Menarik ! Yuk buat kertas daur ulang dari bubur kertas

Menarik ! Yuk buat kertas daur ulang dari bubur kertas

Kertas daur ulang
Dalam kehidupan sehari-hari, aktivitas kita tidak terlepas dari sampah. Hampir setiap hari kita melihat sampah. Ada sampah daun, kaleng, botol kaca, kertas, plastik, dan lainnya. Sampah dapat digolongkan menjadi 3 (tiga) jenis yakni sampah organik, sampah anorganik, dan sampah berbahaya. berikut penjelasan rincinya.

  1. Sampah organik merupakan sampah-sampah yang berasal dari sumber mahluk hidup/bahan alam. Sampah organik mudah terurai di alam secara biologis. Contoh: sisa makanan, dedaunan, kertas, dan sebagainya.
  2. Sampah anorganik merupakan sampah-sampah yang berasal dari sumber benda mati. Sampah anorganik mengandung bahan-bahan yang sulit terurai secara alami. Sampah anorganik bahkan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa terurai.  Contohnya: sampah plastik, kaleng, stryrofoam, dan sebagainya.
  3. Sampah berbahaya dan beracun (B3) merupakan sampah yang bersumber dari bahan-bahan berbahaya dan beracun. Contohnya seperti limbah dari pabrik, rumah sakit, dan sebagainya.

Tentu semua orang tidak mengharapkan adanya sampah. Sampah adalah segala sesuatu yang sudah tidak digunakan lagi. Untuk itu, supaya dapat mengurangi sampah sebaiknya kita melakukan 3R (Reduce, Reuse, Recyle). Reduce berarti mengurangi sampah, Reuse itu menggunakan kembali sampah dan Recycle adalah mendaur ulang sampah menjadi benda lain yang lebih berguna.

Salah satu sampah yang banyak di lingkungan kita adalah sampah kertas. Apalagi di lingkungan sekolah, jumlah sampah kertas sudah pasti cukup berlimpah. Nah untuk mengurangi sampah kertas kita dapat mendaur ulangnya menjadi kertas daur ulang.


Baca jugaMenarik ! buku 3D pop-up book materi IPA SD tentang daur air


Cara membuat kertas daur ulang dari bubur kertas


Sebelum membuat kertas daur ulang, kita harus mempersiapkan alat dan bahannya. Adapun bahan-bahan yang diperlukan sebagai berikut.

  • Kertas bekas
  • Air
  • Lem kertas/Lem Pvac putih merk Fox
Sedangkan alat-alat yang dibutuhkan sebagai berikut.

  • Gunting
  • Blender
  • Screen
  • Gosokan
  • Ember
  • Baskom
  • Bak ukuran 50 liter
  • Gelas ukuran 200 ml

Nah berikut cara membuat kertas daur ulang menggunakan alat dan bahan-bahan di atas.

1. Gunting kertas menjadi potongan kecil-kecil. Semakin kecil semakin baik agar lebih mudah dihancurkan/dihaluskan. Selain dengan gunting, kita juga dapat menyobek-nyobek kertas menggunakan tangan.

2. Masukkan potongan-potongan kertas ke dalam air. Air di tempatkan di dalam wadah berupa ember. Untuk hasil yang lebih baik, kertas dapat direndam selama 1 malam atau lebih.

3. Ambillah 1 (satu) gelas kertas yang sudah direndam kemudian hancurkan/haluskan dengan blender. Masukkan kertas sedikit demi sedikit. Tambahkan lem kertas pvac secukupnya untuk menambah daya rekat kertas. Ulangi langkah ini untuk semua rendaman kertas.


Baca juga : Atasi banjir dengan lubang resapan Biopori dan panen kompos


4. Kertas yang sudah diblender hingga halus dimasukkan ke wadah (baskom) yang sudah disiapkan.


5. Tuang kertas yang sudah diblender ke dalam cetakan secukupnya. Ratakan kertas pada cetakan.

6. Masukkan cetakan pada bak yang sudah berisi air bersih. Celupkan cetakan hingga permukaan air menyentuh permukaan cetakan. Goyangkan kertas pada cetakan secara perlahan untuk meratakan kertas. Gunakan tangan kita untuk meratakan kertas secara perlahan agar kertas tidak keluar dari cetakan.


Baca jugaMengenali jenis sampah melalui permainan dan praktek membuat mini komposter


7. Kalau kertas pada cetakan sudah rata, letakkan screen di atas cetakan. Gosok kertas secara perlahan untuk membuang kelebihan air dan membuat kertas yang dihasilkan menjadi tipis. Lakukan berulang-ulang secara perlahan.


8. Siapkan triplek kemudian pindahkan kertas yang telah digosok tadi ke permukaan triplek. Gosok kembali kertas hingga permukaan kertas menjadi rata dan semakin tipis. Selain triplek, kita dapat menggunakan potongan kaca atau plastik. Sebaiknya tidak menggunakan koran karena kertas daur ulang akan suit dipisahkan dari koran setelah kering.

9. Kertas pada triplek siap dijemur di bawah panas matahari hingga kering sempurna.


Selamat kita sudah berhasil membuat kertas daur ulang.

Begitulah informasi tentang cara membuat kertas daur ulang dari bubur kertas. Bila ada kekurangan, mohon simpan di kolom komentar. Semoga informasi ini bermanfaat. Ikuti informasi/artikel terbaru melalui fanspage facebook kami di Supervba.

Hai..Terima kasih sudah membaca artikel Supervba. Masih banyak artikel menarik lainnya. Selamat menjelajah di Supervba. Jangan lupa subscribe/berlangganan, terima kasih.

×

Share this:

Reaksi:
Related Posts

Mr. VBA(id)

Author & Editor

Terima kasih sudah berkunjung. SuperVBA sangat bangga bisa menjadi bagian dari ceritamu hari ini.

Show Disqus Comment Hide comment

Disqus Comments

We are very glad that you are here

About Cookies:This website use cookies to ensure you get the best experiences i our website.