Cara Mengetahui Printer Aktif Saat Mencetak Dokumen



Printer merupakan teman kerja yang tidak terpisahkan. Jika kita sehari-hari bekerja menggunakan Aplikasi Microsoft Office misalnya, apakah itu Aplikasi Word, Excel dan Powerpoint, tentu kita sering menggunakan printer.

Bagaimana jika printer kita bermasalah?. Pasti rasanya tidak menyenangkan. Tapi tips Office kali ini bukan tentang kerusakan printer. Melainkan bagaimana cara mengetahui jenis printer mana yang aktif pada komputer kita.

Jika kita hanya menggunakan satu printer saja, mungkin tidak ada masalah. Tapi bagaimana, jika kita menggunakan lebih dari satu printer dengan jenis atau tipe yang sama. Mungkin masalah ini akan kita temui.

Saat laptop kita sudah menggunakan banyak printer dengan jenis yang sama, printer yang Default belum tentu yang aktif. Memang default printer yang muncul saat kita memberi perintah printer untuk mencetak dokumen (Ctrl+P).

Gambar : www.amazon.in

Cara Mengetahui Printer Aktif Saat Mencetak Dokumen

Tentu sebelumnya, jika kita akan melakukan pencetakan (Ctrl+P), pastikan bahwa kabel power dan kabel USB printer tersambung dengan benar. Cek apakah kabel-kabel tersebut sudah tersambung dengan komputer dan jaringan listrik yang ada. Sekarang perhatikan kasus berikut.

Pada kasus berikut, Printer Canon IP 2770 Series (Copy 4) sebagai default printer pada laptop saya. Sehingga saat saya lakukan perintah print (Ctrl+P) inilah yang muncul.

tampilan desktop
Jendela Pencetak

Setelah kita memberi perintah pada printer tersebut untuk mencetak dengan mengklik OK, maka muncul pesan kesalahan seperti berikut ini.

printer canon
Peringatan jika printer offline

Pesan ini cukup mengesalkan jika kita tidak mengerti solusinya. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengatasinya.

1. Silahkan menuju ke Control Panel.
2. Sekarang, pada Hardware and Sound. Lakukan klik pada View devices and printers.
printer aktif
Menu Device & Printers

Perhatikan gambar di atas. Jika kita sorot pada Printer Canon IP 2770 Series (Copy 4), kita akan melihat statusnya. Gambar itu menunjukkan bahwa Printer Canon IP 2770 Series (Copy 4) memang menjadi default printer. Tapi saat ini sedang tidak tersambung (Offline).

Jika kita perhatikan lagi bahwa Printer Canon IP 2770 Series (Copy 1) terlihat lebih terang (hitam) dari yang lain. Ini menunjukkan bahwa printer ini sedang aktif (Ready). Kita bisa memilih untuk menjadikannya sebagai default printer dengan cara klik kanan pada Printer Canon IP 2770 Series (Copy 1)>>Set as default printer. Dengan begitu, jika kita beri perintah print (Ctrl+P) pada dokumen, printer tersebut akan langsung muncul pada notifikasi untuk mencetak.

Sekarang, kita sudah mengetahui bahwa printer yang aktif saat ini adalah Printer Canon IP 2770 Series (Copy 1). Jika kita tidak menjadikan printer Canon IP 2770 Series (Copy 1) sebagai default printer, kita bisa mencarinya pada daftar (list) printer yang tersedia. Pertama, beri printer perintah mencetak dengan Ctrl+P. Kemudian silahkan pilih Printer Canon IP 2770 Series (Copy 1) yang sedang tersambung dengan komputer kita saat ini. Jika sudah, silahkan klik tombol OK.

printer canon aktif
Printer aktif

printer aktif
Printer online

Selamat, 1 (satu) masalah kita dalam melakukan pencetakan sudah terpecahkan. Nah, begitulah cara mengetahui printer mana yang aktif (ready) pada komputer kita. Semoga bermanfaat.

No comments: