Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

4 Jurusan Kuliah Paling Banyak Dibutuhkan Dan Gaji Besar

Jurusan Kuliah Paling Banyak Dibutuhkan Dan Gaji Besar

Daftar Isi
Di bawah ini artikel
Bagi calon mahasiswa baru, salah satu fase paling dilematis yang harus dilewati adalah menentukan jurusan. Dewasa ini, harus dipikirkan dengan penuh pertimbangan. Sebuah jurusan idealnya sesuai dengan minat dan bakat, dilanjutkan dengan pertimbangan biaya yang dibutuhkan dan yang paling penting melihat apakah sebuah jurusan memang prospektif dalam dunia kerja atau tidak.

Memang tak dapat dipungkiri, pertimbangan terbesar calon mahasiswa dalam menentukan study kuliah salah satunya adalah berdasarkan peluang pekerjaannya. Mengingat waktu yang dibutuhkan untuk kuliah tidak bisa dikatakan singkat, dan biaya yang diperlukan bisa sangat mahal. Ada harapan dengan memiliki jurusan menjanjikan, ketika lulus mahasiswa bisa mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi.

4 Jurusan Kuliah Paling Banyak Dibutuhkan Dan Gaji Besar

Ada beberapa jurusan kuliah yang menjanjikan di tahun 2022 ini, mau tahu rekomendasinya ? Silakan simak artikel berikut ini:

Jurusan Arsitektur

Salah satu jurusan dalam rumpun saintek bisa jadi alternatif untuk dipilih. Jurusan Arsitektur setiap tahunnya memiliki banyak peminat. Hal ini bukan tanpa alasan, arsitektur merupakan Jurusan yang menjanjikan dengan peluang gaji di atas rata-rata. Yang dipelajari dalam jurusan ini adalah tentang ilmu rancang bangunan. Bedanya dengan teknik sipil, arsitektur lebih berfokus pada sketsanya, sementara teknik sipil fokus pada penerapan.

Bagi anda yang memiliki ketertarikan pada dunia gambar, matematika dan bangunan cocok memilih jurusan ini. Lulusan arsitektur bisa bekerja sebagai arsitek, konsultan bangunan, dan kontraktor. Mengingat pertumbuhan properti di Indonesia semakin tinggi, maka jurusan arsitektur layak dimasukkan dalam list jurusan prospektif tahun 2022.

Jurusan Teknik Informatika

Di era serba digital ini, kebutuhan akan ahli informatika terbilang tinggi. Apalagi pada masa pandemi ini pekerjaan-pekerjaan yang berbau IT sangatlah banyak. Jurusan Teknik Informatika bisa jadi pilihan anda saat kuliah. Dengan pertimbangan bila anda menyukai segala hal tentang komputer, bahasa pemrograman dan memiliki logika yang bagus.

Teknik Informatika merupakan Jurusan dalam rumpun " Eksakta" dan besar pembelajaran yang dibahas adalah tentang analisa, pengembangan dan pembuatan software . Seorang mahasiswa IT juga dikenalkan dengan bahasa pemrograman yang meliputi PHP, Java, Phyton, Ruby dan sebagainya.

Lulusan IT bisa bekerja sebagai programmer di Start Up, Konsultan Informatika di Instansi Pemerintah dan sebagainya. Untuk peluang gajinya bisa mencapai 30 Juta Perbulan.

Jurusan Ilmu Komunikasi

Setelah membahas tentang jurusan yang berada di rumpun eksakta, kali ini akan dibahas jurusan prospektif dari rumpun sosial, salah satunya adalah jurusan ilmu komunikasi. Secara definisi, Ilmu Komunikasi menjelaskan bagaimana caranya komunikator menyampaikan pesannya kepada komunikasi dengan berbagai media yang ada. Seperti tulisan, gambar dan video.

Jurusan komunikasi sangat pas dipilih bila anda memiliki karakter suka berbicara dengan banyak orang dan senang mengikuti trend. Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari jurusan ini mulai dari jurnalistik, broadcasting, desain grafis dan public relations.

Ilmu komunikasi terbilang prospektif karena mampu beradaptasi dari masa ke masa. Lulusannya fleksibel bisa bekerja di berbagai bidang. Menjadi videografer, wartawan, MC hingga Humas Di Berbagai Instansi, bagaimana apakah anda tertarik masuk jurusan ini.

Jurusan Manajemen Bisnis

Bagi anda yang berjiwa entrepreneur, menyukai sesuatu tentang usaha dan problematikanya, ada sebuah Jurusan yang bisa menampung keinginan anda yaitu jurusan manajemen bisnis. Termasuk dalam fakultas ekonomi, jelaslah pembelajaran dalam jurusan ini tidak jauh bahasanya soal ekonomi. Seperti sistem keuangan, akuntansi, analisa bisnis, administrasi dan statistika. Harapannya,. mahasiswa memiliki bekal yang cukup dalam menghadapi problematika usaha.

Manajemen bisnis menjanjikan peluang yang lebar, anda bisa memilih karier sebagai karyawan di perusahaan-perusahaan atau memutuskan usaha sendiri. Karena keterampilan saat berkuliah di jurusan ini, bisa diaplikasikan dalam berbagai media. Di Indonesia sendiri ada banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan manajemen bisnis, mulai dari Universitas Indonesia, ITB, Undip, UNPAD dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Memilih jurusan kuliah memang berpengaruh masa depan, jadi tidak boleh sembarangan. Ada beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan mulai dari minat bakat, biaya dan prospek jurusan. Jurusan dengan prospek tinggi, tentu punya peluang besar untuk di terima lapangan kerja.

Sumber Gambar Utama : suneducation.com

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Arya WB
Dipublikasikan oleh : Arya WB
Share :

Belum ada komentar untuk "4 Jurusan Kuliah Paling Banyak Dibutuhkan Dan Gaji Besar"