Daur ulang botol plastik menjadi kursi, sofa dan meja unik #1

Daur ulang botol plastik menjadi kursi, sofa dan meja unik #1

Sampah botol plastik mudah sekali ditemukan di sekitar kita. Alangkah bijak jika kita berusaha untuk memanfaatkan kembali sampah botol plastik tersebut dengan melakukan daur ulang (3R). Bahan plastik susah terurai di alam. Walau sudah bertahun-tahun pun sampah tersebut jika dibiarkan akan tetap ada. Sampah plastik tidak menimbulkan bau busuk namun merusak pemandangan dan mengotori lingkungan.

Sampah botol plastik bisa didaur ulang menjadi berbagai macam barang baik barang kebutuhan sehari-hari maupun barang menghasilkan (uang). Salah satu bentuk daur ulang sampah botol plastik adalah dengan menjadikannya sebagai kursi, sofa. dan meja. Kali ini Supervba mau berbagi cara daur ulang sampah botol plastik menjadi kursi, sofa, dan meja.

daur ulang botol plastik menjadi kursi (sofa) dan meja unik

Berikut alat dan bahan yang kita butuhkan.

  • Botol plastik isi 1,5 L (1.500 ml)
  • Lakban/isolasi bening
  • Gunting
  • Tali
Pada panduan ini Supervba menggunakan botol plastik merk Aqua. Untuk hasil yang lebih bagus, sebaiknya menggunakan botol plastik 1,5 L bekas Fanta, Coca-cola, dan lainnya. Karena botol plastik jenis ini lebih kuat jika mendapat beban yang cukup berat. Namun karena di tempat Supervba banyak sampah botol plastik bekas Aqua maka Supervba menggunakan itu saja.

Untuk mendaur ulang botol plastik jadi kursi dan meja bisa menggunakan beberapa teknik. Pada kesempatan ini Supervba akan menjelaskan cara daur ulang botol plastik menjadi kursi dan meja dengan cara yang paling mudah. Untuk teknik lainnya akan disambung lagi pada artikel berikutnya.




Daur ulang botol plastik menjadi kursi, sofa dan meja unik #1

A. Daur ulang botol plastik menjadi kursi/sofa

Berikut langkah-langkah membuat kursi/sofa dari sampah botol plastik berukuran 1.500 ml.
1. Siapkan botol plastik yang sudah dicuci bersih.


2. Ambil 7 (tujuh) botol plastik dan susun hingga membentuk bundaran.
Satu (1) buah botol plastik diletakkan pada pusat bundaran/lingkaran. Botol plastik ini diposisikan dengan posisi berlawanan dari yang lain.




3. Ikat susunan ketujuh botol tersebut dengan menggunakan tali atau benda pengikat lainnya.


4. Rekatkan ketujuh botol plastik tersebut menggunakan lakban/isolasi. Bagusnya menggunakan isolasi bening karena lebih menarik.


5. Balik kedudukan botol dan rekatkan kembali sisi lainnya dengan isolasi.


6. Setelah itu, lepas ikatan pada botol.

7. Tambahkan 12 botol plastik lagi dan susun hingga membentuk bundaran yang lebih besar dari bundaran pertama..


8. Ikat kembali susunan ini dengan isolasi.



Nah kursi (sofa) daur ulang pun selesai dibuat dan siap digunakan.


B. Daur ulang botol plastik menjadi meja

Untuk daur ulang botol plastik menjadi meja dilakukan dengan cara yang persis sama dengan cara membuat kursi/sofa di atas. Hanya berbeda pada jumlah botol plastik yang dibutuhkan saja. Kalau meja kan diameternya lebih besar jadi butuh botol lebih banyak. Untuk buat meja,genk bisa menggunakan botol sebanyak 43 atau 91 atau 187 tergantung diameter yang diinginkan.

Jadi ternyata, daur ulang botol plastik dengan cara ini punya pola jumlah botol plastik pada tiap bundarannya sebanyak 1, 6, 12, 24, 48, 96, ..., n, 2n. Yap, genk cukup kali 2 saja jumlah botol pada lapisan/bundaran sebelumnya.

Kemudian, seperti yang sudah dijelaskan di atas kalau teknik daur ulang ini adalah yang paling sederhana. Jadi hasilnya kurang maksimal kalau berat bebannya cukup berat. Coba buat ya genk biar tahu rasanya duduk di atasnya hehe....

Jika mau hasil daur ulang yang maksimal maka genk bisa menambahkan triplek, busa/spons, dan cover/ penutupnya supaya tampak seperti kursi/sofa sebenarnya. Sehingga kalo dipakai buat duduk tetamu yang datang ke sekolah maupun ke rumah, genk ku bisa merasa puas dan bangga, ehmm.

Begitulah informasi mengenai cara daur ulang botol plastik aqua menjadi kursi (sofa) dan meja unik #1. Pada artikel berikutnya, Supervba akan jelaskan teknik daur ulang lainnya. Jadi jangan lupa untuk mapir lagi ya. Semoga info ini bermanfaat.

Hai..Terima kasih sudah membaca artikel Supervba. Masih banyak artikel menarik lainnya. Selamat menjelajah di Supervba. Jangan lupa subscribe/berlangganan, terima kasih.

×

Share this:

Reaksi:
Related Posts

Mr. VBA(id)

Author & Editor

Terima kasih sudah berkunjung. SuperVBA sangat bangga bisa menjadi bagian dari ceritamu hari ini.

Show Disqus Comment Hide comment

Disqus Comments

We are very glad that you are here

About Cookies:This website use cookies to ensure you get the best experiences i our website.