Pakai NIK bisa lihat Nomor NUPTK, Cek Caranya

menggunakan NIK untuk lihat Nomor NUPTK

NUPTK merupakan identitas bagi seorang pendidik ataupun tenaga kependidikan. Selama memegang tanggungjawab sebagai PTK maka NUPTK sangat diperlukan dalam berbagai administrasi pendidikan.

Tidak sedikit PTK belum memiliki NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan). Tidak hanya PTK junior saja, melainkan juga PTK senior juga masih ada yang belum memiliki NUPTK. Pengajuan NUPTK sudah bisa diajukan minimal sudah bekerja selama 2 tahun yang dibuktikan dengan SK (Surat Keputusan). Bagi bapak/ibu PTK yang belum memiliki NUPTK agar segera mengurusnya dengan bantuan operator sekolah.

Apa pentingnya memiliki NUPTK? Kalau seorang PTK tidak memiliki NUPTK maka masa pengabdiannya tidak akan diakui. Bagaimana bisa begitu? Bisa karena data sekolah induk tempat PTK bekerja tidak akan ada alias masih kosong. Kalau data sekolah induk kosong maka PTK tidak akan mendapatkan jam. Informasi ini dapat dilihat di halaman Infogtk yang sumber datanya dari Dapodik Sekolah.




NUPTK sekarang dapat dipantau dengan mudah melalui layanan online yang diberikan pemerintah. Sehingga kita bisa melihat nomor NUPTK kita kapanpun dan dimanapun. Kalau anda lupa dengan Nomor NUPTK anda maka anda tinggal mencarinya secara online. Anda hanya membutuhkan KTP yang berisi NIK (Nomor Induk Kependudukan).


Menggunakan NIK untuk melihat Nomor NUPTK

Untuk melihat NUPTK menggunakan NIK dengan mengunjungi halaman Info gtk. Halaman infogtk sebenarnya lebih banyak digunakan oleh PTK yang sudah sertifikasi untuk melihat apakah datanya sudah valid atau belum valid.

Halaman infogtk ternyata multifungsi. Halaman ini juga dapat digunakan untuk sekedar mengecek nomor NUPTK. Pada halaman infogtk ini tidak hanya menampilkan NUPTK saja melainkan juga data-data PTK lainnya.



Mungkin anda sudah penasaran dengan cara melihat NUPTK dengan menggunakan NIK yang ada di KTP atau KK (Kartu Keluarga).
  1. Buka halaman situs infogtk
  2. Klik pada tombol NUPTK.
  3. Lihat KTP atau KK untuk mendapatkan NIK.
  4. Masukkan NIK di kolom yang disediakan di halaman situs infogtk.
  5. Masukkan tanggal lahir anda dengan format: YYYYMMDD. Contoh anda lahir tanggal 11 Juli 2019 maka anda mengetikkannya sebagai 20190711. Kalau anda lahir pada tanggal 1 Agustus 2019 maka tulis sebagai 20190801.
  6. Ketikan kode keamanan yang tampil berupa 6 angka acak.
  7. Klik tombol Login.
  8. Pada Data Individu berdasarkan Dapodik dan Status NUPTK pada Database NUPTK, anda bisa melihat nomor NUPTK anda.




Kalau anda merasa masih butuh panduan lainnya, anda bisa lihat gambar-gambar di bawah.


cek NUPTK secara online pakai NIK KTP
1. Login

2. Tampilan nomor NUPTK

Infomasi yang ditampilkan di Info GTK berasal dari data yang dikirim sekolah melalui dapodik. Jika ada kesalahan data proses perbaikannya dilakukan di Sekolah masing-masing dan menjadi tanggungjawab pemilik data.

Kalau nomor NUPTK masih kosong berarti ada beberapa kemungkinan berikut.

  1. NUPTK belum ada.
  2. NUPTK sudah aktif tapi belum valid.

Untuk kemungkinan kedua dapat diketahui masalahnya dengan cara membuka halaman Verval PTK. Kasus kedua dapat terjadi karena NUPTK belum terbit atau masih dalam tahap Penerbitan NUPTK. Kalau anda mengecek status keaktifan NUPTK melalui halaman gtk.data.kemendibud maka bisa saja anda melihat bahwa status NUPTK sudah aktif. Namun tidak berarti NUPTK sudah valid. NUPTK sudah valid jika sudah masuk di Dapodik.

Demikian cara menggunakan NIK untuk melihat nomor NUPTK. Semoga bermanfaat.

Foto ilustrasi : http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Leave a Reply to "Pakai NIK bisa lihat Nomor NUPTK, Cek Caranya"

Post a Comment

Kami tunggu komentarnya. Bijaklah dalam berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel

Subscribe Our Newsletter