Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris Meski Otodidak

Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris Meski Otodidak
Ilustrasi Belajar Bahasa Inggris/Sumber:merdeka.com
Bahasa Inggris merupakan bahasa yang ditetapkan sebagai bahasa internasional. Berkembang sejak abad ke 8, hingga akhirnya dipakai oleh orang di seluruh dunia. Bukan tanpa alasan kenapa bahasa Inggris ditetapkan sebagai bahasa Internasional. Mengingat Inggris merupakan negara yang memiliki rekor menjajah terbanyak di dunia. Selain itu negeri asal Ratu Elizabeth ini dikenal memiliki peradaban maju dan dijadikan percontohan.

Maka dari itu belajar bahasa Inggris merupakan keharusan, apalagi di era globalisasi ini. Dimana setiap orang diseluruh dunia bisa saling terhubung. 

7 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris Meski Otodidak

Ada stigma bahwa belajar bahasa Inggris merupakan hak sulit, namun dengan cara-cara di bawah ini, akan mempermudah belajar bahasa Inggris meskipun otodidak.

Memperkaya Vocabulary

Belajar bahasa apapun, diperlukan pengetahuan kosakata yang bagus. Karena ini merupakan langkah awal untuk menjadi fasih. Vocabulary yang perlu dihafal adalah yang biasanya dipakai untuk percakapan sehari-hari. Seperti kata ganti, kata sifat, kata kerja, nama-nama benda dan sejenisnya. Bila bingung sahabat bisa mencari keyword mengenai vocabulary bahasa Inggris dasar di internet.

Mempelajari kosakata juga bisa dengan menggunakan flashcard. Dalam flascard terdapat Kosakata dan grafis, yang akan membantu otak mengingat vocabulary bahasa Inggris. 

Mencatat Lirik Dari Lagu Favorit

Cara belajar bahasa Inggris untuk pemula bisa dimulai dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris favorit. Musik merupakan media yang menyenangkan dan merangsang memory long term dalam otak. Belajar bahasa Inggris dengan mendengar lagu juga efektif diterapkan untuk anak kecil. 

Salah satu problem orang kesulitan berbahasa Inggris kebanyakan karena tidak menemukan cara yang menyenangkan. Maka salah satunya adalah mendengarkan lagu dan mencatat liriknya. Latihan juga menambah kemampuan listening seseorang.

Membaca Buku Berbahasa Inggris

Mempelajari bahasa baru memang bukanlah hal instan, perlu yang dinamakan pembiasaan, salah satu langkahnya adalah membaca buku berbahasa Inggris. Luangkan waktu setidaknya 15 menit perhari. Membuka selembar demi selembar buku. Secara tidak langsung akan menambah perbendaharaan kata bahasa Inggris.

Untuk pemula bisa memilih buku untuk anak-anak yang biasanya memiliki frasa-frasa yang mudah dipahami. Catat kata-kata baru dan hafalkan di waktu luang.

Tonton Film Berbahasa Inggris

Cara cepat belajar bahasa Inggris tanpa kursus bukanlah hal mustahil. Belajar melalui media film Sangat efektif dan menyenangkan dalam meningkatkan bahasa Inggris. Dalam film biasanya terdapat frasa yang sering di ulang-ulang. Kita bisa mencatat frasa tersebut dan menghafalnya. 

Banyak orang merasa sulit belajar bahasa Inggris karena terlalu banyak teori. Sedangkan di film, kita akan belajar listening dan mengerti pelafalannya. Belajar bahasa Inggris otodidak dan menyenangkan bisa dilakukan dengan menonton film.

Menulis Ulang Kata/Kalimat Dalam Bahasa Inggris

Cara otodidak mahir berbahasa Inggris lainnya adalah menulis kembali kata/kalimat yang ingin kita hafal. Hal ini bisa dilakukan setelah kita selesai membaca buku, mendengar musik atau menonton film. Ketika menemukan ungkapan bahasa Inggris yang menarik, bisa kita tulis ulang.

Hal ini bisa dilakukan secara kontinyu, agar otak terbiasa menyerap kata/kalimat dalam bahasa Inggris. Karena kunci untuk bisa adalah terbiasa.

Praktek Berbicara

Bila sudah memiliki perbendaharaan bahasa Inggris yang lumayan, kita bisa melatih pronouncetion dengan praktek Berbicara dalam bahasa Inggris. Praktek akan membuat kita lebih cair, terbiasa mengucapkan frasa-frasa Inggris. Langkah awal bisa berlatih daily coversetion. Bila belum percaya diri, bisa berlatih di cermin terlebih dahulu.

Dengan latihan yang rutin, bukan hal mustahil untuk lancar berbahasa Inggris meski tanpa ikut kursus.

Berbicara Dengan Native Speaker

Native Speaker adalah penutur asli bahasa Inggris. Mereka adalah orang yang sejak kecil dibiasakan dengan bahasa tersebut. Dan kita bisa berteman dengan mereka, sekalian untuk belajar bahasa Inggris. Keahlian bahasa hampir sama konsepnya dengan berlatih mengendarai sepeda, semakin banyak jam terbang, kita akan semakin menguasai.

Di zaman internet ini, kita tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menemui native speaker, dengan bantuan media sosial hal ini bisa dilakukan. Kita bisa belajar ilmu baru yang berguna untuk meningkatkan kemampuannya bahasa Inggris.

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Arya WB
Dipublikasikan oleh : Arya WB
Share :

Belum ada komentar untuk "7 Cara Efektif Belajar Bahasa Inggris Meski Otodidak"