Memulai Membuat Blog melalui Blogger

Blogger merupakan salah satu fasilitas dari Google bagi para penulis baik pemula maupun profesional untuk menuangkan ide melalui tulisannya. Blogger sudah memiliki banyak sekali pengguna. Mulai dari para Blogger yang cuma menulis hanya untuk mengisi waktu luang saja maupun para blogger yang memang ingin mencari penghasilan secara digital.

Jika kalian sedang membaca artikel ini, apakah tujuan kalian bergabung dengan blogger?. Kalian bisa ungkapkan pada kolom komentar di bawah postingan.

Untuk  memulai membuat blog, kalian perlu mempunyai akun Google (Gmail). Jika kalian sudah mempunyai akun google, silahkan langsung baca tentang membuat blog dan melewati informasi tentang persiapan akun Gmail di bawah. Namun jika kalian belum memiliki akun Gmail, silahkan ikuti informasi mengenai cara membuat akun Gmail berikut.

Persiapan Akun

Untuk membuat akun google (Gmail), ikuti langkah-langkah berikut.
1. Buka browser kalian. Kalian bisa menggunakan mozilla firefox atau Google Chrome.

2. Pada sudut/pojok kanan atas, klik tombol masuk berwarna biru. Jika tidak ada, klik menu aplikasi Google berbentuk persegi titik-titik hitam. Klik pada Akun saya. Kemudian klik tombol masuk pada sudut/pojok kanan atas.

3. Isi semua bidang pada kotak isian yang diperlukan seperti : nama, nama pengguna, sandi/password, tanggal lahir, gender/jenis kelamin, nomor hp, dan alamat email lain yang kalian miliki.


Nama
Silahkan isi dengan nama depan dan nama belakang kalian.

Nama Pengguna
Kalian dapat mengkombinasikan nama pengguna menggunakan huruf, angka dan titik.

Sandi / Password
Kata sandi minimal terdiri dari 8 karakter. Gunakan kata sandi yang belum pernah dipakai pada akun lain. Hindari kata sandi menggunakan tanggal lahir kalian. Isi kembali kata sandi dengan mengisi kotak konfirmasi kata sandi.

Tanggal lahir
Isi dengan tanggal lahir kalian. Usahakan berikan data tanggal lahir yang benar. Ini berguna jika suatu saat kalian ingin menggunakan akun google ini untuk mendapatkan penghasilan dari Google.

Gender
Isi jenis kelamin kalian.

Ponsel
Isi dengan nomor hp kalian. Sebaiknya gunakan nomor hp utama kalian.

Alamat email lain saat ini
Isi dengan alamat email lain yang kalian miliki misalkan email yahoo.

4. Centang pada "Saya menyetujui layanan dan kebijakan privasi Google". Jika tidak ada, klik tombol langkah berikutnya. Klik saya setuju pada jendela munculan "Privasi dan Persyaratan" yang menyatakan bahwa kalian menyetujui persyaratan layanan Google.


5. Selamat, email Google / Gmail kalian sudah berhasil dibuat. Silahkan dicatat supaya tidak lupa. Kalian bisa melanjutkan ke setelan akun jika mau dengan klik tombol lanjutkan ke setelan akun. Kalian bisa melakukan pengaturan lanjutan nanti.

Membuat Blog

Berhubung blog saya berada pada lingkup Blogger, maka saya akan memberikan tutorial membuat blog di Blogger pula. Cara membuat blog di Blogger sangat mudah jika kalian mengikuti semua pembahasan kami dengan benar. Berikut langkah-langkah membuat blog.

1. Siapkan komputer atau laptop kalian. Buka browser menggunakan mozila firefox atau Google Chrome. Pada Kotak penelusuran, ketiklah blogger. Pada hasil penelusuran, Kliklah link teratas untuk menuju halaman Blogger. Kalian bisa mulai sekarang dari sini.

2. Siapkan alamat email dan password Gmail kalian. Untuk masuk ke dashboard blogger, kalian harus login terlebih dahulu. Setelah halaman about blogger terbuka, klik tombol Buat Blog. Masukkan alamat Gmail dan password kalian kemudian klik tombol masuk.


3. Selamat datang di Blogger, begitulah sapaan hangat dari blogger yang akan kalian lihat. Sekarang tentukan pilihan apakah kalian akan menggunakan Profil Google+ atau Profil Blogger Terbatas.

Profil Google+

Jika kalian menggunakan profil Google+ maka Profil Google+ yang kalian sudah punya akan otomatis tersinkronisasi. Tapi jika kalian belum punya, sekarang saatnya membuat profil Google+. Silahkan isi data profil kalian, kemudian klik pilihan Buat Profil.


Kelebihan dari profil Google+ adalah Profil Blogger kalian akan terhubung dengan aplikasi Google+ dan Semua layanan Google lainnya. Misalnya, setiap kali kalian selesai memposting atau mempublikasikan sebuah artikel, Google+ akan mengirim konfirmasi untuk berbagi/share artikel yang baru saja kalian publikasikan kepada publik atau lingkaran kalian.




Profil Blogger Terbatas

Jika kalian merencakan hanya punya satu akun Google (Gmail), sebaiknya kalian menggunakan Profil Google+. Salah satu alasan kalian kalau menggunakan Profil Blogger terbatas adalah kalau kalian ingin menggunakan nama samaran atau identitas lain yang bisa jadi unik menurut kalian.

Profil manapun yang kalian pilih itu terserah kalian. Kedua profil tetap bisa digunakan untuk bemrmain di Blogger. Kalau saya sendiri, saya menggunakan Profil Google+. Hanya saja sekarang saya juga menggunakan identitas lain, ya, Supervba tentunya.

4. Selanjutnya kalian akan melihat halaman konfirmasi profil yang sudah kalian pilih. Klik tombol lanjutkan ke Blogger Jika sudah sesuai.

5. Pada halaman selanjutnya akan terbuka halaman Selamat datang Blogger. Kalian akan diberitahu Blogger bahwa kalian belum memiliki blog satupun. Sekarang, klik Tombol Buat Blog Baru.


6. Pada jendela Blog baru, kalian isi Judul blog, alamat blog, dan tema blog. Judul blog akan muncul di Header atau bagian paling atas blog kalian. Alamat blog merupakan URL blog kalian. Buatlah URL yang unik atau bisa disesuaikan dengan rencana konten yang akan ditulis. Pastikan alamat blog tercentang biru seperti pada gambar di bawah yang menunjukkan bahwa alamat tersebut tersedia untuk kalian.

Kemudian kalian bisa pilih tema atau template yang kalian sukai. Tema atau template berisi barisan code atau script HTML yang menentukan tampilan dan kinerja blog. Jika semua sudah sesuai, klik tombol Buat blog.


7. Berikutnya, klik tombol Lain kali untuk melewati penawaran domain dari Google. Selamat, kalian sudah berhasil membuat blog. Nama blog akan muncul di sudut kiri atas blog.

Untuk membuat artikel  baru, kalian bisa klik tombol Entri baru. Lengkapi judul, konten, Label, dan pengaturan lainnya. Klik tombol Pratinjau untuk melihat artikel sebelum diterbitkan. Klik tombol Publikasikan untuk menerbitkan artikel sehingga bisa dibaca oleh publik. Mengenai cara membuat artikel atau postingan akan dijelaskan pada pembahasan berikutnya. Nah, untuk melihat tampilan blog kalian, klik tombol Lihat blog pada sudut kiri atas.

Sebagai informasi tambahan, kalian bisa membuat lebih dari satu blog pada Blogger. Klik tanda panah ke bawah di samping nama Blog kalian pada sudut kiri atas. Klik pilihan Blog baru.

Apa yang harus saya lakukan setelah blog baru saya sudah dibuat?. Ada banyak pekerjaan setelah blog baru kalian berhasil dibuat. Namun, langkah penting berikutnya adalah mendaftarkan alamat atau URL blog baru ini ke Webmaster baik Webmaster Google, Bing, dan lainnya . Adapun tujuannya adalah supaya alamat blog dan semua postingan blog kalian bisa terbaca oleh masing-masing mesin telusur tersebut seperti mesin telusur Google dan Bing.

Begitulah cara memasang memulai membuat blog di Blogger. Bila ada kekurangan, mohon simpan di kolom komentar. Semoga informasi ini bermanfaat. Ikuti informasi/artikel terbaru melalui fanspage facebook kami di Supervba.

2 comments:

  1. gimana cara edit masuk ke blog yg sudah di buat pak? terimakasih.

    ReplyDelete
  2. maaf belum paham dengan pertanyaannya. Cara masuk ke blognya yang mau diubah pak? untuk apa tuh pak? ada masalah saat masuk ke blog?.
    Untuk masuk ke blog, masuk dulu ke akun gmail kemudian ketikkan blogger di kotak penelusuran google. klik link blogger untuk masuk ke dashbordnya.

    ReplyDelete