Segera daftarkan diri menjadi peserta PPG di SIM PKB

Segera daftarkan diri menjadi peserta PPG di SIM PKB

daftar program ppg di sim pkb
Program PPGJ (Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan) 2018 telah dimulai dengan adanya pendataan calon peserta PPG yang dimulai pada tanggal 1 November 2017. Sebagaimana diketahui bahwa program PPGJ ini merupakan salah satu jalur program sertifikasi guru. Undangan PPGJ pun telah dikirim pemerintah ke halaman SIM PKB masing-masing guru terdaftar.

Jika bapak/ibu login SIM PKB, ada notifikasi mengenai informasi program PPGJ. Berdasarkan informasi ini bapak/ibu bisa tahu apakah bapak/ibu mendapat undangan atau tidak sebagai calon peserta PPGJ.

Bagi/bapak ibu yang belum terundang tahun ini, ada 6 alasan guru tidak terundang menjadi peserta PPG. Bapak/ibu bisa mengikuti program PPG pada tahun berikutnya. Jika bapak/ibu terundang sebagai peserta PPGJ 2018, bapak/ibu harus melakukan pendaftaran.

Pendaftaran PPGJ ini hanya dibuka sampai tanggal 20 November 2018 pukul 23.59. Jadi, segera daftarkan diri bapak/ibu sekarang sebelum ditutup. Bagi bapak/ibu yang mendapat undangan untuk PPG, kami sampaikan selamat. Inilah beberapa kondisi yang menyebabkan bapak/ibu bisa terundang sebagai peserta PPGJ 2018.
  1. Belum memiliki sertifikasi pendidik.
  2. Status kepegawaian guru (PNC/CPNS/Honor Daerah/GTY).
  3. TMT pengangkatan maksimal 2015.
  4. Kualifikasi pendidikan wajib D4/S1.
  5. Usia maksimal 58 tahun pada tahun 2018.

Cara Pendaftaran Peserta PPGJ 2018

Adapun cara pendaftaran peserta PPGJ 2018 sebagai berikut.

1. Buka halaman SIM PKB pada URL "https://app.simpkb.id/gtk". Masukkan Username atau Email dan Kata Sandi. Kemudian klik Login SIM PKB.

2. Setelah halaman SIM PKB bapak/ibu berhasil terbuka, pada jendela notifikasi Program PPGJ 2017, klik tombol Mendaftar. Pada halaman selanjutnya, klik tombol Mendaftar Sekarang.

daftar program ppg di sim pkb

Selanjutnya halaman formulir pendaftaran akan terbuka. Silahkan bapak/ibu lengkapi seluruh bidang yang harus diisi pada formulir sesuai data bapak/ibu. Untuk tata cara pengisian formulir ini, bapak/ibu bisa minta bantuan pada operator Dapodik. Ada beberapa teknis pengisian formulir ini. Sebagai contoh untuk Opsi Jenjang Mapel PPG yang diajukan, bapak/ibu harus memilih dari daftar Mapel PPG yang disediakan. Jika Mapel PPG tidak tersedia, maka Mapel bapak/ibu tidak linier. Untuk opsi Fakultas dan Nama Lengkap Perguruan Penerbit, bapak/ibu harus mengetikkan secara manual sesuai data bapak/ibu.

formulir daftar program ppg di sim pkb

Pada Sesi ini bapak/ibu, harus mengunggah (upload) foto hasil scan Ijazah Asli berupa file JPG, JPEG atau PNG. Ukuran file ijazah minimal 100 KB dan maksimal 1 MB. Untuk itu bapak/ibu harus mengkompres file ijazah bapak/ibu jika ukurannya melebihi ukuran file yang ditetapkan.

Jika file foto bapak/ibu sudah ada, klik tombol File dan cari file foto ijazah pada komputer. Klik file foto ijazah dan klik tombol Open untuk memulai proses upload foto.

formulir daftar program ppg di sim pkb

3. Jika semua bidang formulir sudah terisi, klik tombol Lanjut. Selanjutnya periksalah kebenaran data bapak/ibu yang sudah diisi tadi. Jika sudah benar (sesuai), klik tombol Daftarkan. Namun jika masih ada kesalahan, klik tombol Kembali pada layar sebelah kiri bawah.

4. Setelah bapak/ibu menekan tombol Daftarkan, bapak/ibu akan melihat jendela Konfirmasi. Jendela ini berisi pertanyaan "Apakah anda yakin data yang didaftarkan untuk Prog. PPG sudah sesuai?". Klik Ya jika sudah sesuai, sebaliknya klik Tidak jika belum.

konfirmasi pendaftaran program ppg di sim pkb

5. Setelah bapak/ibu klik pilihan Ya maka formulir pendaftaran bapak/ibu telah dikirim ke LPMP. Bapak/ibu bisa mencetak bukti ajuan dengan klik tombol Cetak Bukti Ajuan.

Bapak/ibu juga dapat menyimpan file bukti ajuan pendaftaran dalam bentuk PDF jika bapak/ibu belum ingin mencetaknya. Caranya, klik tombol Cetak Bukti Ajuan, pada opsi Tujuan, klik tombol Ubah. Cari dan klik opsi Simpan sebagai PDF. Kemudian klik tombol Simpan.

daftar program ppg pdf

Berkas formulir bapak/ibu sedang diverifikasi oleh LPMP. Untuk itu bapak/ibu harus terus memantau informasi apakah berkas bapak/ibu diterima atau ditolak melalui halaman SIM PKB ini.

Begitulah informasi mengenai cara daftar peserta PPG. Bila ada kekurangan, mohon simpan di kolom komentar. Semoga informasi ini bermanfaat. Ikuti informasi/artikel terbaru melalui fanspage facebook kami di Supervba.

Hai..Terima kasih sudah membaca artikel Supervba. Masih banyak artikel menarik lainnya. Selamat menjelajah di Supervba. Jangan lupa subscribe/berlangganan, terima kasih.

×

Share this:

Reaksi:
Related Posts

Mr. VBA(id)

Author & Editor

Terima kasih sudah berkunjung. SuperVBA sangat bangga bisa menjadi bagian dari ceritamu hari ini.

Show Disqus Comment Hide comment

Disqus Comments

We are very glad that you are here

About Cookies:This website use cookies to ensure you get the best experiences i our website.