Tua Tidak Berarti Dewasa, Ini Ciri-ciri Kedewasaan Seseorang

Ini Ciri-ciri Kedewasaan Seseorang

Tua tidak berarti dewasa, ini ciri-ciri kedewasaan seseorang. Pernah mendengar istilah bahwa usia bukanlah tolok ukur dari kedewasaan seseorang? Benar sekali!

Dewasa lebih tepatnya adalah sebuah sikap dari kematangan seseorang baik itu secara fisik, psikis, rohani, dan sebagainya. Karena itulah, untuk mencapai kedewasaan tidak dibutuhkan tingkatan usia.

Kadang, ada orang yang dari usianya sudah matang, namun sikapnya belum dewasa. Sebaliknya, ada juga yang masih muda usianya, tapi kedewasaannya sudah demikian kentara.


Ciri-ciri Kedewasaan Seseorang

Nah, kalau kamu mau menilik sedewasa apakah dirimu, yuk tengok dulu ciri-ciri kedewasaan seseorang berikut ini!

Bisa Memilah yang Baik dan yang Buruk

Meski kedengarannya sepele, tapi tidak semua orang bisa memilih mana yang baik atau buruk untuk dirinya sendiri. Kabar baiknya, kamu yang tahu pasti mana yang terbaik untukmu adalah kamu yang benar-benar sudah berpikir dewasa.

Benar sekali, pemikiran dewasa akan membuatmu berhati-hati dalam memilih langkah atau pun mengambil keputusan. Sikap dewasamu akan mengantisipasi supaya kamu tidak terburu-buru memilih sesuatu. Kamu benar-benar akan mempertimbangkan dulu apakah itu memang baik untukmu, atau sebaliknya.

Ini tentunya berlaku untuk semua hal ya, seperti pekerjaan, pasangan, gaya hidup dan sebagainya. Ciri-ciri kedewasaan seseorang adalah dengan berhati-hati di awal dan penuh pertimbangan, dibandingkan menyesal di belakang nanti. Gegabah tidak termasuk di dalamnya.

Bagaimana, apakah kamu sudah bisa memilih mana yang baik atau tidak untuk dirimu?

Berpikir Kritis, Bertindak Rasional

Selain bisa memilih mana yang baik dan buruk, seseorang yang dewasa juga akan mampu berpikir kritis. Dalam setiap keadaan, kamu tidak akan memandangnya dari satu sisi saja.

Pikiran yang tajam, kritis dan dewasa akan membuatmu memandang hal dari banyak sisi. Jadi, kamu tidak akan buru-buru menjatuhkan sikap atau mengambil langkah dengan pemikiran yang dangkal.

Setelah semuanya dikritisi, baru lah kamu akan memutuskan tindakan apa yang tepat. Karena sudah dipikirkan dengan matang dan keras, maka tindakanmu pun akan menjadi sebuah tindakan yang rasional.

Ciri-ciri kedewasaan seseorang yang satu ini terlihat sekali pada emosi seseorang. Orang yang belum dewasa, bisa mudah sekali marah karena tidak mau berpikir kritis terhadap perkara yang memancing amarahnya itu. Kemudian, sikap tidak rasional yang merugikan pun bisa terjadi. Beda dengan orang yang sudah dewasa yang cenderung bisa mengontrol emosinya.

Selalu Bisa Bertanggung Jawab

Jangan mengaku sudah dewasa jika masih sering lari dari tanggung jawab. Alih-alih dewasa, itu justru adalah hal yang menunjukkan bahwa kamu belum menjadi pribadi yang matang.

Orang yang berpikiran dewasa tidak akan meninggalkan tanggung jawabnya begitu saja. Bagaimana pun tidak diinginkannya sesuatu yang terjadi, dia tetap akan bertanggung jawab. Bukan hanya karena sudah menjadi kewajiban, namun perasaan bersalah juga akan terus menghantui jika tanggung jawab itu ditinggalkan.

Tanggung jawab pekerjaan, tugas kuliah, peran di rumah sebagai keluarga, semua bisa kamu laksanakan dengan baik. Tentu bukan hal yang ringan, tapi kamu juga tidak akan menganggap itu sebagai beban.

Jika ciri-ciri kedewasaan seseorang yang satu ini sudah bisa kamu rasakan, maka selamat! Kamu memang sudah bisa dikatakan dewasa.

Menjadi Pribadi Mandiri dan Menyenangkan

Menjadi dewasa artinya menjadi mandiri. Dalam tahap ini, kamu sudah mempunyai pemikiran bahwa kamu tidak bisa selamanya bergantung pada orangtua. Karena itu, kamu mulai bekerja dengan rajin, bertanggung jawab, bahkan memilih untuk hidup mandiri.

Sebaliknya, pribadi yang tidak dewasa merasa semua itu tidak perlu. Meski umurnya sudah cukup matang, namun merasa masih berhak hidup di bawah ketiak orangtua.

Ciri-ciri kedewasaan seseorang juga menjadi pribadi yang ramah dan menyenangkan. Pemikiranmu yang dewasa dan kritis tadi, akan membuatmu mampu mengontrol emosi dalam diri. Sehingga, aura yang dipancarkan adalah aura yang menyenangkan dan ramah.

Orang-orang akan betah berada di sekitarmu dan merasa nyaman. Apakah kamu sudah bisa menjadi pribadi yang mandiri dan menyenangkan seperti itu?

Bisa Menyelesaikan Masalah dengan Bijak

Seseorang yang dewasa tidak luput dari masalah. Bedanya, kamu bisa menyikapinya dengan dewasa pula. Artinya, kamu bisa menyikapi masalah tersebut dengan baik, dengan melihat dulu sisi baik dan buruknya.

Kalau sudah begitu, kamu pun akan mampu menemukan solusi yang pas dengan pemikiran yang jernih. Tidak ada lagi solusi asal yang justru akan membawamu pada penyesalan karena kamu memandang masalah tersebut dengan kusut masai.

Bersikap Jujur

Jujur adalah ciri-ciri kedewasaan seseorang yang mutlak. Sifat ini seharusnya memang ada dalam diri masing-masing individu. Namun, di era ini orang yang jujur bisa dikatakan sedikit sekali.

Jika kamu dewasa, maka kamu akan bisa jujur pada dirimu sendiri, pada orang lain, saat sepi, saat ramai, dan dalam keadaan apa pun.

Nah, itu dia ciri-ciri kedewasaan seseorang yang bisa kamu lihat. Bagaimana, kamu sudah memiliki semua ciri-ciri tersebut?

Penulis : Dyah
Foto Ilustrasi : idntimes.com
Editor : Admin

Artikel ini telah disunting sebagian oleh Admin. Namun konten artikel ini sepenuhnya merupakan tanggungjawab dari Penulis.
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Leave a Reply to "Tua Tidak Berarti Dewasa, Ini Ciri-ciri Kedewasaan Seseorang"

Post a Comment

Kami tunggu komentarnya. Bijaklah dalam berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel

Subscribe Our Newsletter