Pintar atau Cerdas, Bagus Mana? Ini Dia Cara Jadi Pintar dan Cerdas

Cara Jadi Pintar dan Cerdas

Pintar atau cerdas, bagus mana? Ini dia cara jadi pintar dan cerdas! Apakah kamu berpikir bahwa menjadi pintar atau cerdas itu sulit? Sebagian orang mungkin mempunyai pemikiran bahwa kepintaran atau kecerdasan itu adalah faktor genetik.

Memang sih, faktor tersebut ada pengaruhnya juga. Namun, faktor eksternal seperti belajar terus menerus, pelatihan dan sebagainya juga bisa membuat seseorang menjadi cerdas.


6 Kunci Menjadi Pintar dan Cerdas

Kamu sudah bosan dibanding-bandingkan dengan mereka yang selalu menyabet peringkat atau IPK bagus? Pengin juga pasti kan, menjadi pintar dan cerdas sehingga dikagumi banyak orang? Nah, simak cara jadi pintar dan cerdas berikut ini sampai selesai, ya!

Kuncinya Ada Pada Ingatan

Salah satu cara ini bisa membuatmu lebih cerdas dan pintar. Benar sekali, rupanya kunci kecerdasan dan kepintaran seseorang itu terletak pada seberapa tajam ingatan mereka. Jangan berdalih dengan alasan pelupa dan sebagainya lagi, ya. Kamu harus sering mengingat-ingat hal-hal yang sudah diperoleh, khususnya hal-hal baru. Kalau kamu memang pelupa, maka buatlah catatan kecil untuk mengingatnya.

Bagi kamu yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa, tentu cara ini bisa dilakukan dengan mengulang pelajaran yang sudah diperoleh. Dengan mengingat, otak akan bekerja lebih cepat sehingga kamu bisa lebih pintar dan cerdas.

Ingatan juga bisa dikembangkan dengan suara, sentuhan, atau pun pandangan, tergantung kamu lebih suka yang mana. Bagaimana menurutmu cara jadi pintar dan cerdas yang satu ini? Mudah dipraktikkan, bukan?

Gunakanlah Tiga Konsep Ini

Sudah tahukah kamu bahwa otak dapat bekerja dengan optimal dengan menggunakan tiga konsep ini? Khususnya dalam kegiatan mengingat dan menghindari lupa, kamu harus tahu tiga konsep tersebut yakni imajinasi, asosiasi dan lokasi.

Dengan imajinasi, otak akan berpikir dengan leluasa dan mendeskripsikan apa yang sedang dibaca. Karena itulah, saat membaca novel atau cerita yang membutuhkan imajinasi, kamu lebih mudah mengingatnya, bukan?

Begitu pula dengan asosiasi dan lokasi. Asosiasi adalah teknik yang menghubungkan sesuatu hal dengan hal lainnya. Misalnya saja, dengan menggunakan singkatan dan memainkan imajinasi. Sebagai contoh dari asosiasi ini adalah singkatan rumus-rumus atau istilah panjang, seperti Dasa Dharma Pramuka yang disingkat menjadi Tacipaparerahadibesu. Dengan langkah seperti ini, otak akan lebih mudah mengingat dan menjadi salah satu cara jadi pintar dan cerdas yang ampuh.

Selanjutnya adalah lokasi. Ini juga hal yang bisa memicu ingatan dan otak supaya lebih cerdas. Biasanya, di suatu tempat atau lokasi tertentu, tersimpan memori tersendiri. Karena itu, kamu jadi lebih bisa mengingat dengan cepat saat melihat atau berkunjung kembali ke tempat tersebut.

Makanlah Makanan Bergizi

Makanan memang berpengaruh pada apa saja, ya, termasuk juga salah satu cara jadi pintar dan cerdas. Selain faktor eksternal, faktor internal pun perlu diperhatikan, makanan adalah salah satunya.

Untuk bisa menjadi cerdas dan pintar, tentu kamu harus memperhatikan apa yang kamu makan. Usahakan untuk selalu makan makanan bergizi yang kaya dengan omega 3 dari minyak ikan. Selain itu, protein dan vitamin B kompleks. Kandungan tersebut akan membantu merangsang otak untuk bekerja lebih baik lagi. Kamu bisa mengonsumsi ikan, sayuran, sereal, beras merah, buah-buahan, juga kacang-kacangan untuk dapat kandungan ini.

Cobalah untuk Bermeditasi

Kamu ingin lebih pintar dan cerdas? Ternyata, meditasi adalah salah satu caranya. Berdasarkan penelitian dari Cambridge University, meditasi bisa membuat otak lebih cerdas, pintar dan tajam.

Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa sebaiknya kamu rutin bermeditasi selama 15 menit setiap harinya untuk menenangkan pikiranmu. Caranya juga beragam ya, sesuaikan dengan apa yang kamu suka saja. Misalnya dengan yoga, mengatur pernapasan, menatap lilin di ruangan yang tenang, dan sebagainya.

Bagaimana, apakah meditasi juga sudah menjadi hobimu?

Rajinlah Membaca dan Berhitung

Cara jadi pintar dan cerdas selanjutnya adalah yang satu ini. Rajin membaca dan menghitung sebenarnya cara ampuh untuk meningkatkan kecerdasan otakmu, lho!

Alih-alih menggunakan kalkulator, biasakanlah diri untuk berhitung menggunakan cara manual dan otak. Menghitung pengeluaran sehari-hari adalah contoh kecilnya. Siapa sangka kalau itu bisa membuat otak jadi lebih cerdas?

Selain berhitung, kamu juga harus membiasakan diri untuk membaca. Paling tidak, setiap hari luangkan waktu sepuluh menit saja untuk mulai membaca. Dengan membaca, otak akan mendapatkan pengalaman baru dan membuatnya selalu aktif berpikir. Yuk, baca dan hitung mulai sekarang!

Menjelaskan Pada Orang lain

Benar sekali, apa-apa yang baru saja kamu pelajari atau dapatkan, jelaskanlah pada orang lain. Ini merupakan cara jadi pintar dan cerdas yang tidak terlihat, lho!

Dengan menjelaskan ulang, memori pikiranmu juga akan dipaksa untuk mengingat ulang. Dengan begini, otak akan semakin cerdas dan pintar.

Nah, itulah beberapa cara jadi pintar dan cerdas yang bisa kamu terapkan. Bagaimana, apakah kamu sudah siap mencoba? Semoga bermanfaat!

Penulis : Dyah
Foto Ilustrasi : astaga.com
Editor : Admin

Artikel ini telah disunting sebagian oleh Admin. Namun konten artikel ini sepenuhnya merupakan tanggungjawab dari Penulis.
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Leave a Reply to "Pintar atau Cerdas, Bagus Mana? Ini Dia Cara Jadi Pintar dan Cerdas"

Post a Comment

Kami tunggu komentarnya. Bijaklah dalam berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel

Subscribe Our Newsletter