Membuat huruf timbul 3D dengan daur ulang tutup botol

Membuat huruf timbul 3D dengan daur ulang tutup botol

Selain botolnya, tutup botol dari sampah botol plastik juga dapat didaur ulang menjadi barang-barang yang lebih berguna. Tutup-tutup botol dapat didaur ulang menjadi benda-benda seperti tempat sampah, kelopak bunga, alat permainan edukatif untuk media pembelajaran, huruf 3D (3 Dimensi) dan lain sebagainya. Kali ini Supervba ingin membagikan salah satu cara daur ulang tutup botol. Pada daur ulang tutup botol ini kita akan membuat huruf timbul 3D. Huruf timbul 3D ini bisa digunakan untuk hiasan di rumah, di kelas dan  di tempat lainnya. Selain itu juga dapat digantung/dipasang di gapura lingkungan perumahan.

karya dari daur ulang tutup botol
Sampah tutup botol
Sampah tutup botol cukup mudah ditemukan di sekitar kita. Tutup botol yang digunakan pada projek huruf timbul 3D ini adalah tutup botol ukuran standar yang berasal dari botol plastik ukuran 600 ml. Tutup botol ini punya diameter sekitar 3 cm. Rata-rata diameter tutup botol dari botol plastik ukuran 600 ml ini besarnya sama namun berbeda tingginya. Tapi tidak masalah, sekalipun tingginya tidak sama namun tetap dapat digunakan bersama-sama untuk membuat huruf timbul 3D.

Kalau kamu tertarik membuat huruf timbul 3D ini yuk mulai kumpulkan tutup botol yang ada di tempatmu. Sebelum digunakan tentunya jangan lupa bersihkan atau dicuci dulu untuk membuang kotoran dan kuman yang ada pada tutup botol tersebut.



Baca jugaDaur ulang botol plastik menjadi kursi, sofa dan meja unik #1


Membuat huruf timbul 3D dengan daur ulang tutup botol

huruf timbul 3D dengan daur ulang tutup botol

Untuk membuat huruf timbul 3D dari tutup botol sebaiknya minimal menggunakan pola atau basis 4. Huruf-huruf yang bisa dibuat menggunakan basis 4 seperti huruf D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, T, U, V, W, X, Y, dan Z. Sedangkan huruf lainnya minimal dibuat dengan basis 5 seperti A, C, B, O, P, Q, R, dan S. Untuk memperoleh keseragaman ukuran huruf 3D yang dibuat maka sebaiknya minimal menggunakan Basis 5.

Adapun alat dan bahan yang diperlukan dalam daur ulang ini adalah:
  • Tutup botol
  • Solder dan / Lem tembak

Kita bisa menggunakan salah satu alat di atas misalnya hanya menggunakan solder saja, lem tembak saja atau keduanya secara bersamaan. Untuk huruf-huruf yang cukup sulit seperti huruf B, P, R, O, Q, R, dan S dapat dilem dulu dengan lem tembak baru direkatkan lagi dengan solder.

Pakai Lem Tembak Atau Solder ?

Berikut perbedaan antara membuat huruf timbul 3D dengan solder dan lem tembak.
  • Penggunaan lem tembak untuk merekatkan tutup botol lebih aman (safe) bagi anak-anak daripada solder. Namun tetap butuh pengawasan guru/orang tua/orang dewasa. Namun daya rekatnya kurang jika dibandingkan hasil solderan.
  • Penggunaan solder untuk merekatkan tutup botol lebih kuat alias tidak gampang lepas daripada lem tembak. Sehingga huruf timbul 3D yang dihasilkan dengan solder lebih andal kalau ditempatkan di manapun termasuk di luar ruangan. Selain itu, penggunaan solder lebih hemat. Kalau pakai lem tembak kita juga harus menyiapkan lem isi ulangnya.




Cara membuat huruf timbul 3D dari daur ulang tutup botol ada 2 yakni:
  1. menggunakan mal/patokan
  2. tanpa menggunakan mal
Supervba akan hanya akan jelaskan cara membuat huruf timbul 3D dari daur ulang tutup botol menggunakan Mal/patokan. Nah berikut caranya.
1. Siapkan mal/patokan yang akan digunakan. Mal bisa dicetak menggunakan printer. Misalnya Mal untuk Kata Supervba seperti foto berikut.



2. Panaskan lem tembak dan / solder dengan menyambungkan steker ke sumber listrik.
3. Letakkan tutup-tutup botol pada Mal sehingga membentuk huruf-huruf yang diinginkan.


4. Ikuti salah satu langkah berikut sesuai alat yang digunakan.

A. Membuat huruf timbul 3D menggunakan Lem Tembak dan Solder

4.1 Berilah lem menggunakan lem tembak pada kedua sisi tutup botol yang berdekatan. Lakukan proses ini hingga semua tutup botol terkait dengan lem. Tunggu sebentar hingga lem kering.


4.2 Kalau lem sudah kering, baliklah huruf tersebut.
4.3 Solder pada kedua sisi tutup botol yang berdekatan. Lakukan secara hati-hati ya!


4.4 Tunggu hasil solderan kering.


Sekarang silahkan dibalik lagi hurufnya. Huruf timbul 3D dari tutup botol pun sudah selesai dibuat.

Huruf timbul 3D dari tutup botol

B. Membuat huruf timbul 3D menggunakan Solder

4.1 Perhatikan pola-pola hurufnya. Ambil sepasang tutup botol dari rangkaian tutup botol pada huruf tersebut.
4.2 Solderlah 2 (dua) buah atau sepasang tutup botol ini pada kedua sisi tutup botol yang berdekatan. Lakukan secara hati-hati ya!. Ulangi langkah ini untuk pasangan tutup botol lainnya.


Untuk memudahkan proses ini, kita dapat menggunakan benda apapun sebagai penahan seperti dinding.


4.3 Tunggu hasil solderan kering.
4.4 Rangkai kembali tutup-tutup botol tersebut menjadi huruf dalam posisi terbalik.
4.5 Solder sisa tutup-tutup botol yang belum direkatkan.

Jika semua sudah disolder, coba balik hurufnya. Huruf timbul 3D dari tutup botol pun sudah selesai dibuat.

Membuat huruf timbul 3D dengan tutup botol
Kata SUPERVBA dibuat pakai lem tembak & solder dengan mal

Membuat huruf timbul 3D dengan tutup botol
Kalimat POJOK BACA dengan solder tanpa mal


Baca juga : Menarik ! Mudahnya membuat Lampion dari gelas plastik untuk memperindah Sekolah


Contoh-contoh huruf timbul 3D dari daur ulang tutup botol

1. Huruf A
Huruf A sebaiknya dibuat mulai dari Basis 5. Sehingga untuk membuat huruf A menggunakan tutup botol kita minimal memerlukan 11 buah tutup botol.


Huruf A Basis 5 dengan Mal

Huruf A Basis 5 tanpa Mal

2. Huruf B
Serupa dengan huruf A, Huruf B sebaiknya dibuat mulai dari Basis 5. Sehingga untuk membuat huruf B menggunakan tutup botol kita minimal memerlukan 15 buah tutup botol.

Huruf B Basis 5 dengan Mal/Patokan
3. Huruf C
Huruf C sebaiknya dibuat mulai dari Basis 5. Sehingga untuk membuat huruf C menggunakan tutup botol minimal memerlukan 10 buah tutup botol.

Huruf C yang dibuat tanpa Mal/Patokan
4. Huruf D
Huruf D bisa dibuat mulai dari Basis 4. Sehingga untuk membuat huruf D menggunakan tutup botol minimal memerlukan 11 buah tutup botol.

Huruf D menggunakan Basis 4 tanpa Mal


5. Huruf E
Huruf E bisa dibuat mulai dari Basis 4. Sehingga untuk membuat huruf E menggunakan tutup botol minimal memerlukan 10 buah tutup botol.



6. Huruf H
Huruf H bisa dibuat mulai dari Basis 4. Sehingga untuk membuat huruf H menggunakan tutup botol minimal memerlukan 9 buah tutup botol.
Huruf H Basis 4 Tanpa Mal

7. Huruf I
Huruf I bisa dibuat mulai dari Basis 4. Sehingga untuk membuat huruf I menggunakan tutup botol minimal memerlukan 4 buah tutup botol.

Huruf I Basis 5 Tanpa Mal

8. Huruf J
Huruf J sebaiknya dibuat mulai dari Basis 5. Sehingga untuk membuat huruf J menggunakan tutup botol minimal memerlukan 9 buah tutup botol.

9. Huruf K
Huruf K bisa dibuat mulai dari Basis 4. Sehingga untuk membuat huruf K menggunakan tutup botol minimal memerlukan 9 buah tutup botol.

Huruf K Basis 4 tanpa Mal

Huruf K Basis 5 tanpa Mal
10. Huruf L
Huruf L bisa dibuat mulai dari Basis 4. Sehingga untuk membuat huruf L menggunakan tutup botol minimal memerlukan 6 buah tutup botol.

Huruf L Basis 4 Tanpa Mal
11. Huruf N
Huruf N bisa dibuat mulai dari Basis 4. Sehingga untuk membuat huruf N menggunakan tutup botol minimal memerlukan 10 buah tutup botol.

Huruf N Basis 4 tanpa Mal
Huruf N Basis 4 Tanpa Mal
12. Huruf O
Huruf O sebaiknya dibuat mulai dari Basis 5. Sehingga untuk membuat huruf O menggunakan tutup botol minimal memerlukan 12 buah tutup botol.




13. Huruf P
Huruf P sebaiknya dibuat mulai dari Basis 5. Sehingga untuk membuat huruf P menggunakan tutup botol minimal memerlukan 11 buah tutup botol.



14. Huruf R
Huruf R sebaiknya dibuat mulai dari Basis 5. Sehingga untuk membuat huruf R menggunakan tutup botol minimal memerlukan 12 buah tutup botol.



15. Huruf S
Huruf S sebaiknya dibuat mulai dari Basis 5. Sehingga untuk membuat huruf S menggunakan tutup botol minimal memerlukan 9 buah tutup botol.


16. Huruf T
Huruf T sebaiknya dibuat mulai dari Basis 5. Sehingga untuk membuat huruf T menggunakan tutup botol minimal memerlukan 9 buah tutup botol.



17. Huruf U
Huruf U sebaiknya dibuat mulai dari Basis 5. Sehingga untuk membuat huruf U menggunakan tutup botol minimal memerlukan 10 buah tutup botol.



18. Huruf V
Huruf V bisa dibuat mulai dari Basis 4. Sehingga untuk membuat huruf E menggunakan tutup botol minimal memerlukan 7 buah tutup botol.



19. Huruf W
Huruf W bisa dibuat mulai dari Basis 4. Sehingga untuk membuat huruf W menggunakan tutup botol minimal memerlukan 10 buah tutup botol.


Berikut ini contoh huruf 3D dari tutup botol yang sebagian besar hurufnya dibuat hanya menggunakan solder. Beberapa huruf dibuat dengan bantuan lem tembak, itu pun karena guru mau supaya anak-anak/siswa juga bisa terlibat untuk membuatnya.

Membuat huruf timbul 3D dengan tutup botol
Nama Kelas "VI Ki Hajar Dewantara" dari tutup botol
Kreativitas itu tanpa batas. Apa yang ditampilkan di atas hanya contoh sederhana saja. Kamu bisa membuat jauh lebih baik dari contoh-contoh di atas. Silahkan berkreasi dan selamat mencoba!

Beitulah informasi menarik mengenai pembuatan huruf timbul 3D dengan daur ulang tutup botol. Semoga bermanfaat.

Hai..Terima kasih sudah membaca artikel Supervba. Masih banyak artikel menarik lainnya. Selamat menjelajah di Supervba. Jangan lupa subscribe/berlangganan, terima kasih.

×

Share this:

Reaksi:
Related Posts

Mr. VBA(id)

Author & Editor

Terima kasih sudah berkunjung. SuperVBA sangat bangga bisa menjadi bagian dari ceritamu hari ini.

Show Disqus Comment Hide comment

Disqus Comments

We are very glad that you are here

About Cookies:This website use cookies to ensure you get the best experiences i our website.