DAFTAR ARTIKEL TERBARU

Hidup Cuma Sekali, Begini Cara Meningkatkan Kualitas Diri

Cara Meningkatkan Kualitas Diri

Hidup cuma sekali, begini cara meningkatkan kualitas diri. Hidup hanya satu kali, kalimat itu pastilah sering sekali kamu dengar. Sialnya, itu bukan hanya isapan jempol semata, melainkan memanglah hal nyata.

Ya, hidup ini hanya sekali, jadi tidak akan bisa diulangi. Mungkin sejatinya Tuhan ingin menegaskan pada manusia agar menjadi pribadi yang sebaik-baiknya dalam kehidupan yang sekali dan singkat ini.


Begini Cara Meningkatkan Kualitas Diri

Apakah kamu pernah merasa hidupmu begini-begini saja? Atau justru merasa kalau hidupmu penuh dengan hal buruk, tidak sesuai keinginan dan sebagainya?

Sebelum ada penyesalan, ayo ubahlah hal tersebut sekarang juga. Langkah pertama untuk membuat hidupmu lebih bermakna adalah dengan meningkatkan kualitas dirimu.

Bisa saja, selama ini hidupmu begini-begini saja karena kamu memang berada di zona nyaman dan tidak mau mengupgrade diri.

Begini cara meningkatkan kualitas diri, simak sampai selesai, ya!

Temukanlah Passionmu

Melakukan sesuatu berdasarkan keterpaksaan, meski mungkin menghasilkan banyak uang, apakah membuatmu bahagia? Kamu pasti akan separuh-separuh menjawabnya. Kalau sudah begini, kamu pun akan cenderung malas untuk meningkatkan kualitasmu karena kamu tidak benar-benar menyukai apa yang dikerjakan.

Yang kamu butuhkan adalah passion! Pernah dengar istilah ini, bukan? Passion adalah sesuatu yang saat kamu melakukannya, maka itulah dirimu. Kamu benar-benar menikmati, mencintai, dan senang bahkan sampai lupa waktu.

Runut kembali apa yang menjadi hobimu. Bisa jadi, di situlah passionmu berada. Setelah menemukannya, kamu hanya tinggal mendalami, belajar lagi dan lagi.

Bukan tidak mungkin, suatu saat passion ini akan menjadi ladang bagimu untuk menghasilkan uang. Selain itu, kualitas diri pun akan semakin meningkat karena kamu benar-benar ingin tahu dan ingin belajar. Bagaimana, kurang menyenangkan apa cara meningkatkan kualitas diri yang satu ini?

Lakukanlah Tindakan Nyata

Meningkatkan kualitas diri butuh sebuah tindakan nyata. Tanpa hal itu, bagaimana kamu akan tahu seberapa berkualitasnya dirimu?

Bukan bicara tentang betapa wah dan fantastis hasilnya, ya. Tapi, lebih pada bagaimana kamu konsisten dan gigih dalam mewujudkannya. Misalnya saja, ketika kamu merasa bahwa fotografi adalah hobi dan passionmu, maka lakukanlah itu dalam tindakan.

Tidak ada alasan yang cukup kuat untuk menghalangi ketika kamu sudah berniat untuk meningkatkan kualitas diri. Sekalipun pekerjaan utamamu bukan di bidang fotografi, kamu akan tetap meluangkan waktu untuk menyalurkan hobi itu sejalan dengan peningkatan kualitas dirimu. Bagaimana, setuju?

Cukupkanlah Keluhanmu

Cara meningkatkan kualitas diri yang paling ampuh selanjutnya adalah yang satu ini. Setiap manusia pasti akan diberi rintangannya sendiri-sendiri dalam hidup ini. Termasuk dalam perjalananmu untuk meningkatkan kualitas diri, pasti akan diuji.

Kuncinya hanya satu, atasilah hambatan itu jika memang kamu ingin menjadi pribadi yang berkualitas. Mengeluh tidak akan menyelesaikan semuanya, justru akan menambah bebanmu semakin berat saja. Karena itu, berhentilah mengeluh saat konsistensimu terhambat.

Renungkan dan cari penyebabnya, kemudian carilah solusinya. Itu adalah bagian dari kualitas diri yang baik, bukan?

Lakukanlah Me-Time

Ini juga salah satu cara agar kualitas dirimu meningkat, lho, jangan diabaikan, ya. Me-time atau meluangkan waktu untuk dirimu sendiri sangat penting untuk kesehatan mentalmu.

Saat me-time, matikan gadget dan fokus pada kegiatan yang bermanfaat yang kamu sukai. Membaca buku atau meditasi misalnya. Sebaiknya, lakukan ini di pagi hari sebelum kamu memulai aktivitas. Ini akan membuat mood-mu menjadi semakin baik dan menjaga emosimu sampai malam hari.

Bagaimana, sudah punya waktu me-time sehari-hari?

Pintarlah Memilih Lingkungan

Cara meningkatkan kualitas diri selanjutnya adalah dengan pintar-pintar memilih lingkungan. Teman atau komunitas dan lingkungan yang mengungkungmu bisa jadi meningkatkan kualitas dirimu atau sebaliknya. Semua itu tergantung pada lingkunganmu seperti apa.

Jika kamu bisa memilih lingkungan ataupun pergaulan yang positif, maka kamu akan lebih bisa meningkatkan kualitas dirimu. Sebaliknya, jika kamu terjerumus dalam lingkungan yang negatif, maka kualitas diri pun akan sama dengan apa yang ada di lingkungan tersebut.

Memang benar adanya, berteman dengan pandai besi akan terciprat bara api, dan berteman dengan penjual minyak wangi akan tertular wanginya.

Jangan Pernah Lelah Belajar

Nah, yang satu ini adalah tuntutan yang harus kamu penuhi. Bagaimana mungkin kualitas diri akan meningkat jika untuk belajar saja kamu malas?

Ilmu akan terus berkembang dinamis, kamu pun harus mengikutinya. Contoh kecil misalnya, jika kamu seorang guru. Zaman sekarang, tentu metode pembelajaran semuanya berbasis teknologi, beda dengan zaman dahulu. Jika kamu tidak mau mengimbanginya dan belajar lagi tentang teknologi dalam dunia pendidikan ini, bagaimana kamu bisa jadi guru yang baik?

Begitu pula dengan bidang-bidang lainnya. Kualitas diri akan semakin meningkat jika kamu mau terus belajar.

Nah, itulah cara meningkatkan kualitas diri yang bisa kamu coba. Bagaimana, siap menjadi individu yang lebih baik lagi bukan, di kehidupan yang sekali jalan ini?

Penulis : Dyah
Foto Ilustrasi : idntimes.com
Editor : Admin

Artikel ini telah disunting sebagian oleh Admin. Namun konten artikel ini sepenuhnya merupakan tanggungjawab dari Penulis.
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Leave a Reply to "Hidup Cuma Sekali, Begini Cara Meningkatkan Kualitas Diri"

Post a Comment

Kami tunggu komentarnya. Bijaklah dalam berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel