MsgBox dan InputBox Project VBA Powerpoint

MsgBox dan InputBox dalam project VBA Powerpoint merupakan fungsi-fungsi utama yang terdapat pada VBA Powerpoint. Apakah kegunaannya dan bagaimana pula cara memanfaatkan MsgBox dan InputBox dalam proyek VBA Powerpoint kita. Simak uraian berikut ini.

Pada VBA Powerpoint terdapat beberapa fungsi  yang memegang peranan cukup besar. Berikut 3 macam fungsi yang sangat penting untuk kita ketahui dalam membuat project VBA Powerpoint.

1. MsgBox : Fungsi VBA yang berguna untuk menampilkan  sebuah pesan dan tombol. Fungsi ini mengembalikan sebuah code yang mengenali tombol yang mana yang dipilih oleh pengguna.

msgbox vba powerpoint
MsgBox VBA Vb OK Only dan VbInformation

vb yes no cancel vb question msgbox
MsgBox VBA Vb Yes No Cancel dan VbQuestion

2. InputBox : Fungsi VBA ini berfungsi untuk menampilkan sebuah kotak dialog yang meminta pengguna untuk memberikan suatu masukkan. Masukkan itu bisa berupa teks, bilangan maupun kombinasi antara teks dan bilangan. Fungsi ini akan mengambil apapun masukkan yang dimasukkan oleh pengguna pada kotak dialog.

inputbox vba powerpoint
InputBox VBA

3. Shell : Fungsi VBA ini berfungsi untuk mengakhiri suatu program tertentu. Fungsi ini bisa digunakan untuk menutup suatu program saat terjadi error.

Selama pengalaman saya, saya sudah sering menggunakan fungsi MsgBox dan InputBox. Fungsi ini sudah saya terapkan pada projek game-game matematika. Sementara untuk fungsi Shell sendiri belum pernah saya terapkan. Saya kira, tidak ada salahnya jika kita mengetahui semua pengetahuan di atas, termasuk pengetahuan tentang fungsi Shell.

Pesan saya, kita tidak boleh takut mencoba. Jika terjadi error saat menggunakan VBA Powerpoint, itu biasa, pasti kita dapat menemukan solusinya. Selamat mencoba.






Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

2 Komentar

  1. hallo ada no yang bisa saya hubungi atau WA ? butuh bantuan banget VBA expert !!

    BalasHapus
  2. bisa lihat disini pak
    http://www.supervba.com/2015/04/tentang-kontak-blog-belajar-vba-powerpoint-supervba.html

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama