Kupu-Kupu Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan

Kupu-Kupu Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan

Kupu-kupu adalah mahluk Tuhan Yang sangat indah. Mulai dari bentuk dan organ tubuhnya serta warna-warni sayapnya. Hampir semua orang suka dengan hewan ini.

Gambar : http://bobo.grid.id

Hal lain yang menarik, ternyata kupu-kupu menyimpan rahasia lain. Bahwa bentuk tubuh kupu-kupu bisa kita abstrakkan sehingga bisa digunakan dalam pembelajaran di kelas, khususnya dalam belajar Matematika dengan materi tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan.

Seperti bilangan lainnya, operasi pada pecahan juga sama : perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan juga ada. Terkait tentang operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, biasanya dikerjakan dengan penyamaan penyebut (jika penyebut berbeda) dengan memasang KPK dari penyebut kedua pecahan. Namun, cara ini kurang efisien dalam penulisan dan butuh pemahaman bahasa Matematika yang baik.

Selain dengan cara di atas, ada trik menarik yang bisa digunakan yakni menggunakan kupu-kupu pecahan hanya untuk menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Cara ini jauh lebih menarik karena selain efektif juga dapat dipadukan dengan penggunaan warna-warna pada hasil kupu-kupu pecahan yang terbentuk.

Perlu diingat bahwa cara ini hanya alternatif. Setiap anak punya cara masing-masing dalam menjawab soal pecahan. pada akhirnya, setiap anak diberi kebebasan untuk menggunakan cara mana yang akan digunakan asalkan jawabannya benar.

Baik, berikut ini cara melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan kupu-kupu pecahan. Perhatikan uraian berikut ya!
Gambar: www.moveitmaththesource.com

Video cara melakukan penjumlahan pecahan dengan metode kupu-kupu. Simak ya!


Video cara melakukan pengurangan pecahan dengan metode kupu-kupu. Simak ya!



Prasyarat awal yang sebaiknya dikuasai anak sebelum teknik di atas digunakan adalah anak bisa menyederhanakan pecahan. Menyederhanakan pecahan adalah membagi pembilang dan penyebut dengan FPB-nya sehingga diperoleh bentuk yang lebih sederhana. Bagaimana, bukankah tehnik di atas cukup menarik bukan?

Sebagai bahan latihan, kalian dapat mencoba menerapkan teknik di atas pada soal-soal berikut.

Gambar : www.education.com

Semoga apa yang kami sampaikan di atas bermanfaat. Silahkan share pada teman-teman. Ikuti informasi/artikel terbaru blog kami melalui fanspage facebook kami di Supervba.

Hai..Terima kasih sudah membaca artikel Supervba. Masih banyak artikel menarik lainnya. Selamat menjelajah di Supervba. Jangan lupa subscribe/berlangganan, terima kasih.

×

Share this:

Reaksi:
Related Posts

Mr. VBA(id)

Author & Editor

Terima kasih sudah berkunjung. SuperVBA sangat bangga bisa menjadi bagian dari ceritamu hari ini.

Show Disqus Comment Hide comment

Disqus Comments

We are very glad that you are here

About Cookies:This website use cookies to ensure you get the best experiences i our website.