Aplikasi Perhitungan Rata-Rata Nilai Rapor Semester 1 Sampai 5 Untuk SD dan SMP - Supervba

Monday, 4 May 2020

Aplikasi Perhitungan Rata-Rata Nilai Rapor Semester 1 Sampai 5 Untuk SD dan SMP

Aplikasi Perhitungan Rata-Rata Nilai Rapor Semester 1 Sampai 5 Untuk SMP
Supervba.com - Sekitar sebulan lagi tepatnya pada 5 Juni 2020 akan diumumkan kelulusan siswa SMP dan SMPLB. Hal ini seperti tertera dalam peraturan sekertaris jenderal kementerian pendidikan dan kebudayaan Nomor 5 Tahun 2020.

Terkait dengan kelulusan siswa, sekolah harus mempersiapkan administrasi yang dibutuhkan alumni. Salah satunya adalah ijazah.

Pada juknis penulisan ijazah terbaru tahun 2020, tampak bahwa ada revisi pada blangko ijazah halaman belakang. Pada halaman belakang, halaman daftar nilai memuat Nilai Ujian Sekolah. Khusus SMP, nilai ujian sekolah dihitung dengan perhitungan berikut.

Untuk SMP dan SMPLB, diperoleh dari rata-rata nilai lima semester terakhir (kelas 7, kelas 8, dan kelas 9 semester gasal); dan sebagai tambahan nilai kelulusan dapat ditambahkan  nilai semester genap kelas 9 dan hasil ujian sekolah yang dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor serta prestasi yang diperoleh yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring, dan/atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya.
Berdasarkan format tersebut, maka nilai-nilai yang diperlukan adalah:

  • Rata-rata nilai lima semester terakhir (Kelas 7, Kelas 8, dan Kelas 9 Semester Gasal)
  • Nilai semester genap kelas 9
  • Nilai ujian sekolah dalam bentuk potofolio nilai rapor dan prestasi, penugasan, tes daring, atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya.

Pada point-point di atas, ada 1 (satu) pekerjaan yang cukup banyak yaitu menginput nilai lima semester terakhir. Hal ini sebaiknya mulai dicicil secepatnya guna melihat kekurangan-kekurangan yang ada pada saat menginput nilai rapor.

Kekurangan dan kesulitan dalam mengumpulkan nila rapor lima semester terakhir tersebut adalah ada nilai siswa tidak lengkap. Salah satu penyebab terbesar terjadi pada siswa pindahan.

Terlepas dari hal di atas, admin kali ini mau berbagi sebuah aplikasi. Ini adalah Aplikasi Perhitungan Rata-Rata Nilai Rapor Semester 1 Sampai 5 Untuk SMP. Aplikasi ini dibuat menggunakan Microsoft Excel.

Aplikasi Perhitungan Rata-Rata Nilai Rapor Semester 1 Sampai 5 Untuk SMP

Dalam aplikasi ini berisi 10 Mata Pelajaran Utama yaitu:

  1. Agama
  2. Pendidikan Kewarganegaraan
  3. Bahasa Indonesia
  4. Matematika
  5. IPA
  6. IPS
  7. Bahasa Inggris
  8. Seni Budaya
  9. Pendidikan Jasmani, Kesenian dan Olahraga
  10. Prakarya

Sebagai tambahan disiapkan hingga 2 kolom untuk Mulok 1 dan Mulok 2.

Kelebihan aplikasi ini, selain ada rata-rata tiap mapel selama 5 semester, juga ada kolom nilai tertinggi rapor tiap mapel selama 5 semester. Apa gunanya? Nilai tertinggi digunakan sebagai nilai portofolio rapor karena diambil berdasarkan nilai tertinggi/nilai terbaik selama 5 semester.

Berikut sekilas tampilan aplikasinya.
Sheet1:


Sheet2:


Sheet3:


Aplikasi ini dapat digunakan untuk Raport K13 maupun K2006. Untuk pengisian nilai raport K2006 dengan mengisi kolom pengetahuan tiap mapel dan mengosongkan kolom keterampilan.

Download Aplikasi Perhitungan Rata-Rata Nilai Rapor Semester 1 Sampai 5 Untuk SD [Mulok 1, Mulok 2 dan Mulok 3]



Download Aplikasi Perhitungan Rata-Rata Nilai Rapor Semester 1 Sampai 5 Untuk SMP [Mulok 1]


Download Aplikasi Perhitungan Rata-Rata Nilai Rapor Semester 1 Sampai 5 Untuk SMP [Mulok 1 dan Mulok 2]



Aplikasi ini Gratis dan anda dapat mengubahnya kembali sesuai kebutuhan. Namun untuk melakukannya, anda harus membuka kunci passwordnya dulu menggunakan password berikut:
supervbame

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda