Cara Mengganti Domain Blogspot Ke Domain Sendiri (TLD) di Google Domains

Menghubungkan Blogspot dengan Google Domains
Mulai beberapa tahun lalu, Google menghadirkan layanan jasa pembelian domain. Setiap kali buat blog baru melalui Blogger, maka kita akan ditawari jasa ini. Kalau belum berminat maka kita bisa melewatinya.

Ada kelebihan dan kekurangan dari penggunaan domain dari Google ini. Dari harga, kalau kita beli langsung dari situsnya maka sebagian kita akan bilang harganya cukup mahal. Harga domain untuk dotcom saja Rp. 165.930 per tahun. Sedangkan di penyedia jasa yang lain bisa dapat harga lebih rendah.

Sekalipun begitu, kita patut memperhitungkan kelebihannya. Kelebihannya yang dapat dirasakan signifikan adalah pada proses migrasi situs yang jauh lebih mudah. Jika menggunakan penyedia jasa yang lain kita harus menyetel sendiri servernya. Kita perlu menambahkan beberapa pengaturan DNS sehingga situs bisa berjalan dengan benar.

Dengan Domain Google, kita hanya membutuhkan login ke akun Gmail. Dengan sedikit pengaturan, maka blogspot sudah terhubung ke Google Domains.

Sebelum menghubungkan blogpsot ke domain Goole, pastikan bahwa kita sudah menerima email dari Google Domains lewat Gmail kita. Email ini berisi izin pengelolaan domain untuk mengelola, memperbarui dan melakukan perubahan apapun pada domain tersebut.


Pada tutorial ini saya akan memigrasikan sebuah blogspot saya dari https://moddic.blogspot.com ke https://www.moddic.com. Nah, berikut cara menghubungkan blogspot ke Google domains.




1. Login ke akun Gmail.
2. Login ke Google Domains.
3. Pilih nama domain.
4. Di bilah navigasi kiri, klik Situs.
5. Pada bagian Opsi konfigurasi situs, pilih Buat situs.



6. Pada bagian Membuat Situs Baru, Pilih Blog.



7. Kalau sudah memiliki blogspot yang akan dimutasikan maka Klik Login ke akun yang ada. Sebaliknya, klik Mulai dengan Blogger. Oleh karena saya sudah ada, maka saya pilih Login ke akun yang ada.


8. Pada tanda panah biru ke bawah, pilih title blogspot yang akan dihubungkan. Kemudian pilih Hubungkan Blog jika sudah benar.


Pengaturan pun Selesai. Kita akan dibawa kembali ke halaman utaman Google Domains.
Nah tunggu beberapa menit untuk proses prapagasi domain. Hanya butuh waktu kurang dari 5 menit saja kok ya.





Jika sesaat begitu proses di atas dilakukan kita coba membuka blogspot kita maka kita akan melihat pesan berikut.


Apakah perlu memilih Ya?. Tidak perlu kawan karena cukup menunggu sebentar terus refresh halaman blogspot tersebut maka domain baru dari Google Domains pun sudah aktif. Namun jika ingin klik "Ya" saya rasa juga tidak ada salahnya, silahkan dicoba saja

Demikian Cara Mengganti Domain Blogspot Ke Domain Sendiri (TLD) di Google Domains. Semoga bisa membantu kawan-kawan Blogger yang masih pemula. Jangan lupa tinggalkan jejak di komentar ya gaess!
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Leave a Reply to "Cara Mengganti Domain Blogspot Ke Domain Sendiri (TLD) di Google Domains"

Post a Comment

Kami tunggu komentarnya. Bijaklah dalam berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel

Subscribe Our Newsletter