Kalimantan Timur
  21. Provinsi Kalimantan Utara
  22. Provinsi Sulawesi Utara
  23. Provinsi Sulawesi Tengah
  24. Provinsi Sulawesi Selatan
  25. Provinsi Sulawesi Tenggara
  26. Provinsi Sulawesi Barat
  27. Provinsi Gorontalo
  28. Provinsi Bali
  29. Provinsi Nusa Tenggara Barat
  30. Provinsi Nusa Tenggara Timur
  31. Provinsi Maluku
  32. Provinsi Maluku Utara
  33. Provinsi Papua
  34. Provinsi Papua Barat
Juara Umum pertama OSN 2016 diraih oleh provinsi Jawa tengah, Juara umum kedua dari DKI Jakarta dan juara umum ketiga diraih oleh provinsi Jawa Barat.

Masing-masing peserta OSN sudah melewati serangkaian tes. Ada 3 tes yang diujikan pada OSN tingkat Nasional 2016 ini yaitu:
  1. Tes Soal Isian Singkat
  2. Tes Soal Uraian
  3. Tes Soal Eksplorasi


Baca juga :




Soal Olimpiade OSN Matematika SD 2016 Tingkat Nasional #3


Sebelum mengerjakan soal, tentunya sangat penting untuk peserta membaca petunjuk pengerjaan soal. Berikut Petunjuk Pengerjaan Soal Eksplorasi OSN SD Bidang Matematika Tahun 2016.

1. Tuliskan nama, asal sekolah dan propinsi kalian di lembar jawaban setiap soal.
2. Tes eksplorasi terdiri dari enam soal. Masing-masing soal bernilai enam jika dijawab dengan lengkap dan benar.
3. Periksa paket soal dan minta soal pengganti jika halaman soal tidak lengkap, tulisan tidak terbaca atau gambar tidak jelas kepada petugas pengawas.
4. Gunakan area kosong pada lembar soal untuk melakukan corat-coret perhitungan.
5. Waktu yang disediakan untuk mengerjakan semua soal adalah 120 menit.
6. Beberapa soal ditulis dalam Bahasa Inggris. Kalian diperbolehkan menjawabnya dengan Bahasa Indonesia.
7. Kalian diminta menuliskan jawaban yang sesuai pada lembar jawaban yang telah disediakan.
8. Kalian diperkenankan menggunakan alat peraga yang diberikan dalam menjawab setiap pertanyaan (jika diperlukan). Pilihlah alat peraga yang sesuai untuk setiap soalnya.
9. Bekerjalah dengan cermat dan rapi.
10. Jawaban hendaknya kalian tuliskan dengan menggunakan ballpoin tinta hitam atau biru atau alat tulis yang disediakan panitia, bukan pensil.
11. Selama tes, kalian tidak diperkenankan menggunakan buku (kecuali Kamus Inggris-Indonesia), catatan, dan alat bantu hitung.
12. Mulailah bekerja hanya setelah pengawas memberi tanda dan berhentilah bekerja segera setelah pengawas memberi tanda pada kalian.
13. Selama waktu mengerjakan soal berlangsung, peserta dilarang:
(a) Menanyakan jawaban soal kepada siapapun; (b) Bekerjasama dengan peserta lain; (c) Memberi atau menerima bantuan dalam menjawab soal; (d) Memperlihatkan pekerjaan sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan peserta lain;
(e) Membawa naskah soal keluar dari ruang ujian; (f) Menggantikan atau digantikan oleh orang lain.
Jika peserta melakukan salah satu pelanggaran tersebut, maka yang bersangkutan didiskualifikasi.
14. Selamat bekerja.


Baca jugaSoal Olimpiade OSN Matematika SD 2016 Tingkat Nasional #2

SOAL EKSPLORASI

Waktu : 120 menit

1. Gambar berikut adalah ‘ular’ berkepala segitiga dan badannya terdiri dari 4 persegi dengan urutan warna yang tetap (merah-kuning-hijaubiru). Kepala ‘ular’ selalu menghadap kekiri, sedangkan badannya dapat membentuk berbagai susunan seperti contoh. Buat semua kemungkinan bentuk badan ‘ular’ selain contoh.

2. Perhatikan susunan bilangan pada petak-petak berikut dan jumlah tiga angka terakhir pada setiap barisnya (7 petak, 9 petak, dan 11 petak):

dan seterusnya.
Buat susunan bilangan seperti di atas untuk 19, 23, dan 27 petak, kemudian tuliskan jumlah bilangan pada 3 petak terakhirnya.

3. Tuliskan 3 cara berbeda beserta langkah-langkah dan gambarnya untuk mendapatkan sedotan yang panjangnya 1 cm. Gunakan hanya gunting, busur, serta 3 sedotan yang panjangnya 5 cm, 12 cm, dan sedotan ketiga yang panjangnya lebih dari 20 cm. (Ketentuan: maksimal melakukan pengguntingan sebanyak 2 kali, tidak boleh melakukan langkah melipat sedotan).


4. Terdapat sebelas kartu bilangan 5, enam kartu bilangan 7, dan tujuh kartu bilangan 8. Gunakan semua kartu bilangan tersebut untuk membuat tiga tumpukan kartu bilangan sehingga setiap tumpukan memuat ketiga macam kartu bilangan dengan jumlah bilangan di setiap tumpukan sama.

5. Persegi ABCD dan PQRS berpotongan membentuk persegi CEPF. Panjang sisi ketiga persegi adalah bilangan bulat. Luas CEPF lebih dari 50 cm2 dan kurang dari 150 cm2. Tentukan semua kemungkinan luas persegi ABCD, PQRS, dan CEPF agar luas ABEPFD:CEPF:EQRSFC=8:1:3.


6. Tabel di bawah ini memperlihatkan jarak antar tujuh kota yaitu kota A, B, C, D, E, F dan G. Cara membaca tabel sebagai berikut, angka 30 pada kolom B dan baris A menunjukkan jarak kota A ke kota B adalah 30 km.

Buat semua kemungkinan jaringan jalan yang dapat menghubungkan semua kota, sehingga panjang jaringan jalan yang akan dibuat adalah minimal. Berikut adalah dua contoh jaringan jalan yang menghubungkan semua kota dengan panjang berbeda. Berturut-turut dari kiri ke kanan panjang jaringan jalannya adalah 285 dan 315.


Download Soal Olimpiade OSN Matematika SD 2016 Tingkat Nasional #3

Untuk memulai download Soal Eksplorasi Olimpiade OSN Matematika SD 2016 Tingkat Nasional ini silahkan klik link download di bawah.

Hai..Terima kasih sudah membaca artikel Supervba. Masih banyak artikel menarik lainnya. Selamat menjelajah di Supervba. Jangan lupa subscribe/berlangganan, terima kasih.

×

Share this:

Reaksi:
Related Posts

Mr. VBA(id)

Author & Editor

Terima kasih sudah berkunjung. SuperVBA sangat bangga bisa menjadi bagian dari ceritamu hari ini.

Show Disqus Comment Hide comment

Disqus Comments

We are very glad that you are here

About Cookies:This website use cookies to ensure you get the best experiences i our website.