Cara Mengganti Template Blog Yang Benar

Cara Mengganti Template Blog Yang Benar

Ibarat pakaian, kalau pakaian kita bagus dan rapi maka penampilan kita jadi menarik. Begitulah kira-kira makna sebuah template blog. Penggunaan template atau tema yang baik sangat menunjang kinerja blog. Sehingga tidak jarang para blogger melakukan gonta-ganti tema atau template.

Tidak ada salahnya gonta-ganti tema jika sudah cukup mampu melakukannya. Tentu ada keuntungan dan kerugiannya jika mengganti tema blog. Salah satu keuntungannya seperti yang sudah dijelaskan di atas. Nah kerugiannya seperti kita butuh waktu untuk melakukan penyesuaian lagi antara template baru dengan konten yang sudah kita buat.

Bisa jadi setelah mengganti template maka blog kita terlihat berantakan. Sebenarnya hal ini tergantung dari langkah-langkah dalam mengganti template. jika langkah-langkahnya benar maka penampilan blog setelah penggantian template tidak akan berantakan.

Kali ini kami ingin memberikan tips cara mengganti template blog yang benar. Tips ini akan kami sampaikan pada akhir postingan ini.

Sebelumnya, ada 2 (dua) cara mengganti template blog di Blogger. Jika kalian punya cara lain selain cara-cara berikut, silahkan tinggalkan komentar di bawah postingan ini. Nah adapun cara-cara mengganti template blog adalah:

Gambar:blackmousedesign.com.au

Baca jugaInilah 2 widget blog yang wajib dipasang di laman blog


Cara Pertama

1. Masuk ke Dashbord Blogger. Gulir ke bawah (jika perlu) layar komputer kalian dan temukan menu Tema. Klik menu Tema kemudian klik tombol Backup/pulihkan pada pojok atas sebelah kanan.

2. Sebelum mengganti tema blog, ada baiknya melakukan backup tema blog yang sedang digunakan. Cara backup tema dengan klik tombol Download tema. Nah untuk menganti template kalian klik Pilih File.

3. Temukan file tema yang sudah kalian download. File tema mempunyai ekstensi .XML. Klik file tema tersebut dan klik tombol Open. Pada jendela Backup/Pulihkan, klik tombol Upload dan tunggu hingga proses unggah selesai.


Jika semua berjalan lancar, silahkan kalian periksa blog kalian dengan klik Lihat blog. Tampilan blog kalian akan berubah sesuai template yang sudah kalian upload.


Baca jugaCara tepat memasang Artikel Terkait dalam postingan blog untuk meningkatkan pengunjung blog

Cara Kedua

1. Buka file template yang sudah kalian download. Klik kanan pada file tersebut kemudian pilih salah satu aplikasi yang ingin kalian gunakan. Untuk membuka file template (XML) bisa menggunakan aplikasi Notepad, Wordpad, dan XML Editor. Saya sendiri lebih senang mengunakan Wordpad kalau di Notepad terkadang HTMLnya jadi berantakan.

2. Sorot/blok seluruh code HTML (Ctrl+A). Kemudian klik kanan dan klik piihan Copy untuk menyalin kode HTML template.


3. Buka Dashboard Blogger dan temukan menu Tema. Klik menu Tema dan lanjutkan dengan klik tombol Edit HTML. Sorot seluruh code HTML (Ctrl+A) dan klik tombol Delete pada keyboard komputer.


Baca jugaCara Memasang Iklan In-feed Ads Di Blog


4. Masih pada halaman Edit HTML, klik kanan pada editor dan klik menu Paste untuk menempelkan kode HTML template blog yang baru. Terakhir klik tombol  Simpan Tema. Jika semua berjalan lancar, silahkan kalian periksa blog kalian dengan klik Lihat blog. Tampilan blog kalian akan berubah sesuai template yang sudah kalian upload.

Dari kedua cara di atas, cara manakah yang benar?. Sebenarnya kedua cara di atas benar. Kalau kalian hanya mengganti template sebanyak 1 atau 2 kali saja, cara pertama masih aman alias bisa diterapkan. Tapi jika kalian suka gonta-ganti template, sebaiknya kalian menggunakan cara kedua supaya lebih efisien dalam menyesuaikan tema blog dengan konten.

Jika kalian menggunakan cara pertama, kalian butuh waktu lebih lama untuk penyesuaian. Ini karena template kalian bisa jadi benar-benar berantakan seperti posisi widget yang saling bertumpuk antara widget dari template lama dan baru.

Begitulah informasi tentang cara mengganti template blog yang benar. Bila ada kekurangan, mohon simpan di kolom komentar. Semoga informasi ini bermanfaat. Ikuti informasi/artikel terbaru melalui fanspage facebook kami di Supervba.

Hai..Terima kasih sudah membaca artikel Supervba. Masih banyak artikel menarik lainnya. Selamat menjelajah di Supervba. Jangan lupa subscribe/berlangganan, terima kasih.

×

Share this:

Reaksi:
Related Posts

Mr. VBA(id)

Author & Editor

Terima kasih sudah berkunjung. SuperVBA sangat bangga bisa menjadi bagian dari ceritamu hari ini.

Show Disqus Comment Hide comment

Disqus Comments

We are very glad that you are here

About Cookies:This website use cookies to ensure you get the best experiences...