Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

6 Tips Lolos Beasiswa Kuliah Ke Luar Negeri, Kejar Mimpimu Hingga Setinggi Langit

Tips Lolos Beasiswa Kuliah Ke Luar Negeri, Kejar Mimpimu Hingga Setinggi Langit

Pendidikan merupakan sebuah proses yang dilewati setiap manusia untuk meningkatkan daya pikir, mental, kedewasaan, sosialisasi hingga sarana sosial climbing. Urgensi pendidikan membuat banyak orang berlomba-lomba menempuh pendidikan hingga tingkatan tertinggi. 

Bagi yang sudah memasuki kelas 3 SMA, sekarang ini terbuka untuk melanjutkan ke jenjang Sarjana. Bahkan juga ada program beasiswa, yang bisa diikuti oleh semua pelajar asal memenuhi syarat tertentu. Tak hanya terbatas di Indonesia saja, beasiswa dari Universitas Luar Negeri juga bisa dicoba. Dengan beasiswa tersebut, penerima tidak akan dikenai biaya pendidikan, dan berbagai previlage lain.

Lalu seperti apa kiat-kiat, Agar Lolos Seleksi Beasiswa Luar negeri ? Simak Ulasan berikut ini:

6 Tips Lolos Beasiswa Kuliah Ke Luar Negeri, Kejar Mimpimu Setinggi Langit

Cari Informasi Beasiswa Selengkap-lengkapnya

Agar memiliki pengetahuan luas dalam memilih program beasiswa yang cocok, perlu yang namanya menggali informasi. Beasiswa sendiri memiliki banyak ragamnya ada beasiswa untuk S1 atau S2, berdasarkan donaturnya beasiswa bisa berasal dari pemerintah, Yayasan, Universitas Luar negeri, Hingga pemerintah luar negeri.

Setiap instansi juga memiliki ketentuan masing-masing seperti syarat-syarat yang harus dipenuhi calon penerima beasiswa, jurusan yang bisa dipilih serta periode program beasiswa. Informasi mengenai beasiswa bisa didapatkan dari website universitas, donatur hingga akun-akun media sosial yang membahas tentang beasiswa.

Belajar Bahasa Asing

Seorang yang ingin berkuliah di luar negeri wajib memiliki kemampuan bahasa asing. Karena nantinya pembelajaran dan bersosialisasi tidak menggunakan bahasa Indonesia. Bisa dibilang kemampuan berbahasa asing adalah syarat wajib yang harus dipenuhi untuk lolos beasiswa.

Bahasa yang diperlukan dipelajari setidaknya bahasa Inggris dan itupun harus lolos sertifikasi TOEFL/IELTS. Karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang dipakai diseluruh instansi universitas dunia. 

Lalu seperti apa tipsnya belajar bahasa asing ? Tentunya harus memiliki niat kuat terlebih dahulu, kemudian bisa belajar dari YouTube/Aplikasi bahasa seperti cake dan Duolingo. Jika ingin berbayar bisa mengikuti kursus offline/online.

Melengkapi Dokumen Beasiswa

Setiap calon mahasiswa, akan diperintahkan untuk membuat dokumen seperti Motivation Letter, CV dan Surat Rekomendasi. Ketiganya ini akan menjadi pertimbangan dalam menentukan kelolosan beasiswa.

CV/Curiculum Vitae adalah dokumen yang berisi latar belakang calon mahasiswa. Seperti Data Kelahiran, Riwayat pendidikan, Organisasi yang diikuti, dan Prestasi.

Sementara Motivation Letter lebih berisi pada motivasi apa yang melatarbelakangi calon mahasiswa dalam mendaftar beasiswa. Setiap orang bebas menulis dokumen ini, yang pasti harus bisa menarik perhatian donatur. Tips menulis Motivation Letter adalah jangan memperlihatkan kelemahan seperti kemiskinan, ini akan mengurangi penilaian.

Terakhir adalah Surat Rekomendasi, ini adalah dokumen yang berisi persetujuan dari Dekan/Kepala sekolah yang menyatakan bahwa mahasiswa/muridnya di izinkan untuk mendaftar beasiswa. Surat ini juga berisi testimoni yang nantinya menjadi nilai plus agar lolos beasiswa.

Perbaiki CV

Persaingan mendapatkan Beasiswa sangatlah ketat. Keuntungan seperti gratis biaya sekolah, akomodasi, hingga tempat tinggal sangatlah menggiurkan. Oleh karenanya, seseorang yang ingin lolos beasiswa harus menjadi yang terbaik dari sekian banyak orang yang mendaftar. Persiapkan jauh-jauh untuk memperbaiki CV, dengan meningkatkan nilai akademik. Mengikuti berbagai kegiatan kampus/sekolah. Ada banyak jenisnya OSIS, BEM, Debat Club, Pencinta Alam dan sebagainya. Karena kemampuan sosial, softskill sangat diperlukan agar survive menjalani kuliah di luar negeri.

Merencanakan dari awal

Untuk meraih beasiswa hingga ke luar negeri tidak ada salahnya mempersiapkan diri saat jauh-jauh hari. Idealnya kelas 10 SMA harus ada bayangan, ingin kuliah di mana, Jurusan Apa dan cari tahu sedikit-sedikit mengenai informasi beasiswa. Setiap tahun akan selalu ada program beasiswa seperti beasiswa PPA, Monbukagakusho, Erasmus dan sebagainya.

Pilihlah salah satu beasiswa yang cocok, dan pelajari apa syaratnya. Mempersiapkan dari awal akan membuat mental dan pikiran lebih matang. Ada waktu cukup untuk memenuhi kualifikasi.

Berdoa

Selain usaha lahir, seseorang harus melakukan usaha batin yaitu berdoa. Karena apa yang terjadi di hari esok adalah kehendak Yang Maha Kuasa. Ia yang menentukan Nasib dan Takdir Manusia. Berdoa dengan hikmat dan penuh keyakinan, Semoga Diberikan Hasil yang terbaik. Karena tuhan memberikan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan.

Sumber Gambar : Hotcourses.Id

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Arya WB
Dipublikasikan oleh : Arya WB
Share :

Belum ada komentar untuk "6 Tips Lolos Beasiswa Kuliah Ke Luar Negeri, Kejar Mimpimu Hingga Setinggi Langit"