Ubah Inchi Ke cm di Microsoft Word

Inchi merupakan salah satu satuan ukur panjang. Selain inchi, satuan ukur panjang lainnya seperti meter (m), centimeter (cm), milimeter (mm), kilometer (km) dan sebagainya. Satuan ukur inchi, centimeter, dan milimeter digunakan pada aplikasi Microsoft Office untuk pengaturan kertas cetak. Hubungan antara inchi, centimeter, dan milimeter adalah 1 inchi = 2,54 cm dan 1 inchi = 25,4 mm. Cara penulisan inchi beragam, misal 2 inchi dapat ditulis 2 in atau 2".

Pada beberapa aplikasi microsoft office pengguna tidak jarang dijumpai menggunakan satuan inchi. Beberapa pengguna jelas mengalami kebingungan saat melakukan pengaturan kertas cetak baik margin, header, footer dan lainnya.

Mereka mungkin terbiasa menggunakan satuan centimeter (cm) saat bekerja dengan aplikasi Microsoft Office. Ini karena sebagian besar tidak mengetahui hubungan antara inchi, centimeter, dan milimeter. Bisa jadi juga sebagian pengguna malas untuk menghitung lagi alias mencari kepraktisan dalam bekerja.

Coba perhatikan gambar di bawah. Satuan ukur apa yang dipakai?. Ya, Microsoft Office ini menggunakan satuan Inchi.


Jika kebetulan aplikasi microsoft office kalian menggunakan satuan inchi maka kalian sudah tepat berada disini. Kali ini kami akan menjelaskan cara mengubah satuan inchi menjadi centimeter pada Microsoft Office. Sebagai contoh kami menggunakan aplikasi Microsoft Word. Cara ini kurang lebih sama jika kalian terapkan pada microsoft excel dan powerpoint.


Ubah Inchi Ke cm di Microsoft Word

Adapun tahap-tahapannya sebagai berikut.

1. Buka aplikasi Microsoft Word. Klik tombol Office Button yang terdapat pada pojok atas sebelah kiri. Kemudian klik tombol Word Options. Jendela Word Options pun akan terbuka.


2. Pada Jendela Word Options ini, ada beberapa pilihan menu seperti popular, display, proofing, save, Advanced, Customize, dan sebagainya. Klik pada pilihan Advanced. Kemudian gulung (scroll) layar ke bawah hingga dapat bagian Display.


Pada bagian Display, perhatikan item Show measurement in units of, tekan tanda panah ke bawah untuk menampilkan pilihan (opsi). Ada beberapa opsi yang bisa dipilih : centimeters, milimeter, Points, dan Picas. Sesuai judul kita, klik opsi centimeters. Jika sudah selesai klik tombol OK.

Sekarang, silahkan diperiksa dengan cara klik menu Page setup. Setelah jendela page setup terbuka, pada tab Margin kalian bisa melihat bahwa ukuran margin baik left, right, top maupun bottom sudah menggunakan satuan cm (centimeter). Dengan cara serupa kalian bisa terapkan pada microsoft office lainnya. Selamat mencoba!

Begitulah cara menyembunyikan Recent Documents pada Microsoft Office. Bila ada kekurangan, mohon simpan di kolom komentar. Semoga informasi ini bermanfaat. Ikuti informasi/artikel terbaru melalui fanspage facebook kami di Supervba.

No comments: