Cara install printer canon Pixma G4010 Series Tanpa CD

Cara install printer canon Pixma G4010 Series Tanpa CD

Printer Canon Pixma G4010 Series mempunyai fungsi print, fotocopy & scan. Namun ada beberapa perbedaan printer ini dengan printer Canon Seri lain yang pernah dibahas di sini seperti Canon MP 250 series, MX 390 series dan MG 2500 series. Kelebihan dari printer canon pixma G4010 ini adalah bisa fotocopy dengan ukuran kertas legal/folio. Kita akan merasa seperti punya sebuah mesin fotokopi mini di rumah.

Printer Canon Pixma G4010 Series
Printer Canon Pixma G4010 dikeluarkan bersamaan dengan 3 seri printer lainnya yaitu Printer Canon G1010, Printer Canon G2010, dan Printer Canon G3010. Namun tahukah kamu bahwa Printer Canon G4010 merupakan printer yang fiturnya paling lengkap dibandingkan 3 seri printer lainnya.

Printer canon pixma G4010 ini dilengkapi dengan infus (tangki tinta). Posisi infus/tangki tinta tidak seperti printer lain yang berada di luar. Melainkan posisi infus terpasang di dalam body printer. Posisi infus untuk tinta warna (C) dan hitam (B) terpisah, tangki tinta warna (merah, kuning, & biru) di sebelah kiri sedangkan tinta hitam di sebelah kanan. Dengan adanya infus ini tentu kita dapat memantau volume tinta printer dengan mudah. Sehingga kita tidak khawatir mengalami kerusakan printer akibat memakai printer dalam keadaan tinta sedikit/kurang.

Printer Canon Pixma G4010 juga dilengkapi dengan wireless printing. Sehingga kita bisa mencetak dari komputer/laptop/tablet/android melalui koneksi wifi. Selain itu juga mendukung beberapa fitur lainnya yakni Access Point Mode, Google Cloud Print dan Canon Print Service.

Masih ada lagi fitur ADF (Auto Document Feeder) pada Printer Canon Pixma G4010 ini untuk fotokopi dan scan. Printer ini dapat memproses kertas hingga 20 lembar secara otomatis. Kita cukup meletakkan kertas yang akan difotokopi atau scan maka printer akan mengerjakannya setiap kelipatan 20 kalau memang jumlah kertas melebihi 20 lembar.


Bagaimana, Printer canon G4010 series ini luar biasa bukan? Namun ini sebanding dengan harganya yang cukup tinggi. Harga printer Canon Pixma G4010 series ini mulai dari 3,4 juta s/d 3,9 juta. Sedikit cerita bahwa baru saja teman saya beli di Kota Palu, Sulawesi Tengah dengan harga Rp. 3,8 juta. Beda toko beda harga dong ya !

Cara install printer canon Pixma G4010 Series


Jika kita membeli baru Printer Canon Pixma G4010 ini maka kita akan mendapat sebuah CD yang berisi aplikasi Setup untuk install driver dan software Printer Canon Pixma G4010.  Untuk install printer G4010 di laptop tanpa CD maka kita bisa menyalin aplikasi Setup printer dari CD ke laptop dulu baru memasangnya. Bisa juga dengan cara  mengunduh Aplikasi Setup Printer Canon G4010 dari internet.

Proses install printer canon pixma G4010 ini terbagi jadi 4 proses utama yaitu sebagai berikut.
  1. Pengisian Data dan persetujuan pengguna
  2. Pengaturan Jenis Koneksi
  3. Pemasangan driver printer
  4. Pemasangan software printer
Setiap proses install yang sedang berjalan maupun yang sudah selesai dapat dilihat pada header jendela masing-masing proses.


Nah jika kamu sudah mempunyai aplikasi Setup printer canon G4010 maka ikuti langkah-langkah berikut untuk memasangnya.

1. Klik file Setup.

2. Klik Start Setup untuk memulai instalasi.


Pada jendela ini, kita bisa mengatur bahasa (language) selama proses install. Klik Language. Pilih bahasa yang akan digunakan. Misalnya, Bahasa Indonesia (Indonesian). Jika sudah klik Back atau Mundur.

3. Pilih benua negara kita. Jika kita di Indonesia maka pilih benua Asia.

4. Selanjutnya memilih negara. Jika kita di Indonesia maka pilih Indonesia.

5. Pada jendela License agreement klik Yes untuk melanjutkan.


6. Pada jendela Extended Survey Program klik Agree untuk melanjutkan.


Jika tampil jendela Firewall Settings, maka kita harus menonaktifkan pemblokiran yang ada pada proses instalasi ini dulu. Pastikan opsi Deactivate the block sudah ditandai seperti tampak pada gambar di bawah.


7. Pilih jenis cara menghubungkan printer dengan perangkat/komputer/laptop. Kita akan menggunakan kabel USB maka pilih USB Connection. Kemudian klik Next untuk melanjutkan.


Tunggu proses instalasi driver printer Canon G4010 series sedang berjalan. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 2 menit hingga selesai.


8. Hidupkan printer dengan menekan tombol Power pada body printer Canon G4010. Kemudian hubungkan kabel USB ke laptop. Tunggu hingga printer terdeteksi oleh laptop.


9. Jika printer berhasil dideteksi maka tampil jendela Print Head Alignment Recommended. Klik Next untuk melanjutkan.


10. Pada jendela Test Print. Kita bisa melakukan print dengan klik Start.
Namun jika ingin dilewati (skip) maka langsung saja klik Next.


Nah instalasi driver printer sudah selesai.
Jika kita tidak mau memasang printer ini sebagai printer utama di laptop maka klik pada Set as default printer untuk menghilangkan tandanya.


11. Untuk melanjutkan instalasi, pada jendela Setup Complete, klik Next.

Proses selanjutnya adalah memasang software printer.

12. Pada jendela Software Instalation List, klik Next.



Kalau muncul pesan kesalahan (error) seperti gambar di bawah ini maka klik saja OK untuk meneruskan.


Tunggu proses instalasi software printer sedang berjalan.


13. Pada jendela berikutnya klik Next.


Alhamdulillah, proses instalasi selesai secara sempurna.


Begitulah Cara install printer canon Pixma G4010 Series. Semoga bermanfaat.

Hai..Terima kasih sudah membaca artikel Supervba. Masih banyak artikel menarik lainnya. Selamat menjelajah di Supervba. Jangan lupa subscribe/berlangganan, terima kasih.

×

Share this:

Reaksi:
Related Posts

Mr. VBA(id)

Author & Editor

Terima kasih sudah berkunjung. SuperVBA sangat bangga bisa menjadi bagian dari ceritamu hari ini.

Show Disqus Comment Hide comment

Disqus Comments

We are very glad that you are here

About Cookies:This website use cookies to ensure you get the best experiences i our website.