Cara Memasang Iklan Tautan Di Footer Blog

Satu lagi jenis unit iklan Adsense adalah unit iklan tautan. Unit iklan ini hanya berupa teks tautan/link saja. Seperti unit iklan lainnya, unit iklan tautan ini juga ada yang resposive dan tidak responsive.

Unit iklan responsive memiliki kelebihan daripada iklan non-responsive. Iklan responsive dapat menyesuaikan ukuran lebar dan tingginya secara otomatis pada perangkat apapun yang dipakai pengguna. Sehingga banyak penayang Adsense yang menyukai iklan responsive.

Kali ini kami ingin berbagi cara memasang unit iklan tautan. Sebelumnya kami sudah membahas tata cara pemasangan iklan tautan dalam postingan.



Cara Memasang Iklan Tautan Di Footer Blog

Pada pemasangan unit iklan tautan  kali ini, kami menggunakan unit iklan tautan responsive. Untuk memasang unit iklan tautan di Footer, langkah-langkahnya sebagai berikut:



1. Buka halaman Google Adsense. Klik tombol Menu di pojok kiri atas. Klik pada My Ads. Pilih Ad Units.

Halaman Ad Units pun terbuka. Pada halaman ini kalian bisa melihat semua unit iklan yang sudah pernah kalian buat. Lanjut, sekarang klik +unit iklan baru dan pilih text and display ads.


2.  Pertama, isilah nama iklan. Buatlah nama iklan yang unik. Nama iklan sebaiknya mengandung jenis dan posisi iklan.

Selanjutnya pada bagian ukuran, klik dan pilih Iklan Tautan. Untuk jenis iklan, kami pilih iklan Responsive. Kalian bisa memilih jenis lain yang ukurannya sudah tetap jika kalian menggunakan template responsive. Untuk pengaturan lanjutan kalian bisa setel gaya iklan kalian.




3. Jika semua pengaturan selesai, Gulir halaman ke bawah (jika perlu). Kemudian klik tombol Simpan & Dapatkan kode dan salin kode iklan yang muncul. Oleh karena kode iklan ini akan diterapkan pada bagian HTML, kalian harus memparsenya terlebih dahulu. Silahkan Parse di sini.


4. Buka Beranda Blog, Klik pada menu Template. Klik tombol Edit HTML untuk memodifikasi HTML. Temukan kode <div class='post-footer'>, lalu cari kode <div class='share-box'> pada HTML. Gunakan fungsi Find dengan Ctrl+F untuk pencarian code lebih cepat.

Dalam HTML, bisa jadi ada lebih dari 1 (satu) code <div class='post-footer'>. Carilah kode <div class='post-footer'> yang terakhir, jika ada 2 maka temukan yang kedua. Dalam grup <div class='post-footer'> ada kode <div class='share-box'>. Tiap template bisa jadi berbeda namanya, namun temukan yang serupa. Kemudian letakkan kode iklan tautan yang sudah diparse di bawah kode <div class='share-box'>. Ini akan membuat iklan tautan muncul pada posisi footer di bawah tombol share artikel.


Gambar di atas memperlihatkan pemasangan iklan tautan dengan code HTML yang sudah di-Parse. Pada template yang saya gunakan ada 2 (dua) kode <div class='post-footer'> . Maka code HTML iklan tautan saya tempatkan di bawah kode <div class='post-footer'> kedua.

Nah, sekarang silahkan periksa blog kalian. Jika iklan tautan sudah terlihat pada blog, maka proses pemasangan unit iklan tautan kalian sudah berhasil. Posisi iklan tautan pada footer ini berada di bawah tombol Share dan di atas Related Posts.

Begitulah informasi cara pemasangan iklan pada posisi footer Semoga informasi di atas bermanfaat. Bila ada kekurangan mohon sarannya untuk perbaikan. Ikuti informasi/artikel terbaru melalui fanspage facebook kami di Supervba.
Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama