Cara Memasang Iklan Tautan Di Postingan Blog

Cara Memasang Iklan Tautan Di Postingan Blog

Satu lagi jenis unit iklan Adsense adalah unit iklan tautan. Unit iklan ini hanya berupa teks tautan/link saja. Seperti unit iklan lainnya, unit iklan tautan ini juga ada yang resposive dan tidak responsive.

Unit iklan responsive memiliki kelebihan daripada iklan non-responsive. Iklan responsive dapat menyesuaikan ukuran lebar dan tingginya secara otomatis pada perangkat apapun yang dipakai pengguna. Sehingga banyak penayang Adsense yang menyukai iklan responsive.

Kali ini kami ingin berbagi cara memasang unit iklan tautan. Sebelumnya kami sudah membahas tata cara pemasangan iklan Page Level Ads. Pada pemasangan unit iklan tautan  kali ini, kami menggunakan unit iklan tautan responsive.


Memasang Iklan Tautan di Awal Paragraf

Untuk memasang unit iklan tautan di awal paragraf, langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Buka halaman Google Adsense. Klik tombol Menu di pojok kiri atas. Klik pada My Ads. Pilih Ad Units.

Halaman Ad Units pun terbuka.Pada halaman ini kalian bisa melihat semua unit iklan yang sudah pernah kalian buat. Lanjut, sekarang klik +unit iklan baru dan pilih text and display ads.



2.  Pertama, isilah nama iklan. Buatlah nama iklan yang unik. Nama iklan sebaiknya mengandung jenis dan posisi iklan.

Selanjutnya pada bagian ukuran, klik dan pilih Iklan Tautan. Untuk jenis iklan, kami pilih iklan responsive. Kalian bisa memilih jenis lain yang ukurannya sudah tetap jika kalian menggunakan template responsive. Untuk pengaturan lanjutan kalian bisa setel gaya iklan kalian.


3. Jika semua pengaturan selesai, Gulir halaman ke bawah (jika perlu). Kemudian klik tombol Simpan & Dapatkan kode dan salin kode iklan yang muncul. Oleh karena kode iklan ini akan diterapkan pada bagian HTML, kalian harus memparsenya terlebih dahulu. Silahkan Parse di sini.


4. Buka Beranda Blog, Klik pada menu Template. Klik tombol Edit HTML untuk memodifikasi HTML. SIklan tautan sebaiknya ditempatkan di dalam postingan, misalnya pada awal paragraf pertama. Temukan kode <data:post.body> pada HTML. Gunakan fungsi Find dengan Ctrl+F untuk pencarian code lebih cepat.

Dalam HTML, bisa jadi ada lebih dari 1 (satu) code <data:post.body> tersebut. Carilah code <data:post.body> yang terakhir, mungkin kedua atau ketiga tergantung template blog kalian. Kemudian letakkan kode iklan tautan yang sudah diparse di atas kode <data:post.body> tersebut. Ini akan membuat iklan tautan muncul pada awal pargraf pertama.


Gambar di atas memperlihatkan pemasangan iklan tautan dengan code HTML yang sudah di-Parse. Pada template yang saya gunakan ada 3 (tiga) code <data:post.body>. Maka code HTML iklan tautan saya tempatkan di atas code <data:post.body> ketiga. Code <data:post.body> yang terlihat pada gambar adalah <data:post.body> yang kedua.

Nah, sekarang silahkan periksa blog kalian. Jika iklan tautan sudah terlihat pada blog, maka proses pemasangan unit iklan tautan kalian sudah berhasil. Contohnya seperti ini.


Memasang Iklan Tautan di Akhir Postingan

Iklan tautan dalam postingan juga dapat dipasang di akhir postingan. Letaknya tepat sebelum menu share artikel (jika ada) pada blog kalian. Langkah-langkahnya persis sama dengan langkah-langkah memasang iklan tautan di awal paragraf. Perbedaannya pada posisi penempatan kode iklan.

Untuk penempatannya mudah sekali. Kalian tempelkan kode Iklan Tautan tepat di bawah kode <data:post.body> yang terakhir yang ada pada template kalian. Jika Kode <data:post.body> ada 3 maka tempatkan di bawah <data:post.body> yang ketiga. Jika belum berhasil coba pindahkan ke <data:post.body> yang kedua. Biasanya jika ditempatkan pada <data:post.body> yang pertama tidak berhasil. Silahkan dicoba!

Bagaimana cara memasang unit iklan tautan pada posisi Footer?. Tunggu pembahasannya pada artikel kami selanjutnya.

Semoga informasi di atas bermanfaat. Bila ada kekurangan mohon sarannya untuk perbaikan. Ikuti informasi/artikel terbaru melalui fanspage facebook kami di Supervba.

Hai..Terima kasih sudah membaca artikel Supervba. Masih banyak artikel menarik lainnya. Selamat menjelajah di Supervba. Jangan lupa subscribe/berlangganan, terima kasih.

×

Share this:

Reaksi:
Related Posts

Mr. VBA(id)

Author & Editor

Terima kasih sudah berkunjung. SuperVBA sangat bangga bisa menjadi bagian dari ceritamu hari ini.

Show Disqus Comment Hide comment

Disqus Comments

We are very glad that you are here

About Cookies:This website use cookies to ensure you get the best experiences i our website.