Seni Menghitung Soal Operasi Hitung Campuran

Operasi hitung campuran berarti melakukan perhitungan pada soal Matematika yang mengandung lebih dari 1 (satu) jenis operasi hitung. Misalnya, dalam sebuah soal matematika ada operasi hitung penjumlahan dan pengurangan, penjumlahan dan perkalian, dan lain sebagainya.

Gambar : https://duniamatematika.com

Sebagaimana diketahui, jenis-jenis operasi hitung pada matematika terdiri dari operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian sebagai dasar operasi hitung lainnya. Selain itu adapula tanda kurung “( )” yang mengharuskan operasi hitung di dalamnya untuk dikerjakan terlebih dahulu sebelum operasi hitung lainnya.

Pada teknik menghitung operasi hitung campuran kali ini, kita akan memerlukan alat pewarna salah satunya berupa spidol warna. Dengan teknik ini diharapkan anak-anak didik dapat menggunakan otak kanan dan otak kirinya secara bersamaan selama pembelajaran Matematika.

Sebelum menerapkan teknik menghitung operasi hitung campuran ini, anak didik perlu memahami urutan pengerjaannya. Beberapa kesepakatan pada operasi perhitungan campuran:
1. Operasi perkalian dan pembagian lebih kuat daripada operasi penjumlahan dan pengurangan.
 2. Operasi perkalian dan pembagian sama kuat. Apabila perkalian dan pembagian muncul secara bersama-sama, maka urutan operasinya dari sebelah kiri, yaitu yang muncul di sebelah kiri harus dioperasikan terlebih dahulu.
3. Operasi penjumlahan dan pengurangan sama kuat. Apabila penjumlahan dan pengurangan muncul secara bersama-sama, maka urutan operasinya dari sebelah kiri, yaitu yang muncul di sebelah kiri harus dioperasikan terlebih dahulu.
4. Jika dalam operasi terdapat tanda kurung “( )” maka dikerjakan terlebih dahulu.

Untuk lebih jelas, silahkan perhatikan contoh pada gambar berikut ini ya.



Begitulah trik pembelajaran Matematika kali ini. Semoga apa yang kami sampaikan di atas bermanfaat. Silahkan share pada teman-teman. Ikuti informasi/artikel terbaru blog kami melalui fanspage facebook kami di Supervba.

No comments: