Format File Project VBA Powerpoint

Tutorial Belajar VBA Powerpoint kali ini adalah tentang format file dari project VBA Powerpoint. Powerpoint memiliki banyak format penyimpanan file. Ketika kita sudah selesai menyunting dokumen dan ingin menyimpannya, khususnya untuk dokumen baru, ada banyak format file presentasi yang bisa kita pakai. Misalnya pada Powerpoint 2007 itu seperti .ppt, .pptx, .pps, .ppsx, .pptm, .ppsm, .htm, .XML dan seterusnya. Untuk presentasi kita yang menggunakan VBA, tentunya kita harus menyimpan file presentasi itu dengan format .pptm. Sedangkan format .ppsm untuk file slideshownya.
format file project vba powerpoint
format file powerpoint

Format .pptm merupakan singkatan dari Powerpoint  Macro-Enabled Presentation. Sedangkan .ppsm merupakan singkatan dari Powerpoint Macro-Enabled Show.

Sebenarnya masih ada satu format lagi yang bisa dipakai pada project VBA kita yaitu .potm. Format .potm ini digunakan untuk membuat template bagi Powerpoint. Format .potm merupakan singkatan dari Powerpoint Macro-Enabled Template. Format seperti ini hanya dipakai oleh pengguna Powerpoint yang sudah lama berkecimpung di dunia VBA Powerpoint.

Bagaimana cara melihat format dari file presentasi VBA kita?. Simak uraian berikut.
1. Klik kanan pada file. Kemudian pilih Properties.

properties file vba powerpoint
Klik Properties
2. Klik pada ‘Type of file’. Kemudian geser kursor ke kanan hingga menemukan formatnya. Seperti tampak pada gambar.

Type File Project VBA Powerpoint
Type of File

Nah begitulah beberapa format file dari project VBA Powerpoint yang kita buat. Selamat mencoba.

No comments: