Menarik! Inilah cara memahami materi IPA SD tentang jaring-jaring makanan, keanekaragaman hayati, dan adaptasi hewan melalui permainan

mimikri pada bunglon
Permainan merupakan salah satu kegiatan apersepsi pada proses kegiatan belajar mengajar. Selain permainan, bentuk apersepsi kegiatan mengajar adalah menyanyi, bercerita, pojok baca, dan bermain yel-yel. Aplikasi permainan bisa dilakukan pada semua mata pelajaran termasuk IPA atau Sains.

Materi IPA SD : Jaring-jaring Makanan

Jaring-jaring makanan adalah kumpulan dari beberapa rantai makanan. Sedangkan rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan antar mahluk hidup Dalam suatu rantai makanan, setiap mahluk hidup memiliki peranan masing-masing. Misalkan terdapat rantai makanan di sawah seperti berikut.

Padi --> tikus --> ular --> elang -->bakteri

Pada rantai makanan di atas, padi berperan sebagai produsen karena menghasilkan makanan untuk mahluk hidup yang lain. Tikus sebagai konsumen 1, Ular sebagai konsumen 2, dan elang sebagai konsumen 3. Sedangkan bakteri berperan sebagai pengurai. Adapun contoh jaring-jaring makanan sebagai berikut.

Padi --> tikus --> ular --> elang --> bakteri
Padi --> belalang --> katak --> ular --> elang --> bakteri

Materi IPA SD : Adaptasi Hewan

Adaptasi hewan adalah penyesuaian diri hewan terhadap lingkungannya. Adapun tujuannya adalah untuk menjaga kelestariannya agar tidak punah. Adaptasi hewan contohnya pada bunglon. Adaptasi pada bunglon disebut mimikri. Mimikri adalah kemampuan bunglon untuk menyesuaikan warna tubuhnya sesuai warna tempat yang didiami. Dengan kemampuan mimikri ini bunglon dapat menghindari musuhnya serta bisa lebih mudah menangkap mangsanya.


Baca jugaMenarik ! buku 3D (popup book) materi IPA SD tentang Daur Air


Inilah cara memahami materi IPA SD tentang jaring-jaring makanan dan adaptasi hewan melalui permainan


Untuk memudahkan pemahaman materi IPA tentang jaring-jaring makanan, rantai makanan, keanekaragaman hayati, dan adaptasi hewan maka bisa dilakukan melalui permainan. Nah berikut beberapa permainan yang bisa diterapkan pada pembelajaran IPA SD.

Permainan 1 : Mimikri

Alat
Botol plastik bekas, jarum dan lilin untuk melubangi botol

Deskripsi permainan
1.  Buatlah rute perjalanan sederhana yang melewati  pohon dan semak.
2.  Letakkan  potongan  benang  wool  yang  ada  pada  ranting  pohon  atau  semak.  Sesuaikan  warnapotongan  dengan  warna  ranting  pohon  dan  semak  agar  potongan  benang  wool  lebih  sulit dilihat.
3.  Bagi peserta didik menjadi beberapa kelompok dan beri nama menjadi beberapa nama burung
(kutilang, pipit, prenjak,beo)
4.  Setiap kelompok burung berjalan melewati rute yang ada untuk mencatat jumlah benang wool
yang terlihat. Setiap kelompok tidak diperkenankan memindahkan potongan benang wool yang
ada.
5.  Bandingkan  kemampuan  dari  setiap  kelompok  dalam  menemukan  benang-benang  wool  yang
tersembunyi. Warna-warna mana saja yang paling mudah terlihat dibandingkan dengan lainnya.
Kelompok mana yang paling banyak menemukan benang wool dan bagaimana strategimereka untuk menemukannya.
6.  Jika areal bermain cukup luas buatlah beberapa rute perjalanan yang berbeda sehingga setiap
grup memliliki rute yang berbeda.


Permainan 2: Jaring-Jaring Makanan

Alat
Satu gulung tali, stiker 10x10cm

Deskripsi permainan
Bagilah  para  peserta  menjadi  tiga  unsur  utama  jaring-jaring  makanan  yang  ada  di  kebun  kelapa sawit  contoh:  matahari,  pohon  kelapa  sawit,  ular  sanca,  rumput,  tikus,  elang,  kucing  hutan, manusia, bakteri pengurai dan lain-lain. Permainan ini dapat dimulai dengan menanyakan darimanasemua energi yang ada di bumi ini berasal. Tentu, salah satu jawaban adalah matahari. Kemudianjelaskan bahwa tali mewakili sebagai sumber energi yang berasal dari matahari dan mintalah pesertayang  berperan  sebagai  matahari  untuk  memeganngya.  Kemudian  hubungkan  matahari  dengantumbuhan  dan  seterusnya.  Buatlah  hubungan  yang  ada  menjadi  lengkap  dan  cukup  rumit.  Jikasemuanya tersusun dengan baik lemparlah sebuah bola ke tengah jaring dan jelaskan bola mewakilibumi yang ditopang oleh jaring-jaring makanan. Selanjutnya lakukan simulasi jika salah satu anggotapenyusun  jaring-jaring  makanan  hilang,  apa  yang  terjadi  terhadap  bola  yang  ada  di  tengah  jaringjaring  makanan?  Bagaimana  jika  rumput-rumput  tercemar  dan  mati?  Apa  yang  terjadi  jika  hewanpemangsa seperti kucing hutan hilang dari ekosistem?


Baca jugaMengenali jenis sampah melalui permainan dan praktek membuat mini komposter

Permainan 3 : Serangga dan Kelelawar

Alat
Kain hitam untuk menutup mata

Jumlah pemain : minimal 4 orang

Deskripsi permainan
Permainan serangga dan kelelawar  serupa dengan pemainan kucing-kucingan. Satu orang berperan
sebagai kelelawar dan sisanya  berperan sebagai serangga.  Peserta yang berperan sebagi kelelawar
ditutup  matanya.  Atur  posisi  serangga  berada  di  sekitar  kelelawar.  Kelelawar  harus  mengeluarkanbunyi  kelelawar  dan  serangga  harus  mengeluarkan  bunyi  serangga.  Setiap  selesai  mengeluarkansuara baik kelelawar maupun serangga boleh bergerak satu langkah. Kelelawar harus menemukanserangga  dengan  cara  mengenali  posisi  serangga  dari  suara  yang  dikeluarkan.  Peserta  dapatbergantian berganti peran menjadi serangga dan kelelawar.

Permainan 4 : Kursi Habitat

Alat
Kursi dengan jumlah sama dengan peserta, pemutar musik

Jumlah pemain : >10 orang

Deskripsi permainan
1.  Beri setiap anak label hewan, setiap hewan idealnya terdapat dua jenis kelamin yaitu jantan dan
betina.
2.  sediakan  kursi  dengan  jumlah  yang  sama  dengan  jumlah  peserta  didik,  beri  label  setiap  kursi dengan  nama  habitat  (misal  sungai,  hutan  rawa,  padang  savana  dll).  Atur  kursi  memanjang saling membelakangi membentuk empat persegi panjang menghadap peserta didik.
3.  Sambil mendengarkan musik yang diputar, mintalah peserta untuk berjalan mengelilingi kursi ,
kemudian mintalah para peserta  untuk duduk dan memilih kursi yang sesuai dengan keinginan
mereka.
4.  Jelaskan  kepada  peserta  bahwa   jumlah  kursi  mewakili  jumlah  habitat  yang  dibutuhkan  oleh para peserta
5.  Lanjutkan  permainan  dengan  mengurangi  jumlah  kursi  .  Berkurangnya  jumlah  kursi  mewakili
berkurangnya  habitat  akibat  pembuatan  jalan  yang  mengakibatkan  hutan  menjadi  terpotong.
Mintalah para peserta untuk  kembali    mengelilingi kursi yang tersedia mengikuti irama musik
yang diputa
6.  Setiap  kali  musik  dimatikan  mintalah  peserta  untuk  duduk  di  kursi  yang  tersedia.  Jika  ada
peserta (hewan) yang tidak memperoleh kursi maka pasangannya harus keluar dari permainan.
Hal  ini  menjelaskan  bahwa  di  dalam  sebuah  habitat  kehadiran  pasangan  sangat  diperlukan
untuk  kelanjutan  hidup  suatu  spesies  hewan.    Begitu  pula  jika  salah  satu  pasangan  hewan
duduk  di  barisan  yang  berbeda,  maka  peserta  harus  keluar  dari  permainan.  Agar  dapat
melanjutkan kehidupannya pasangan hewan harus berada pada satu habitat yang sama
7.  Lanjutkan permainan    dengan mengurangi jumlah kursi sebagai simulasi berkurangnya habitat
akibat penebangan hutan.
8.  Setiap kali permainan berhenti diskusikan jumlah kehilangan hewan (keanekaragaman hayati)
yang terjadi


Baca jugaSoal ujian sekolah kelas 6 SD materi IPA tahun 2017 [bagian 1]

Permainan 5 : Warna-Warni Alam

Alat
Kertas karton berukuran 10x15cm, double isolatif

Deskripsi permainan
Buatlah  palet  lukis  yang  terbuat  dari  kertas  karton  yang  telah  dipasangi   isolatif  ganda  agar  para peserta dapat menempalkan obyek yang ada di kertas tersebut. Jumlah palet harus sesuai dengan
jumlah  peserta.  Mintalah  para  peserta  untuk  mengumpulkan  tumbuhan  baik  yang  mati  maupun yang  hidup  dan  menempelkannya  di  palet.  Mereka  boleh  membentuk  setiap  obyek  yang  mereka tempelkan  menjadi  bentuk  atau  gambar  yang  mereka  senangi.  Diakhir   permainan  jelaskan mengenai   bentuk keanekaragaman hayati yang ada di sekeliling mereka terutama keanekaragaman tumbuhan.  Selain  itu  dapat  juga  dijelaskan  manfaat  kehati  bagi  manusia.    Jika  kualitas  gambar  di dalam  palet  cukup  baik,  palet  dapat  di  tempel  di  majalah  dinding  sekolah  atau  digantung  sebagai hiasan kelas.

Permainan bisa menjadi salah satu variasi strategi pembelajaran. Dengan metode permainan selain menyenangkan juga dapat meningkatkan pemahaman siswa menjadi lebih baik serta menambah daya ingat siswa terhadap materi pelajaran.

Begitulah informasi tentang cara memahami materi IPA SD tentang jaring-jaring makanan, keanekaragaman hayati, dan adaptasi hewan melalui permainan. Bila ada kekurangan, mohon simpan di kolom komentar. Semoga informasi ini bermanfaat. Ikuti informasi/artikel terbaru melalui fanspage facebook kami di Supervba.
Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama