Cara Mengaktifkan Macro Project VBA Powerpoint

Cara Mengaktifkan Macro Project VBA Powerpoint

Tutorial VBA Powerpoint kali berkaitan tentang cara mengaktifkan macro dalam project VBA Powerpoint. Simak uraian berikut ini. 
Apakah pernah membuka file yang mengandung Macro?. Mungkin pertanyaan ini agak susah ya. Saya ganti pertanyaannya menjadi ‘apakah pernah membuka file Powerpoint dengan ekstensi .pptm atau .ppsm?’. Semoga pertanyaan ini jauh lebih dimengerti. Apa yang anda lihat pertama muncul pada layar?. Ya, ada pesan dari Security Warning.

Untuk file Powerpoint dengan ekstensi .pptm, kita akan menjumpai pesan yang menyatakan bahwa "macros have been disabled". Sedangkan pada file powerpoint dengan ekstensi .ppsm, juga akan muncul pesan peringatan dari macro untuk "enable this content" atau tidak.  Apa yang terjadi apabila pesan di atas diabaikan atau langsung ditutup?. Fatal!!!!. File powerpoint dengan format seperti ini mengandung objek-objek macro yang sudah dipasangi kode VBA. Kode VBA itu disimpan di dalam VBE. Apabila tidak diaktifkan maka objek-objek ini tidak akan berfungsi. Tentunya presentasi atau game powerpoint anda menjadi tidak berjalan dengan mulus.

Mengapa harus memakai objek-objek Macro?. Menurut saya dengan adanya objek-objek macro ini, presentasi menjadi lebih interaktif dan menarik. Dengan Macro, kita dapat mengontrol objek-objek lain untuk melakukan suatu tindakan tertentu. Menurut saya ini sesuatu yang keren.

Bagaimana cara mengaktifkan macro-nya?. Saya ambil contoh dengan menggunakan file Powerpoint yang mempunyai ekstensi .pptm. Silahkan dibuka dahulu.

1. Saat membuka file Powerpoint dengan ekstensi .pptm, akan terlihat tampilan berikut.
Apa yang harus dilakukan?. Silahkan klik menu "Options" disamping pesan "Macros have been disabled".

Security Warning VBA Powerpoint

2. Setelah muncul jendela Microsoft office Security Options, Silahkan Klik check box bertuliskan "Enable this content’ seperti terlihat pada gambar berikut.

Security Options

Untuk file Powerpoint dengan ekstensi .ppsm, langsung saja, klik check box bertuliskan "Enable this content".

Selamat, macronya sudah aktif. Silahkan klik F5 untuk menjalankan slideshow dari presentasi atau game vba kita.

Begitulah cara mengaktifkan Macro pada file Powerpoint yang dibuat menggunakan VBA. Semoga bermanfaat.

Hai..Terima kasih sudah membaca artikel Supervba. Masih banyak artikel menarik lainnya. Selamat menjelajah di Supervba. Jangan lupa subscribe/berlangganan, terima kasih.

×

Share this:

Reaksi:
Related Posts

Mr. VBA(id)

Author & Editor

Terima kasih sudah berkunjung. SuperVBA sangat bangga bisa menjadi bagian dari ceritamu hari ini.

Show Disqus Comment Hide comment

Disqus Comments

We are very glad that you are here

About Cookies:This website use cookies to ensure you get the best experiences...