DAFTAR ARTIKEL TERBARU

Apakah Pendidikan Tinggi Menjamin Kesuksesan Karir? Begini Faktanya!

Apakah Pendidikan Tinggi Menjamin Kesuksesan Karir

Apakah kamu berpikir bahwa dengan mengenyam pendidikan yang tinggi maka kesuksesan karir akan bisa kamu raih? Jawabannya, bisa ya bisa juga tidak.

Kenapa begitu? Kalau melihat fakta di lapangan sekarang ini, berapa banyak orang yang berpendidikan tinggi tapi hanya menganggur saja? Apakah ini hanya karena faktor sempitnya lapangan pekerjaan? Kalau begitu, kenapa juga banyak orang yang pendidikannya tidak tinggi namun sukses dalam karirnya?

Nah, sudah ketemu ‘kan, jawabannya? Nyatanya, apakah pendidikan tinggi menjamin kesuksesan karir adalah satu dari sekian faktor yang mendukungnya. Jadi, kamu yang belum bisa mengenyam pendidikan tinggi, tidak perlu berkecil hati.

Apakah Pendidikan Tinggi Menjamin Kesuksesan Karir?

Untuk kamu yang sudah bergelar banyak titel pun, jangan bersantai-santai. Nasib baik datang bukan hanya dari gelar, tapi juga dari fakta-fakta berikut ini.

Semangat dan Kerja Keras Masih Jadi Kunci Utama

Faktanya, pendidikan tinggi bukan sebuah hal yang dapat membawamu pada kesuksesan karir tanpa dua kunci utama ini. Ya, semangat dan kerja keras. Tanpa kedua hal ini, gelarmu yang panjang itu sungguh tidak akan ada artinya.

Dalam dunia pekerjaan, kamu akan dituntut untuk bekerja sama kerasnya bahkan dengan mereka yang mungkin saja pendidikannya lebih rendah darimu. Meski berada di divisi yang berbeda, tapi bukan tidak mungkin mereka yang bekerja keras bisa mengunggulimu.




Atasan kerja tidak akan melihat seberapa tinggi pendidikanmu, mereka akan melihat bagaimana pekerjaanmu. Semangat, atau justru malas-malasan. Etos kerja dan integritas adalah hal yang bisa mengantarkanmu ke jenjang sukses. Kedua hal ini harus didorong oleh semangat yang tinggi supaya kamu tidak tumbang di tengah jalan.

Bagaimana kamu bisa sukses tanpa kerja keras, dan bagaimana kamu bisa bekerja keras tanpa semangat? Jadi, apakah pendidikan tinggi menjamin kesuksesan karir? Jawabannya tidak tanpa kedua hal ini.

Yang Bergelar Akan Kalah dengan yang Ulet

Tidak percaya dengan pernyataan ini? Buktikan saja sendiri! Selain semangat dan kerja keras, satu hal yang akan mengantarkanmu pada kesuksesan adalah keuletan dan ketekunanmu sendiri. Contoh kecilnya, jika kamu belajar berwirausaha sendiri.

Kamu boleh berbekal gelar yang tinggi dan memulainya (berwirausaha). Tapi, tanpa adanya keuletan, kesabaran dan ketekunan yang optimal, usahamu tersebut pasti akan tumbang.

Perlu kamu ketahui bahwa keuletan ini mungkin tidak kamu pelajari di bangku pendidikan. Karenanya, hal ini muncul dari dalam dirimu sendiri. Jadi, jangan kaget jika kamu lihat mereka yang minim pendidikan namun bisa sukses usahanya. Mungkin saja mereka punya keuletan yang lebih daripada kamu.




Gelar Hanya Mengantarmu Sampai Gerbang Wawancara

Apakah pendidikan tinggi menjamin kesuksesan karir? Kamu pasti sudah sedikit banyak memiliki gambaran, ya. Sejujurnya, ijazah dan gelar yang kamu miliki saat ini hanya akan mengantarmu sampai pada gerbang wawancara kerja saja.

Memang, pekerjaan sekarang selalu mencantumkan kualifikasi. Ijazahmu mungkin mampu memenuhi kualifikasi tersebut dan berhasil membuatmu diterima kerja.

Namun, setelahnya, hal utama yang akan dinilai dari dirimu adalah etos kerja dan bukan gelar atau ijazah. Jadi, tanpa etos kerja yang baik, jangan harap ijazahmu bisa membawa kesuksesan karir yang tinggi untukmu.

Imbangilah dengan etos yang baik, profesionalitas yang maksimal, dan intelegensi yang terus diupgrade. Pasti, karirmu akan segera melejit!




Yang Bertahan Adalah yang Berdedikasi Tinggi

Mungkin kamu sudah melihat banyak fakta di lapangan tentang sebagian orang yang bersusah payah mendapatkan gelar dan ijazah yang tinggi. Jika kamu belum mampu untuk melakukan hal itu, tidak perlu minder.

Faktanya, orang-orang yang akan bertahan dari hantaman keras dalam hidup ini, dalam dunia kerja contoh kecilnya, tidak selalu orang-orang yang punya gelar tinggi. Justru, posisi tersebut diisi dengan mereka yang punya dedikasi tinggi.

Jadi, apakah pendidikan tinggi menjamin kesuksesan karir? Jawabannya adalah tidak, ketika kamu tidak memiliki dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaan tersebut.

Bagaimana setelah membaca ulasan di atas, apakah kamu sudah berubah pikiran? Apakah kamu masih menganggap bahwa ijazah dan gelar tinggi adalah segalanya? Apakah pendidikan tinggi menjamin kesuksesan karir? Simpulkan sendiri dan perbarui lagi niatmu untuk bekerja dengan memupuk kualitas diri yang baik. Semoga bermanfaat!


Foto Ilustrasi : ruangmahasiswa.com

Penulis : Dyah

Editor : Admin

Artikel ini telah disunting sebagian oleh Admin. Namun konten artikel ini sepenuhnya merupakan tanggungjawab dari Penulis.
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Leave a Reply to "Apakah Pendidikan Tinggi Menjamin Kesuksesan Karir? Begini Faktanya!"

Post a Comment

Kami tunggu komentarnya. Bijaklah dalam berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel