Widget HTML Atas

;

Aplikasi Konversi Nilai Ulangan Terbaru 2020

Rekan-rekan guru dimanapun berada, kali ini admin akan berbagi aplikasi yang sangat Penting. Ini adalah aplikasi untuk konversi nilai ulangan. Sebuah aplikasi excel lagi dari beberapa aplikasi excel lain yang telah admin bagikan.

Aplikasi konversi nilai ulangan? Bukankah sudah banyak di internet?Iya benar bahwa di internet anda bisa menemukan banyak sumber untuk mendapatkan aplikasi ini. Biasanya aplikasi ini dibuat menggunakan Microrosoft Excel.

Tidak lama lagi kita akan mendekati masa ujian semester genap atau penilaian akhir semester. Kita sadari bahwa peserta didik tidak semuanya bisa tuntas dalam mata pelajaran yang kita ampu. Sekalipun anda memberikan remedial pun, peserta didik tersebut belum juga bisa tuntas.

Setiap anak memiliki perbedaan perkembangan intelektual. Anda tidak dapat memaksa semua peserta didik untuk memenuhi tuntutan kurikulum yang umumnya dirancang homogen untuk setiap peserta didik. Anda hanya perlu memberikan nilai seadil-adilnya berdasarkan aktivitas dan penilaian selama proses pembelajaran.

Aplikasi konversi nilai ulangan tidak dapat memberikan jaminan penilaian yang adil, apalagi jika jangkauan nilai sangat kecil. Anak yang memperoleh nilai tinggi dalam posisi yang dirugikan dalam proses konversi, terlebih jika anak tersebut mendapat nilai 100. Namun mau tidak mau nilai semua anak harus masuk dalam proses konversi.

Sekalipun demikian, aplikasi ini paling tidak dapat menggambarkan posisi peserta didik terhadap peserta didik lainnya secara lebih jelas. Dasar yang digunakan dalam konversi biasanya merujuk pada nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Dengan dasar ini, kita bisa mengkategorikan nilai siswa dengan lebih baik.

Aplikasi Konversi Nilai Ulangan Terbaru 2020


Sebagai perbandingan, berikut anda bisa unduh aplikasi konversi versi lama.


Pada aplikasi di atas, hasil konversi tidak memberikan hasil yang tepat pada rentang nilai yang seharusnya.

Misalkan anda akan melakukan konversi pada nilai ulangan yang berupa soal pilihan ganda 50 soal dengan tiap soal mendapat skor 1. Tentulah nilai-nilai yang mungkin muncul berupa bilangan genap seperti 70, 72, 76, 80, 94, dan seterusnya. Tapi jika anda memasang KKM 75 dan memasukkan nilai 75 sebagai nilai minimal yang diinginkan dari hasil konversi maka aplikasi di atas akan memberikan nilai 75 tersebut untuk peserta didik yang memperoleh nilai terendah. Bukankah nilai-nilai ganjil tidak mungkin menjadi hasil konversi dengan jumlah soal seperti di atas??

Hasil ini tentu tidak benar, admin pun baru menyadari hal ini saat terpikir untuk membuat aplikasi konversi nilai ulangan sendiri. Setelah berpikir keras selama 1 (satu) hari akhirnya bisa menemukan solusi untuk mendapatkan hasil konversi yang tepat. Ini adalah aplikasi konversi nilai ulangan terbaru 2020.


Seperti contoh di atas, pada aplikasi konversi nilai ulangan terbaru ini, jika anda memberi nilai minimal yang diharapkan 75 maka aplikasi akan mengubah nilai ini menjadi 76. Begitupun dengan jumlah soal lainnya yang akan disesuaikan dengan rentang nilai seharusnya. Lebih jelas perhatikan gambar berikut.


Cara Menggunakan Aplikasi Konversi Nilai Ulangan 2020


Sebelum melakukan pengisian data, pada saat pertama kali membuka aplikasi klik Enable Content untuk mengaktifkan macro pada aplikasi.


Berikut sedikit penjelasan mengenai cara penggunaan aplikasi ini.
1. Mengisi Data Ujian pada halaman utama (Home).
2. Mengisi Data Siswa 
3. Mengisi Nilai Awal yang merupakan nilai asli peserta didik sesuai jenis soal ulangan. Pada halaman ini, anda harus mengisi data skor tiap soal dan skor maksimal. Skor maksimal diperoleh dari banyak soal x skor tiap soal.
4. Mengisi Nilai minimal dan nilai maksimal yang diharapkan pada halaman Nilai Akhir sesuai jenis soal.
5. Anda dapat mencetak hasil nilai peserta yang sudah dikonversi pada halaman print nilai akhir sesuai jenis soal. 
6. Kalau soal ulangan anda memuat lebih dari satu jenis soal maka anda bisa melihat halaman rekap nilai dan halaman print rekap nilai. Kalau anda tidak menggunakan pembobotan pada jenis soal yang berbeda, maka kosongkan saja cell excel yang berisi bobot supaya nilai dihitung menggunakan nilai rata-rata. 

Download Aplikasi Konversi Nilai Ulangan Terbaru 2020


Aplikasi ini jauh dari sempurna, tulis kritik dan saran anda di kolom komentar.

Tidak ada komentar untuk "Aplikasi Konversi Nilai Ulangan Terbaru 2020"

Berlangganan via Email