Penggunaan menu Action untuk memberikan Hyperlink pada slide menggunakan gambar dan Shape di Microsoft Powerpoint

Penggunaan menu Action untuk memberikan Hyperlink pada slide menggunakan gambar dan Shape di Microsoft Powerpoint

Pada Microsoft Powerpoint terdapat Menu Action. Menu Action ada di dalam grup Menu Insert bersama dengan menu Hyperlink. Sekalipun bersama dengan menu Hyperlink, menu Action juga dapat digunakan memberikan Hyperlink. Admin lebih suka menggunakan Menu Action daripada menu Hyperlink. Nah dengan Menu Action ini, salah satunya dapat digunakan memberikan Hyperlink. Selain Hyperlink, fungsi menu Action sangat banyak seperti membuka program/aplikasi (Run Program), menjalankan macro (Run Macro) untuk VBA Powerpoint, Object Action, dan lain sebagainya.

Pada menu Action ada dua Tab menu : Mouse Click dan Mouse Over. Perbedaan dari kedua tab ini adalah pada mouse click, fungsi action terjadi setelah objek dipilih/klik sedangkan pada mouse over, fungsi action terjadi saat objek disorot. Kedua tab menu ini memiliki fungsi action yang sama (hyperlink, run program, run macro, dan object Action).

Saat kita menjalankan salah satu fungsi baik hyperlink, run program, run macro, dan object Action, kita dapat menambahkan efek suara/musik (Play Sound). Efek suara/musik ini dapat dipilih dari daftar suara/musik yang ada maupun dari file suara/musik yang sudah kita tambahkan di slide Powerpoint.

Pengertian Hyperlink menurut aplikasi microsoft Powerpoint ini adalah link atau tautan ke suatu halaman situs, gambar, alamat email atau sebuah program. Hyperlink yang umum/default di Powerpoint contohnya saat kita menggunakan tombol navigasi kanan-kiri di Keyboard komputer. Tombol navigasi kanan kita gunakan untuk berpindah ke slide berikutnya. Sedangkan tombol navigasi kiri digunakan untuk berpindah ke slide sebelumnya.

Hyperlink perpindahan slide dalam microsoft Powerpoint seperti ini (fungsi next dan previous) sangat mudah dibuat bahkan menggunakan Microsoft Visual Basic (VBA) Powerpoint. Fungsi ini sudah ada di menu Action. Dengan menggunakan menu Action kita akan memberikan hyperlink dari satu slide ke slide lainnya menggunakan gambar sebagai tombol.


Cara menggunakan menu Action untuk memberikan Hyperlink slide menggunakan gambar dan Shape di Microsoft Powerpoint

Adapun penggunaan menu Action untuk memberikan Hyperlink pada slide menggunakan gambar dan Shape di Microsoft Powerpoint dengan cara sebagai berikut.

1. Masukkan gambar ke Slide Powerpoint. Gambar bisa berupa JPG, PNG, dan lainnya. Ada beberapa cara:
(a) drag & drop : Temukan gambar pada komputer, klik dan tahan kemudian seret ke aplikasi microsoft powerpoint.
(b) Copy-Paste : Salin/copy file gambar kemudian paste di salah satu slide microsoft powerpoint yang diinginkan.
(c) Menu insert : Buka tab Insert kemudian klik Picture. Temukan file gambar di komputer, kemudian klik insert untuk menambahkan gambar itu.

Jika gambar sudah ditambahkan, atur ukuran dan posisi gambar sesuai kebutuhan.


2. Tambahkan Shape ke slide Powerpoint.
Buka tab Insert kemudian  Klik pada opsi Shapes. Pilih bentuk Shapes yang ingin digunakan. Gambarlah shapes tersebut pada slide.


3. Untuk mulai menambahkan Hyperlink, buka tab menu Insert. Perhatikan grup menu Links. Klik pada menu Action. Terbukalah jendela menu Action. Ada 2 tab : Tab mouse click dan mouse over. Pada tab mouse click, klik pada Hyperlink to. Kemudian pilihlah slide. Pilih slide yang mana yang diinginkan tertaut.


4. Selanjutnya kita bisa mengatur sound untuk tab mouse click. Klik pada salah satu file sound yang ingin digunakan saat mouse melakukan klik pada gambar/shapes.


5. Selanjutnya buka tab Mouse Over. Klik pada Highlight when mouse over untuk memberi efek/animasi bergerak pada gambar/shapes saat disorot.


6. Setup Slideshow. Opsi setup slideshow ini bisa diterapkan jika kita sudah membuat beberapa tombol utama seperti tombol untuk previous slide, next slide, dan End show. Dimana setiap tombol tersebut bisa dibuat menggunakan gambar/shapes. Tombol end show sangat penting karena berguna untuk mengakhiri slideshow.

Untuk setup slideshow, buka menu Slideshow, Klik pada Setup Slide Show. Kemudian Klik opsi Browsed at a kiosk (full screen). Fungsi ini akan menonaktifkan tombol navigasi (kanan-kiri-atas-bawah) pada keyboard komputer. Kita benar-benar hanya menggunakan tombol navigasi yang sudah kita buat sendiri di slide.


Jika semua langkah di atas sudah selesai, coba lakukan slideshow untuk melihat hasilnya. Jika ada kesulitan dalam menerapkan langkah-langkah di atas, silahkan tinggalkan komentar anda. File latihan di atas bisa diunduh pada link di bawah.
Begitulah informasi tentang penggunaan menu Action untuk memberikan Hyperlink pada slide menggunakan gambar dan Shape di Powerpoint. Bila ada kekurangan, mohon simpan di kolom komentar. Semoga informasi ini bermanfaat. Ikuti informasi/artikel terbaru melalui fanspage facebook kami di Supervba.

Hai..Terima kasih sudah membaca artikel Supervba. Masih banyak artikel menarik lainnya. Selamat menjelajah di Supervba. Jangan lupa subscribe/berlangganan, terima kasih.

×

Share this:

Reaksi:
Related Posts

Mr. VBA(id)

Author & Editor

Terima kasih sudah berkunjung. SuperVBA sangat bangga bisa menjadi bagian dari ceritamu hari ini.

Show Disqus Comment Hide comment

Disqus Comments

We are very glad that you are here

About Cookies:This website use cookies to ensure you get the best experiences i our website.