DAFTAR ARTIKEL TERBARU

Cara Ini Ampuh Untuk Mempercepat Loading Blog yang Lambat Karena Iklan Adsense

Cara Ampuh Mempercepat Loading Iklan Adsense

Cara Ampuh Mempercepat Loading Blog yang Lambat Karena Iklan Adsense - Dari beberapa algortima terbaru Google 2019, kecepatan loading blog tetap menjadi salah satu fokus utama yang diinginkan Google. Maka kita perlu mengecek kembali kecepatan loading blog kita, apakah sudah Hijau atau belum. Mungkin penyebab penghasilan blog menurun salah satunya karena loading blog masih lambat. Banyak pembaca yang beralih dari blog kita ke halaman situs yang lebih responsive. Jika loading blog ringan maka pengunjung bisa senang mengulik-ngulik isi blog kita. Tentu ini bisa mengurangi nilai Bounce Rate blog kita.

Beberapa minggu ini admin lagi fokus memperbaiki loading blog. Yah, susah payah memang karena ilmu admin di dunia blog juga tidak sekomplit yang lain. Kebetulan admin baru ganti template dari template blog gratis ke template blog premium. Sayangnya, template default yang admin dapat masih lambat loadingnya sehingga harus menyetel kembali supaya lebih responsive buat pembaca.

Berikut contoh hasil tes kecepatan loading blog sebelum admin mendapatkan cara ampuh mempercepat loading blog.

1. Kecepatan loading blog di seluler menggunakan Page Speed Insight


2. Kecepatan loading blog di Desktop menggunakan Page Speed Insight



Hasil di atas admin capai setelah melakukan beberapa teknik mempercepat loading blog seperti mengganti meta tag, mengurangi javascript, menghapus CSS atau stylesheet CSS yang tidak digunakan, mengurangi eksternal link, mengurangi widget, menonaktifkan featured post yang menggunakan Jquery, dan lainnya. Padahal sebelum pasang iklan adsense, nilai page speed sudah hijau bahkan skor versi desktop mencapai 100. Iklan adsense sungguh berat ya guys!!!

Admin sudah capek otak-atik template bahkan sampai harus begadang tiap malam karena masih belum selesai mengatasi masalah lambatnya loading blog karena iklan adsense.

Mungkin template kamu udah memiliki page speed sekitar 90 - 100 baik di seluler maupun di desktop jika di-tes menggunakan tools Page Speed Insight. Namun, kalau sudah pasang iklan adsense maka page speed blog akan langsung menurun. Apalagi kalau memasang banyak iklan dan posisi penempatan iklan yang dipasang kurang tepat.

Berdasarkan pengalaman, sebaiknya iklan adsense di taruh di paruh bawah. Ini biar loading blog di versi seluler lebih cepat. Misalnya pada halaman Homepage kita memasang beberapa iklan Infeed adsense. Jangan taruh iklan infeed adsense ini pada urutan pertama atau kedua dari daftar artikel kita. Tapi taruhlah mulai dari urutan ke-3 atau ke-4 tergantung template yang digunakan.

Untuk iklan adsense yang ada di bawah menu utama, gunakan iklan responsive dengan ukuran 320 x 50 atau 320 x 100 pada versi seluler. Iklan ini tidak terlalu memberatkan loading blog dibandingkan dengan iklan ukuran 320 x 250.

Tips di atas belum termasuk ke dalam tips cara ampuh mempercepat loading blog karena iklan adsense. Tips di atas sebagai pendahuluan saja ya. Namun tips di atas bisa dicoba untuk meningkatkan loading blog.

Admin masih terus mencari cara mempercepat loading blog yang lambat gara-gara iklan adsense. Admin sudah terapkan script lazy load adsense namun masih belum merasa puas. Hingga admin mendapatkan kode HTML lengkap dari lazy load adsense.

Sebelumnya, admin hanya menerapkan kode lazy load adsense sebelum kode /body. Namun setelah admin terapkan juga sebelum kode /head, hasilnya sangat memuaskan. Bagi kamu yang udah memasang kode lazy load adsense, mungkin bisa diperhatikan lagi apakah sudah sempurna atau belum. Kalau belum, mungkin bisa mengikuti tips memasang lazy load adsense ini.

Setelah tes kecepatan blog menggunakan page speed insight, admin terpukau karena nilai page speed langsung berubah drastis. Dari merah menjadi hijau, dari sekitar 25 - 35 menjadi 90 ke atas pada versi seluler. Kuncinya hanya menerapkan kode lazy load adsense dengan tepat. Jadi, Cara Ini Ampuh Untuk Mempercepat Loading Blog yang Lambat Karena Iklan Adsense adalah menerapkan kode lazy load adsense dengan tepat.

DAFTAR ISI

Hasil Tes Loading Blog

Untuk mengetahui kecepatan loading blog kita perlu mengukurnya. Ini bisa dilakukan menggunakan tools yang sudah lumrah digunakan. Beberapa tools untuk mengukur kecepatan loading blog adalah

  1. Page Speed Insight
  2. GTMetrix
  3. Thinkwithgoogle


Berikut ini hasil tes kecepatan loading blog menggunakan Pagespeedinsight dan GTMetrix setelah penerapan lazy load adsense.

1. Hasil Tes Kecepatan loading blog di seluler menggunakan Page Speed Insight


2. Hasil Tes Kecepatan loading blog di Desktop menggunakan Page Speed Insight



3. Hasil Tes Kecepatan loading blog menggunakan GTMetrix




Cara Ampuh Mempercepat Loading Iklan Adsense

1. Salin kode berikut sebelum /head. Gunakan Ctrl+ F supaya lebih cepat.

Kode HTML untuk Lazy Load Adsense

<script>
//<![CDATA[
var lazyadsense2 = false;
window.addEventListener("scroll", function(){
if ((document.documentElement.scrollTop != 0 && lazyadsense2 === false) || (document.body.scrollTop != 0 && lazyadsense2 === false)) {
(function() { var ad = document.createElement('script'); ad.type = 'text/javascript'; ad.async = true; ad.src = 'https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'; var sc = document.getElementsByTagName('script')[0]; sc.parentNode.insertBefore(ad, sc); })();
document.body.className+=" gapon";
lazyadsense2 = true;
}
}, true);
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
google_ad_client: "ca-pub-123456789",
enable_page_level_ads: true
});
//]]>
</script>


Ganti 123456789 dengan kode penayang adsense kamu.

2. Salin Kode berikut sebelum kode /body.

Kode HTML untuk Lazy Load Adsense

<script>
//<![CDATA[
var lazyadsense=!1;window.addEventListener("scroll",function(){if((document.documentElement.scrollTop!=0&&lazyadsense===!1)||(document.body.scrollTop!=0&&lazyadsense===!1)){document.getElementById('sticky-ad').style.display="block";document.body.className+=" sticky";lazyadsense=!0}},!0);function removeClassBody(){var element=document.body;element.className=element.className.replace(/bstickyb/g,"")}
//]]>
</script>


3. Carilah kode iklan adsense berikut dan hapuslah.

Kode Iklan Adsense
<script async='async' src='//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'/>
<script>
//<![CDATA[
     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
          google_ad_client: 'ca-pub-1234567890',
          enable_page_level_ads: true
     });
//]]>
</script>



4. Simpan Template Blog.


Coba tes kembali kecepatan loading blog. Seharusnya kecepatan loading blog meningkat dari sebelumnya. Semoga sudah masuk kategori 'Hijau'.

Penerapan kode lazy load adsense mengakibatkan iklan di paruh atas akan blank (kosong) sementara. Namun setelah halaman mulai digulung (scroll), perlahan-lahan iklan adsense akan muncul kembali. 


Kode-kode lazy load adsense ini admin dapatkan dari situs kompiajaib. Admin sangat tertarik dengan page speed situs kompiajaib yang benar-benar ajaib. Admin iseng-iseng tes sebagai contoh untuk perbaikan blog admin. Ternyata emang luar biasa, Hijau semua jika menggunakan Page Speed Insight. Bahkan nilai di situs thinkwithgoogle mendapat kategori Average (rata-rata) dengan skor 1,4 (masih dalam skala rata-rata antara 1 s.d 2,5). Akhirnya admin jadikan situs kompiajaib sebagai bahan rujukan perbaikan kecepatan loading blog dan berhasil.

Kesimpulan

Kamu sudah membaca tentang cara ampuh mempercepat loading blog yang lambat karena iklan adsense. Ternyata sangat gampang, dengan cara menerapkan kode lazy load adsense dengan tepat. Kode lazy load adsense akan membuat iklan menjadi lambat muncul. Iklan adsense akan muncul setelah halaman di-scroll.


Demikian Cara Ini Ampuh Untuk Mempercepat Loading Blog yang Lambat Karena Iklan Adsense. Semoga bermanfaat.

Referensi:
1. https://www.kompiajaib.com/2017/06/trik-lain-untuk-lazy-load-iklan-adsense.html
Next article Next Post
Previous article Previous Post

3 Comment to "Cara Ini Ampuh Untuk Mempercepat Loading Blog yang Lambat Karena Iklan Adsense"

  1. Replies
    1. Maaf gan, hanya kuasai blogger sementara ini. Coba saja supaya kedua kode lazyload di atas bisa nempel di template-nya. Semoga berhasil.

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Kami tunggu komentarnya. Bijaklah dalam berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel