Cara Posting Video Di Blog Terbaru

Sebagian besar postingan blog tidak hanya berisi rangkaian kata-kata berupa teks saja. Melainkan didukung dengan gambar-gambar. Bahkan ada pula yang menambahkan video dalam postingannya. Seperti video berikut ini sebagai contoh untuk kalian.



Cara Posting Video Di Blog Terbaru

Kali ini kami akan menjelaskan cara menambahkan video ke dalam postingan blog. Ada 2 (dua) cara yang bisa kalian praktekkan, Silahkan pilih salah satu dan ikuti langkah-langkahnya supaya kalian berhasil.

Cara Pertama

1. Buka postingan blog yang akan dipasangi video pada mode Compose. Letakkan kursor pengetikan pada lokasi yang diinginkan, Klik Ikon Insert Video di menu sebelah atas.

2. Klik pada My Youtube Videos untuk mengupload video dari Channel Youtube yang kita miliki.

Jika kalian tidak memiliki video di Youtube, kalian bisa klik tombol Upload untuk mengupload video dari komputer kalian. Selain itu, kalian juga bisa memilih video yang ada di Youtube dengan klik pilihan From Youtube untuk mengambil video dari halaman Youtube. Setelah menemukan video kalian, klik tombol Pilih.



3. Sampai langkah ini sebenarnya kalian sudah berhasil menambahkan video ke dalam postingan blog. Namun jika ingin mengubah ukuran video, kalian bisa lanjut ke langkah berikut.

4. Beralihlah ke Model HTML. Kalian temukan kode HTML dari video Youtube yang kalian pilih tadi. Carilah code width untuk lebar dan height untuk tinggi. Gantilah ukuran width menjadi 560 dan height menjadi 320. Kalian bisa menggunakan ukuran lain yang kalian inginkan.



Taraa, video pun terpasang dengan sempurna. Nah begitulah cara pertama yang bisa kalian coba. Sebagai catatan bahwa Kode HTML di atas sudah dilengkapi dengan code perataan posisi video yakni rata tengah. Penjelasannya bisa dibaca pada akhir artikel ini.



Cara Kedua


1. Buka Youtube dari browser kalian. Kalian bisa menggunakan browser seperti mozila firefox atau Chrome. Untuk ke Youtube sekarang, kalian bisa mulai dari sini.

2. Cari video yang ingin kalian tambahkan ke postingan blog. Klik judul video untuk membuka atau memainkannya.

3. Gulir halaman Youtube ke bawah (jika perlu). Temukan menu Bagikan kemudian klik menu Bagikan itu.



4. Pada jendela munculan, temukan menu Sematkan. Kemudian klik menu Sematkan itu. Copy code HTML yang muncul.



5. Buka postingan yang akan disematkan video pada mode HTML. Tempelkan code HTML video pada tempat yang diinginkan. Misalnya pada awal paragraf pertama, awal paragraf kedua atau lainnya. Kalian sesuaikan saja dengan kebutuhan.


6. Selanjutkan kalian lakukan pengaturan lanjutan yakni mengatur ukuran video dan perataan video dalam postingan. Untuk perataan video kalian gunakan beberapa code berikut.  Hasilnya seperti tampak pada gambar di atas.

Video rata kiri : <div style="text-align: left;"> [paste kode HTML video di sini]  </div>
Video rata tengah : <div style="text-align: center;"> [paste kode HTML video di sini] </div>
Video rata kanan : <div style="text-align: right;"> [paste kode HTML video di sini] </div>

Berikut contoh hasil video yang disematkan dengan menggunakan perataan rata tengah. Ukuran videonya dengan width =560 dan height = 315.



Selamat, kalian sudah berhasil menyematkan video dalam postingan blog. Kini postingan kalian jauh lebih menarik bukan!

Begitulah informasi tentang cara menambahkan video ke postingan blog. Bila ada kekurangan mohon sarannya untuk perbaikan. Semoga informasi ini bermanfaat. Ikuti informasi/artikel terbaru melalui fanspage facebook kami di Supervba.

No comments: