Tags: , ,

Cara baru mengerjakan soal perbandingan menggunakan segitiga perbandingan

Cara Baru mengajar Matematika SD Matematika SD Soal Perbandingan
Salah satu kompetensi yang harus dikuasai siswa SD adalah siswa dapat menyelesaikan masalah tentang perbandingan dengan tema tertentu. Kompetensi ini merupakan kompetensi yang terbilang cukup sulit untuk siswa dengan kemampuan menengah ke bawah. Untuk itu perlu teknik lain untuk mengajarkan perbandingan supaya dapat melayani semua karakter siswa dalam pembelajaran matematika.

Sebelumnya mari kita mengingat kembali tentang materi perbandingan dalam matematika.

Apa itu Perbandingan?

Setiap orang pasti pernah membandingkan dua atau lebih sesuatu atau benda. Apakah membandingkan dari segi bentuknya, sifatnya, harganya, produktivitasnya, dan sebagainya. Dalam perbandingan ini, dua atau lebih hal yang dibandingkan adalah hal yang mengandung besaran atau niai yang dinyatakan dengan angka. Nilai yang dihasilkan dari kegiatan membandingkan dua atau lebih yang dinyatakan dalam bentuk A : B disebut sebagai perbandingan.

Misalkan kamu membandingkan banyak benda A dengan benda B. Diketahui banyak benda A = m dan banyak benda B = n maka perbandingan banyak benda A dan B dapat ditulis sebagai m : n. Jika m : n merupakan bentuk paling sederhana (tidak dapat dibagi lagi dengan FPB-nya) maka diperoleh perbandingan banyak benda A dan B adalah m : n. Sebaliknya, perbandingan m : n ditentukan dengan membagi masing-masing m dan n dengan FPB-nya. maka itulah nilai perbandingan banyak benda A dan B.

Contoh
Banyak kelereng Ari 50 dan banyak kelereng Doni 5. Berapa perbandingan kelereng Ari dan Doni?.

Penyelesaian:
Banyak kelereng Ari : banyak kelereng Doni = 50 : 5 = 10 : 1
Setelah disederhanakan dengan sama-sama membagi kedua nilai dengan FPB-nya yaitu 5 maka diperoleh perbandingan 10 : 1.

Cara terbaru mengerjakan soal perbandingan menggunakan segitiga perbandingan


Apa itu segitiga perbandingan?

Segitiga perbandingan merupakan teknik yang saya buat sendiri untuk memfasilitasi kebutuhan gaya belajar siswa yang beranekaragam. Kamu juga bisa menerapkan teknik ini sebagai salah satu alternatif penyelesaian soal perbandingan. Saya yakin pembelajaran jadi lebih menarik ketimbang siswa mengerjakan dengan cara biasa. Apalagi jika dalam menggunakan teknik ini, siswa disiapkan pensil atau spidol warna. Nah pasti semakin menarik, bukan!. Lalu apa itu segitiga perbandingan?

Segitiga perbandingan terdiri dari 2 buah segitiga atau lebih yang digunakan untuk menyelesaikan soal perbandingan. Ambil contoh menggunakan 2 buah segitiga. Dua  buah segitiga ini digambarkan dalam ukuran yang berbeda untuk melambangkan adanya perbandingan. Satu buah segitiga kecil dan 1 buah segitiga besar, sebut saja seperti itu. Tentu kamu bisa memberikan nama lain yang bisa jadi lebih menarik. Dua buah segitiga ini dapat digambarkan menggunakan segitiga sama kaki atau segitiga sama sisi. Biar lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.

cara terbaru mengerjakan soal perbandingan

Untuk segitiga puncak (yang di atas) dapat diletakkan nilai jumlah atau selisih dari masing-masing bilangan pada perbandingan. Ya, pilih salah satu apakah jumlah atau selisih tergantung permintaan soal. Berikut contoh skema segitiga perbandingan jika soal perbandingan berisi tentang konsep "jumlah".

cara menyelesaikan soal perbandingan

Cara kerja segitiga perbandingan Matematika

Dari paparan di atas bisa jadi masih sulit untuk memahami cara kerja segitiga perbandingan ini untuk menyelsaikan soal perbandingan matematika. Perhatikan uraian contoh berikut.

Soal perbandingan 1
Perbandingan umur Budi dengan umur Amir 3 : 2. Jika umur Budi 18 tahun, maka umur Amir adalah…..


cara mudah menyelesaikan soal perbandingan umur

Jawaban : Umur Amir = 12 tahun


Soal perbandingan 2
Perbandingan antara usia Ani dan Bobi adalah 3 : 4. Jika jumlah usia mereka 21 tahun, usia Ani ….. tahun

cara mudah menyelesaikan soal perbandingan usia

Jawaban : Usia Ani = 9 tahun


Soal perbandingan 3
Perbandingan antara banyak buku ensiklopedia dan buku cerita rakyat di sebuah perpustakaan adalah 3 : 4. Jika selisih kedua jenis buku tersebut  12 buah, banyak buku cerita rakyat adalah……….


cara mudah menyelesaikan soal perbandingan buku

Jawaban : Banyak buku cerita rakyat = 48 buah


Soal perbandingan 4
Perbandingan antara banyak siswa perempuan dan siswa laki-laki di sebuah kelas adalah 2:3. Jika jumlah siswa dalam kelas tersebut 35 orang, selisih antara banyak siswa perempuan dan laki-laki adalah………..orang

cara mencari soal perbandingan

Jawaban : Selisih perempuan dan laki-laki = 7 orang

Mungkin kamu bertanya, bagaimana mengerjakan soal perbandingan yang mengandung 3 bilangan misalnya perbandingan a : b : c = 2 : 3 : 5, apakah bisa dengan teknik segitiga perbandingan?. Ya, tentu bisa. Materi itu akan dibahas pada artikel berikutnya.

Untuk soal-soal latihan materi perbandingan, kamu bisa dapatkan dari tautan di bawah.



Begitulah cara baru mengajar matematika materi perbandingan yang coba diterapkan. Jika kamu punya cara lain silahkan sampaikan di kolom komentar di bawah.

Akhirnya sekian info terbaru tentang cara mudah mengerjakan soal perbandingan menggunakan segitiga perbandingan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Mr. VBA(id)

Author & Editor

Terima kasih telah membaca artikel kami. Masih banyak artikel menarik lainnya. Selamat menjelajah di SuperVBA.

0 komentar:

Post a Comment

 

We are very glad that you are here

  • Don't miss new Article

    Subscribe here to get our newsletter in your inbox, it is safe and EASY!