Menghapal Perkalian Dasar dengan Sistem Jadwal

operasi hitung perkalian
Operasi Hitung Perkalian
Belajar Matematika di SD kalau tidak hapal perkalian dasar itu sungguh menyusahkan. Bukan hanya bagi anak itu sendiri tapi juga bagi guru yang mengajar. Perkalian dasar yang dimaksud adalah perkalian dari 1 sampai dengan 10.

Perkalian dasar wajib dihapal oleh siswa SD. Kira-kira saat naik kelas ke kelas 4 mereka sudah hapal perkalian dasar di luar kepala. Sayangnya, bahkan hingga duduk di kelas 6 pun masih ada yang belum hapal perkalian dasar.

Ya, ini tentang kegiatan menghapal atau mengingat. Bukan kegiatan menulis dan berhitung. Untuk itu dibutuhkan motivasi dari anak itu sendiri, bukan sekedar perintah yang hanya akan menghambat memori hapalan mereka agar tersimpan lebih lama.

Motivasi belajar adalah modal awal anak untuk bisa hapal perkalian dasar. Berdasarkan pengalaman kami, salah satu cara adalah menerapkan sistem jadwal. Sistem jadwal yang akan kami jelaskan di sini terkait pembelajaran di kelas.

Bagaimana penerapan sistem jadwal dalam menghapal perkalian dasar (1 s/d 10) di kelas khususnya di jenjang SD?. Berikut cara yang bisa dilakukan jika memiliki 20 anak dalam satu kelas, selebihnya bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

1. Pelabelan Anak
Kegiatan awal dari sistem ini adalah setiap anak diberi label dengan nomor 1 s/d 10. Proses ini bisa dilakukan dengan kegiatan berhitung. Misalnya, jika di sebuah kelas terdapat 20 anak, maka terbentuk 2 kelompok label dengan nomor 1 s/d 10.

2. Instruksi
Jika sistem ini sudah siap untuk dijalankan maka sudah bisa ditetapkan bahwa mulai saat ini akan dianggap sebagai minggu pertama. sehingga, untuk minggu pertama, berdasarkan nomor yang sudah ada, maka anak dengan nomor 1 akan menghapal perkalian 1. kemudian anak dengan nomor 2 akan menghapal perkalian 2, begitu seterusnya hingga anak dengan nomor 10 akan menghapal perkalian 10.
Dengan ini, pada setiap minggu akan ada beberapa anak yang menghapal perkalian dasar setiap harinya. Ya, hanya anak yang memiliki jadwal menghapal saja. Skema lebih lengkap dapat dilihat pada format file excel yang sudah dilampirkan di bagian akhir postingan ini.

3. Hukuman
Bagaimana jika ada anak yang tidak hapal padahal ada jadwalnya?. Dari kami, hukuman untuk anak ini disesuaikan dengan jenis perkaliannya. Jika dia tidak hapal perkalian 4 maka dia harus menulis perkalian 4 di buku tulisnya sebanyak 4 rangkap jika dikerjakan langsung di kelas. Tapi jika dikerjakan di rumah maka dilipatgandakan sebanyak 8 rangkap. Begitupula untuk perkalian lainnya. Silahkan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

4. Penjadwalan Kembali pada tiap minggu
Sistem jadwal ini bagi sebagian kita (guru) agak merepotkan, nah kembali ke diri masing-masing untuk pelaksanaannya. Mengapa?. Ini karena setiap minggu kita harus mengatur (mengingat) jadwal setiap anak. Anak yang pada minggu pertama menghapal perkalian 1 maka pada minggu kedua dia akan menghapal perkalian 2, pada minggu ketiga hapalan perkalian 3 dan seterusnya. Begitu juga untuk anak dengan perkalian lainnya. Supaya lebih jelas bisa memperhatikan cuplikan skemanya pada gambar di bawah.


5. Masalah & Kendala
Bagaimana jika ada anak yang tidak masuk kelas?. Anak yang tidak masuk kelas akan menghapal perkalian sesuai jadwalnya pada saat dia masuk, kapanpun itu. Tanpa harus menunggu jadwalnya lagi. Selebihnya silahkan tinggalkan komentar di bawah postingan ini jika ada yang kurang jelas mengenai pelaksanaannya supaya kita bisa diskusikan.

6. Konsistensi
Konsistensi mutlak diperlukan supaya sistem ini bisa berjalan dengan baik. Ini karena kegiatan penjadwalan harus dilakukan setiap minggu. Kelebihan dari sistem ini salah satunya bisa meningkatkan motivasi anak untuk menghapal perkalian.

Berikut saya sudah sediakan file format jadwalnya buat agan-agan semua. Silahkan disedot aja langsung ya biar tambah jelas....


Nah begitulah postingan kali ini, semoga bermanfaat. Silahkan ikuti informasi perkembangan blog kami melalui fanspage facebook kami di Supervba.

1 comment:

  1. Thank you so much for sharing, your blog had a good info about power points, keep sharing.



    powerpoint tutorials

    ReplyDelete