Cara Mudah Membuat Blog Di Blogger

loading...
Baru kenal Blogger?. Tahu dari mana tentang Blogger?. Silahkan jawab di kolom komentar. Blogger merupakan salah satu produk dari Google untuk pembuatan blog. Blog yang kita buat dari Google sudah mendapat hosting dan domain gratis dari pihak Google. Blog yang dibuat dari Blogger biasanya ditandai dengan domainnya seperti .blogspot.com atau .blogspot.co.id untuk Indonesia. Justru karena gratis, kalian harus coba. Dengan mempunyai blog, kalian bisa mencurahkan ekspresi dan bakat yang mungkin tidak disadari sebelumnya.

Ada perbedaaan menulis di blog dengan menulis surat formal. Ini karena kalian tidak perlu menggunakan bahasa formal seluruhnya pada konten blog. Namun bahasa di blog bisa dipadukan dengan bahasa sehari-sehari. Sehingga setiap kalimat di blog bisa menjadi lebih interaktif dengan pembaca. Nah, bukankah menulis di blog itu mudah bukan!

Bagaimana cara mudah membuat blog di Blogger?. Kami yakin jika kalian mengikuti semua pembahasan kami dengan benar maka membuat blog menjadi lebih mudah. Untuk membuat blog kalian harus mempunyai akun Google (Gmail). Jika belum, silahkan baca caranya di sini.


Cara Mudah Membuat Blog Di Blogger

Nah, berikut langkah-langkah membuat blog di Blogger. Simak baik-baik ya.

1. Siapkan komputer atau laptop kalian. Buka browser menggunakan mozila firefox atau Google Chrome. Pada Kotak penelusuran, ketiklah blogger. Pada hasil penelusuran, Kliklah link teratas untuk menuju halaman Blogger. Kalian bisa mulai sekarang dari sini.

2. Siapkan alamat email dan password Gmail kalian. Untuk masuk ke dashboard blogger, kalian harus login terlebih dahulu. Setelah halaman about blogger terbuka, klik tombol Buat Blog. Masukkan alamat Gmail dan password kalian kemudian klik tombol masuk.


3. Selamat datang di Blogger, begitulah sapaan hangat dari blogger yang akan kalian lihat. Sekarang tentukan pilihan apakah kalian akan menggunakan Profil Google+ atau Profil Blogger Terbatas.

Profil Google+

Jika kalian menggunakan profil Google+ maka Profil Google+ yang kalian sudah punya akan otomatis tersinkronisasi. Tapi jika kalian belum punya, sekarang saatnya membuat profil Google+. Silahkan isi data profil kalian, kemudian klik pilihan Buat Profil.


Kelebihan dari profil Google+ adalah Profil Blogger kalian akan terhubung dengan aplikasi Google+ dan Semua layanan Google lainnya. Misalnya, setiap kali kalian selesai memposting atau mempublikasikan sebuah artikel, Google+ akan mengirim konfirmasi untuk berbagi/share artikel yang baru saja kalian publikasikan kepada publik atau lingkaran kalian.




Profil Blogger Terbatas

Jika kalian merencakan hanya punya satu akun Google (Gmail), sebaiknya kalian menggunakan Profil Google+. Salah satu alasan kalian kalau menggunakan Profil Blogger terbatas adalah kalau kalian ingin menggunakan nama samaran atau identitas lain yang bisa jadi unik menurut kalian.

Profil manapun yang kalian pilih itu terserah kalian. Kedua profil tetap bisa digunakan untuk bemrmain di Blogger. Kalau saya sendiri, saya menggunakan Profil Google+. Hanya saja sekarang saya juga menggunakan identitas lain, ya, Supervba tentunya.

4. Selanjutnya kalian akan melihat halaman konfirmasi profil yang sudah kalian pilih. Klik tombol lanjutkan ke Blogger Jika sudah sesuai.

5. Pada halaman selanjutnya akan terbuka halaman Selamat datang Blogger. Kalian akan diberitahu Blogger bahwa kalian belum memiliki blog satupun. Sekarang, klik Tombol Buat Blog Baru.


6. Pada jendela Blog baru, kalian isi Judul blog, alamat blog, dan tema blog. Judul blog akan muncul di Header atau bagian paling atas blog kalian. Alamat blog merupakan URL blog kalian. Buatlah URL yang unik atau bisa disesuaikan dengan rencana konten yang akan ditulis. Pastikan alamat blog tercentang biru seperti pada gambar di bawah yang menunjukkan bahwa alamat tersebut tersedia untuk kalian.

Kemudian kalian bisa pilih tema atau template yang kalian sukai. Tema atau template berisi barisan code atau script HTML yang menentukan tampilan dan kinerja blog. Jika semua sudah sesuai, klik tombol Buat blog.


7. Berikutnya, klik tombol Lain kali untuk melewati penawaran domain dari Google. Selamat, kalian sudah berhasil membuat blog. Nama blog akan muncul di sudut kiri atas blog.

Untuk membuat artikel  baru, kalian bisa klik tombol Entri baru. Lengkapi judul, konten, Label, dan pengaturan lainnya. Klik tombol Pratinjau untuk melihat artikel sebelum diterbitkan. Klik tombol Publikasikan untuk menerbitkan artikel sehingga bisa dibaca oleh publik. Mengenai cara membuat artikel atau postingan akan dijelaskan pada pembahasan berikutnya. Nah, untuk melihat tampilan blog kalian, klik tombol Lihat blog pada sudut kiri atas.

Sebagai informasi tambahan, kalian bisa membuat lebih dari satu blog pada Blogger. Klik tanda panah ke bawah di samping nama Blog kalian pada sudut kiri atas. Klik pilihan Blog baru.

Apa yang harus saya lakukan setelah blog baru saya sudah dibuat?. Ada banyak pekerjaan setelah blog baru kalian berhasil dibuat. Namun, langkah penting berikutnya adalah mendaftarkan alamat atau URL blog baru ini ke Webmaster baik Webmaster Google, Bing, dan lainnya . Adapun tujuannya adalah supaya alamat blog dan semua postingan blog kalian bisa terbaca oleh masing-masing mesin telusur tersebut seperti mesin telusur Google dan Bing.

Begitulah cara memasang memulai membuat blog di Blogger. Bila ada kekurangan, mohon simpan di kolom komentar. Semoga informasi ini bermanfaat. Ikuti informasi/artikel terbaru melalui fanspage facebook kami di Supervba.

No comments: