Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Full Versi Aplikasi Nilai Ijazah SMP 2019-2020

Rekan-rekan guru yang terhormat, admin ingin berbagi sebuah aplikasi penilaian kelulusan siswa tahun 2020. Ini adalah aplikasi perhitungan nilai ijazah SMP tahun 2020 versi lengkap.

Aplikasi perhitungan nilai ijazah ini berbeda dengan aplikasi sebelumnya karena kali ini merupakan penggabungan dari aplikasi-aplikasi yang sudah dimuat pada postingan sebelumnya. Admin sudah berbagi beberapa aplikasi penilaian untuk kelulusan siswa SMP tahun 2020. Belum dapat? Berikut beberapa aplikasi tersebut.

Full Versi Aplikasi Nilai Ijazah SMP 2019-2020

Aplikasi ini berisi sheet utama yaitu sheet SUMMARY. Sheet ini berisi rekapan nilai ijazah/nilai ujian sekolah siswa yang diperoleh dari dasar nilai berikut:
  • Rata-rata nilai rapor semester 1 sampai 5.
  • Nilai rapor semester 6
  • Nilai ujian sekolah yang diperoleh dari portofolio nilai rapor lima semester terakhir, nilai penugasan, dan nilai tes akhir.
Selain sheet SUMMARY, aplikasi juga berisi 11-12 sheet yang terdiri dari masing-masing mata pelajaran. Namun sheet ini terisi otomatis berdasarkan isian data dari sheet yang lain. Jadi, anda tidak akan direpotkan dengan sheet-sheet yang banyak ini.


Anda hanya perlu fokus pada 4 buah sheet terakhir yang ada pada aplikasi ini untuk pengisian data.
  1. Sheet NR1-5 : berisi nilai rapor lima semester terakhir
  2. Sheet NR6 : berisi nilai rapor semester 6
  3. Sheet NT : berisi nilai penugasan
  4. Sheet NE : berisi nilai evaluasi akhir/tes akhir/tes daring/tes jarak jauh
Cara menggunakan aplikasi ini sebagai berikut.

1. Melakukan entry data nilai rapor semester 1 sampai semester 5. Ini dilakukan pada sheet "NR1-5". Aplikasi akan otomatis menghitung nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada suatu mata pelajaran. Selain itu, aplikasi juga akan otomatis menghitung nilai maksimal (nilai tertinggi) yang yang diperoleh siswa dari semester 1 sampai semester 5 pada suatu mata pelajaran. Nilai tertinggi ini akan menjadi nilai portofolio rapor yang akan masuk dalam perhitungan nilai ijazah.

2. Melakukan entry data nilai raport semester 6. Ini dilakukan pada sheet "NR6". Aplikasi akan otomatis menghitung nilai rata-rata dari nilai pengetahuan dan keterampilan.

3. Melakukan entry data nilai penugasan pada sheet NT. Nilai penugasan ini merupakan nilai rata-rata dari semua tugas yang pernah diberikan selama pembelajaran semester genap.

4. Melakukan entry data nilai evaluasi/tes pada sheet NE. Jika tes akhir terdiri dari tes tulis dan praktik maka anda dapat menghitung rata-ratanya terlebih dahulu pada tempat yang lain kemudian menempatkan nilai rata-rata tersebut pada sheet NE ini.

Download Full Versi Aplikasi Nilai Ijazah SMP 2019-2020 [MULOK 1]


Download Full Versi Aplikasi Nilai Ijazah SMP 2019-2020 [MULOK 1 & MULOK 2]


Share :

Belum ada komentar untuk "Full Versi Aplikasi Nilai Ijazah SMP 2019-2020"