Cara cepat mengecilkan ukuran Gambar atau Foto tanpa Adobe Photoshop

Cara cepat mengecilkan ukuran Gambar atau Foto tanpa Adobe Photoshop

Pada berbagai kebutuhan, terkadang kita perlu untuk mengecilkan ukuran gambar atau foto. Proses mengecilkan ukuran gambar atau foto ini biasa disebut kompres. Untuk melakukan ini ada banyak aplikasi yang bisa digunakan. Kali ini kita tidak akan menggunakan Adobe Photoshop untuk mengkompres, tapi kita akan pakai aplikasi Microsoft Office Picture Manager.

Aplikasi Microsoft Office Picture Manager ini merupakan aplikasi bawaan yang ada pada komputer kita. Kalian cek dulu apakah aplikasi Microsoft Office Picture Manager ini tersedia di komputer. kalian Jika komputer kalian masih menggunakan Windows 7, aplikasi ini tentunya ada.


Baca jugaTidak bawa kabel data, ini cara menyimpan foto dan file dari HP ke laptop

sayur grand rapids


Cara kompres gambar atau foto


Untuk mengecilkan ukuran gambar atau foto kita menggunakan aplikasi Microsoft Office Picture Manager, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Klik kanan pada gambar atau foto. Pada opsi option with, klik pilihan Microsoft Office Picture Manager.

2. Setelah jendela aplikasi terbuka, klik opsi Edit Pictures.

Pada opsi Edit Pictures ini terdapat banyak opsi seperti Brightness and contrast, Color, Crop, Rotate and Flip, Red ye removal, dan Change picture size. Untuk mengkompres gambar atau foto kita akan menggunakan opsi Change picture size.


3. Sekarang perhatikan grup menu Change picture size, ada dua cara mengkompres yaitu Resize dan Compress Pictures.


Baca jugaCara membagi layar monitor komputer menjadi 2 bagian di Microsoft Office Word

Opsi Resize

Opsi Resize ini dapat mengkompress hingga ukuran berapapun yang kita inginkan. Untuk menggunakan opsi ini langsung klik saja opsi Resize. Jendela Resize pun akan terbuka. Ada beberapa opsi yang bisa digunakan : Predefined width x height, custom widht x height, dan percentage of original widht x heigth.

Jika kalian ingin menggunakan ukuran lebar (width) dan tinggi (height) yang tetap maka kalian bisa menggunakan opsi custom width x height. Namun jika tidak, sebaiknya menggunakan opsi percentage of original widht x heigth.

Untuk mengkompres foto atau gambar dengan opsi Resize caranya adalah klik opsi Resize, kemudian klik pada Percentage of original widht x heigth. Ubah nilai persentase dari 100% hingga ukuran persentase yang kalian inginkan misalnya 65%. Jika kalian ingin ukuran gambar atau foto menjadi setengah dari ukuran aslinya maka atur pada nilai 50%. Jika sudah selesai klik OK. Kemudian simpan dengan klik File --> Save atau Save As.

kompres ukuran foto atau gambar



Baca juga : Mewarnai Otomatis Cells Excel Menggunakan Conditional Formatting


Opsi Compress Pictures

Pada opsi Compress Pictures ada beberapa opsi : Documents, Web pages, dan Email messages. Untuk opsi Documents menghasilkan file berukuran antara 100 KB sampai 500 KB. Untuk opsi Web pages menghasilkan file dengan ukuran antara 10 KB sampai 100 KB. Sedangkan untuk opsi Email messages menghasilkan file gambar atau foto dengan ukuran di bawah 10 KB.

Jika kalian ingin mengecilkan gambar atau foto dengan opsi Compress Pictures caranya adalah klik salah satu dari ketiga opsi di atas misalnya opsi Documents. Kemudian klik Save atau Save as untuk menyimpan file hasil kompres.


Dari beberapa opsi di atas, manakah cara yang efektif?. Nah ini sangat tergantung dari kebutuhan kalian. Untuk kebutuhan pendaftaran PPG (Pendidikan profesi guru) misalnya. File gambar untuk pendaftaran PPG harus berukuran minimal 100 KB dan maksimal 1 MB. Saya lebih efektif menggunakan opsi Resize karena bisa menghasilkan file foto atau gambar yang masih cukup baik antara 500 KB hingga 1 MB.

Begitulah informasi mengenai cara cepat mengecilkan ukuran gambar atau foto tanpa Adobe Photoshop. Bila ada kekurangan, mohon simpan di kolom komentar. Semoga informasi ini bermanfaat. Ikuti informasi/artikel terbaru melalui fanspage facebook kami di Supervba.

Hai..Terima kasih sudah membaca artikel Supervba. Masih banyak artikel menarik lainnya. Selamat menjelajah di Supervba. Jangan lupa subscribe/berlangganan, terima kasih.

×

Share this:

Reaksi:
Related Posts

Mr. VBA(id)

Author & Editor

Terima kasih sudah berkunjung. SuperVBA sangat bangga bisa menjadi bagian dari ceritamu hari ini.

Show Disqus Comment Hide comment

Disqus Comments

We are very glad that you are here

About Cookies:This website use cookies to ensure you get the best experiences i our website.