Soal Olimpiade OSN Matematika SD 2016 Tingkat Nasional #2

Olimpiade OSN tingkat nasional tahun 2016 dilaksanakan di Palembang, Sumatra Selatan pada tanggal 15-20 Mei 2016.  Olimpiade OSN tingkat Nasional ini diikuti oleh 34 Provinsi di Indonesia. Berikut daftar 34 provinsi peserta OSN Nasional 2016.
  1. Provinsi Aceh
  2. Provinsi Sumut
  3. Provinsi Sumbar
  4. Provinsi Riau
  5. Provinsi Kepri
  6. Provinsi Babel
  7. Provinsi Jambi
  8. Provinsi Sumsel
  9. Provinsi Bengkulu
  10. Provinsi Banten
  11. Provinsi Lampung
  12. Provinsi DKI Jakarta
  13. Provinsi Jawa Barat
  14. Provinsi Jawa Tengah
  15. Provinsi DI Yogyakarta
  16. Provinsi Jawa Timur
  17. Provinsi Kalimantan Barat
  18. Provinsi Kalimantan Tengah
  19. Provinsi Kalimantan Selatan
  20. Provinsi Kalimantan Timur
  21. Provinsi Kalimantan Utara
  22. Provinsi Sulawesi Utara
  23. Provinsi Sulawesi Tengah
  24. Provinsi Sulawesi Selatan
  25. Provinsi Sulawesi Tenggara
  26. Provinsi Sulawesi Barat
  27. Provinsi Gorontalo
  28. Provinsi Bali
  29. Provinsi Nusa Tenggara Barat
  30. Provinsi Nusa Tenggara Timur
  31. Provinsi Maluku
  32. Provinsi Maluku Utara
  33. Provinsi Papua
  34. Provinsi Papua Barat
Juara Umum pertama OSN 2016 diraih oleh provinsi Jawa tengah, Juara umum kedua dari DKI Jakarta dan juara umum ketiga diraih oleh provinsi Jawa Barat.

Masing-masing peserta OSN sudah melewati serangkaian tes. Ada 3 tes yang diujikan pada OSN tingkat Nasional 2016 ini yaitu:
  1. Tes Soal Isian Singkat
  2. Tes Soal Uraian
  3. Tes Soal Eksplorasi


Baca juga :



Soal Olimpiade OSN Matematika SD 2016 Tingkat Nasional #2

Sebelum mengerjakan soal, tentunya sangat penting untuk peserta membaca petunjuk pengerjaan soal. Berikut Petunjuk Pengerjaan Soal Uraian OSN SD Bidang Matematika Tahun 2016.

1. Tuliskan nama dan asal propinsi kalian di sebelah kiri atas pada setiap halaman dari lembar soal dan jawaban.
2. Tes uraian terdiri dari 13 soal. Masing-masing soal bernilai tiga jika dijawab dengan lengkap dan benar.
3. Periksa paket soal dan minta soal pengganti jika halaman soal tidak lengkap, tulisan tidak terbaca atau gambar tidak jelas kepada petugas pengawas.
4. Waktu yang disediakan untuk mengerjakan semua soal adalah 90 menit.
5. Tulislah jawaban tepat di bawah soal. Jika halaman muka tidak cukup, maka gunakan halaman di baliknya.
6. Kalian diminta menyelesaikan soal yang diberikan secara lengkap. Selain jawaban akhir, kalian diminta menuliskan semua langkah atau argumentasi yang kalian gunakan untuk sampai kepada jawaban akhir tersebut.
7. Beberapa soal ditulis dalam Bahasa Inggris. Kalian diperbolehkan menjawabnya dengan Bahasa Indonesia.
8. Lembar soal juga merupakan lembar jawaban, kalian harus kumpulkan kembali pada saat tes berakhir.
9. Bekerjalah dengan cermat dan rapi.
10. Jawaban hendaknya kalian tuliskan dengan menggunakan ballpoin tinta hitam atau biru, bukan pensil.
11. Selama tes, kalian tidak diperkenankan menggunakan buku (kecuali Kamus Inggris-Indonesia), catatan, dan alat bantu hitung.
12. Mulailah bekerja hanya setelah pengawas memberi tanda dan berhentilah bekerja segera setelah pengawas memberi tanda pada kalian.
13. Selama waktu mengerjakan soal berlangsung, peserta dilarang:
(a) Menanyakan jawaban soal kepada siapapun; 
(b) Bekerjasama dengan peserta lain; 
(c) Memberi atau menerima bantuan dalam menjawab soal; 
(d) Memperlihatkan pekerjaan sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan peserta lain;
(e) Membawa naskah soal keluar dari ruang ujian; 
(f) Menggantikan atau digantikan oleh orang lain.
Jika peserta melakukan salah satu pelanggaran tersebut, maka yang bersangkutan didiskualifikasi.
14. Selamat bekerja.


SOAL URAIAN

1. Luas daerah yang diarsir di bawah ini adalah 80 cm2. Tentukan nilai a.

2. Ucok dan Alisa bersepeda mengelilingi lapangan secara bersamaan dengan arah yang sama dan berangkat dari titik yang sama. Ucok dan Alisa masing-masing bersepeda dengan kecepatan 8 km/jam dan 4 km/jam. Setelah menempuh satu putaran Ucok beristirahat 5 menit, kemudian dia bersepeda kembali. Setelah 20 menit bersepeda Ucok dan Alisa berada di posisi yang sama. Berapakah keliling lapangan tersebut?

3. Andi menuliskan semua bilangan empat digit yang memenuhi tiga sifat berikut:
 • Kelipatan 9
• Angka ribuan adalah 3
• Angka satuan ditambah angka ribuan sama dengan angka puluhan ditambah angka ratusan. Tentukan semua bilangan yang ditulis Andi.

4. Toko Roti “Puri Indah” menjual roti isi coklat seharga Rp2.000,00 per potong, roti isi kelapa seharga Rp1.500,00 per potong dan roti isi keju seharga Rp2.500,00 per potong. Ibu Ayu membeli semua jenis roti tersebut sebanyak 10 potong dengan harga Rp20.000,00. Tentukan semua kemungkinan roti yang dibeli oleh Ibu Ayu.

5. Perbandingan banyak siswa kelas A,B dan C adalah 2:3:4. Perbandingan nilai rata-rata ujian matematika kelas A,B dan C adalah 4:3:2. Rentang nilai ujian matematika 0 sampai dengan 100. Tentukan nilai rata-rata terbesar seluruh siswa yang mungkin.


6. Bila panjang rusuk-rusuk balok ABCD.EFGH adalah 4 cm×3 cm×4 cm seperti tampak pada gambar di bawah. Tentukan perbandingan luas permukaan limas G.ABFE dengan permukaan balok ABCD.EFGH.


7. Mahatma memiliki 10 butir kelereng. Kemudian Mahatma bergabung dalam sekelompok anak untuk bermain kelereng. Pemenang akan mendapatkan 1 kelereng dari tiap-tiap anak yang bermain. Jika setelah bermain lima kali, kelereng Mahatma menjadi 31 butir, maka berapakah banyak anak yang bermain bersama Mahatma?

8. Sebuah mesin memiliki tiga roda A, B, dan C yang dihubungkan dengan tali karet seperti tampak pada gambar. Sebelum mesin dihidupkan ketiga roda harus dalam posisi standar yaitu huruf-huruf roda harus terbaca tegak. Jika roda A, B, dan C masing memiliki jari-jari 14 cm, 21 cm, dan 28 cm. Setelah mesin dihidupkan, pada putaran ke berapa masingmasing huruf pada roda tersebut kembali dalam keadaan standar untuk pertama kalinya (gunakan π = 22/7 )?

9. Diketahui sebuah tabung dengan jari-jari 2 cm dan tinggi 20 cm, dan sebuah kerucut padat dengan jari-jari dan tinggi sama dengan tabung tersebut. Kerucut dipotong setengah dari tinggi tabung sejajar alas. Jika bagian bawah kerucut terpotong tersebut dimasukan ke dalam tabung maka volume ruang di dalam tabung dan di luar kerucut terpotong (seperti tampak pada gambar) adalah ....

10. Gambar di bawah ini merupakan persegi ABCD. Jika AP : PQ : QR : RB = 1 : 2 : 3 : 4 maka tentukan perbandingan luas daerah I : II : III : IV.


11. Tabel berikut ini menunjukkan banyak siswa SD yang mengunjungi perpustakaan dalam enam hari.

Rata-rata pengunjung perpustakaan itu dalam enam hari ternyata sama banyaknya dengan salah satu hari kunjungan itu. Apabila 17A dan 1B3 menyatakan bilangan tiga digit, tentukan nilai A dan B yang memenuhi.

12. Selama pelatihan OSN siswa-siswa diinapkan di suatu wisma. Tersedia beberapa kamar kosong. Bila setiap kamar akan diisi tiga siswa, maka akan ada delapan siswa yang tidak mendapat kamar. Tapi bila setiap kamar akan diisi empat siswa, maka akan tersisa empat kamar yang tidak terisi. Berapa banyak siswa yang akan mengikuti pelatihan OSN tersebut?

13. How many difference rectangles are there in the following figure?

Download Soal Olimpiade OSN Matematika SD 2016 Tingkat Nasional #2

Untuk memulai download Soal Uraian Olimpiade OSN Matematika SD 2016 Tingkat Nasional ini silahkan klik link download di bawah.


Rekomendasi Unduhan:

Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama