Cara agar blog muncul di Google dengan Webmaster Google [terindeks]

Hai..Selamat menjelajah di Supervba. Jangan lupa subscribe/berlangganan, terima kasih.

×

Cara agar blog muncul di Google dengan Webmaster Google [terindeks]

Google Search (mesin pencari Google) merupakan alat pencari informasi dari Google. Google Search akan mencari semua informasi yang terkait dengan kata kunci /keywords yang dimasukkan pengguna pada mesin pencari. Google akan menampilkan 10 situs pada tiap halaman yang memuat kata kunci yang dicari. halaman pertama Google memuat 10 situs dengan kata kunci yang paling mendekati dan memiliki rating paling baik di mata Google. Disusul dengan situs-situs lainnya pada halaman berikutnya.

Jika anda baru saja membuat situs/blog dan kemudian menerbitkan beberapa artikel, maka ketahuilah bahwa situs/blog tersebut hanya memuat artikel yang hanya bisa dibaca oleh si empunya blog. Ini karena Google Search belum bekerja untuk merayapi artikel-artikel yang sudah anda terbitkan di situs/blog anda. Sehingga artikel blog anda tidak akan muncul di halaman Google apalagi halaman pertama Google.

Google sudah menyiapkan alat berupa Webmaster Google untuk membantu para pengelola situs/blog. Dengan menggunakan webmaster Google, situs/blog dan artikel yang sudah kita terbitkan akan mudah ditemukan oleh Google. Sehingga pembaca/pengguna Google bisa menemukan situs dan artikel kita. Jadi, agar blog muncul di Google atau biasa disebut terindeks adalah dengan mendaftarkan situs kita di webmaster Google.

Jika kita baru saja membuat blog, sebaiknya kita langsung daftarkan situs/blog kita di Webmaster Google. Supaya setiap artikel yang kita terbitkan bisa segera terindeks Google.


Baca  juga11 keyword rahasia Google yang belum ditahu banyak orang


Cara agar blog muncul di Google [terindeks] dengan Webmaster Google

cara agar blog muncul di google dengan webmaster google

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Proses pertama adalah daftar di Webmaster Google. Buka halaman Webmaster Google. Pada halaman Home Webmaster Google, klik Opsi Tambahkan Properti. Masukkan alamat url situs/blog. Pastikan opsi Situs Web sudah terpilih. masukkan alamat url lengkap dengan http:// atau https://. Misalnya http://www.supervba.com/. Kemudian klik Opsi Tambah.


2. Proses selanjutnya adalah verifikasi kepemilikan situs web. Ada 2 tab menu : metode yang disarankan dan metode alternatif. Admin lebih suka menggunakan metode alternatif. Klik tab metode alternatif, klik opsi Tag HTML. Salin/Copy meta tag HTML yang diberikan.



3. Buka halaman dashbor Blogger, klik opsi tema kemudian klik opsi Edit HTML. Tempel (Paste) meta tag yang diberikan Webmaster Goole setelah kode <head> dan sebelum kode <body> yang pertama. Admin biasanya letakkan persis di bawah kode <head>. Jika sudah selesai klik opsi Simpan Tema.



Baca jugaInilah Game internet yang bisa dimainkan saat jaringan internet offline, lambat atau putus


4. Kembali ke halaman Webmaster Google, setelah tadi kita klik Opsi Simpan Tema pada Dashbord Blogger, klik opsi Verifikasi. Jika berhasil akan muncul pesan "Selamat anda telah berhasil meverifikasi kepemilikan situs anda". Kemudian klik lanjutkan pada halaman ini.


5. Berikutnya kita akan masuk di halaman dashbord webmaster Google.  Pada halaman ini kita akan melakukan proses pengiriman Peta Situs. Untuk itu, pada bilah kiri, klik opsi  Perayapan, kemudian klik opsi peta situs. Pada tombol berwarna merah sebelah kanan, klik tombol tambahkan/uji peta situs. Banyak cara untuk menambahkan peta situs dan salah satunya menggunakan feeds/posts/default. tambahkan kalimat feeds/posts/default pada bidang isian kemudian klik opsi Kirim.


Setelah peta situs dikirim, pada halaman akan terlihat status terindeks masih tertunda. Butuh waktu bagi mesin perayap Google untuk merayapi URL situs dan artikel blog kita. Jadi, kita tunggu saja hingga statusnya sudah tidak tertunda lagi.


Baca jugaCara tepat memasang Artikel Terkait dalam postingan blog untuk meningkatkan pengunjung blog


6. Proses berikutnya adalah Submit URL. Untuk melakukan sekarang silahkan Submit URL anda. Pada bidang URL, isikan dengan URL artikel. Kemudian klik opsi "Saya bukan robot" pada bagian CAPTCHA. Kemudian klik tombol Kirim permintaan. Jika berhasil ada pesan "Permintaan anda telah diterima dan akan segera diproses".


Jika kita mempunyai 5 artikel baru maka kita harus melakukan proses ini sebanyak 5 kali. Setiap kali kita menerbitkan artikel baru, kita hanya tinggal melakukan proses Submit URL saja. Ini berguna supaya artikel kita mudah dirayapi oleh mesin pencari Google.

Akhirnya semua proses agar blog muncul di Google sudah selesai. Adapun tahapannya secara umum adalah:

  • daftar di webmaster google.
  • tambahkan situs di webmaster google
  • kirim peta situs di webmaster google
  • Submit URL artikel di webmaster Google.

Selain Mesin pencari Google, masih ada mesin pencari lainnya seperti Yahoo/Bing milik Microsoft, dan lainnya. Admin akan bahas pada kesempatan berikutnya cara daftar di mesin pencari Yahoo/Bing.

Begitulah informasi tentang cara agar blog muncul di Google [terindeks] dengan webmaster Google. Bila ada kekurangan, mohon simpan di kolom komentar. Semoga informasi ini bermanfaat. Ikuti informasi/artikel terbaru melalui fanspage facebook kami di Supervba.

Share this:

Reaksi:
Related Posts

Mr. VBA(id)

Author & Editor

Terima kasih telah membaca artikel kami. Masih banyak artikel menarik lainnya. Selamat menjelajah di SuperVBA.

Show Disqus Comment Hide comment

Disqus Comments

We are very glad that you are here

This Website use Cookie to ensure you get best experience.