Akhirnya, Sitelink Supervba Muncul Lagi

Akhirnya, Sitelink Supervba Muncul Lagi

Sitelink (Taut Situs) merupakan salah satu fungsi yang ada pada Google Penelusuran. Sitelink ini akan muncul saat pengunjung mengetik nama situs kita di mesin pencari Google. Seperti tampak pada gambar sitelink situs Supervba berikut ini.

sitelink blog supervba

Mengapa judul artikel ini Akhirnya, Sitelink Supervba Muncul Lagi’?. Jadi, sitelink ini merupakan sitelink ketiga yang diberikan Google kepada Supervba. Sebelum pergantian domain dari supervba.blogspot.com menjadi www.supervba.com, blog ini sudah pernah mendapat hadiah sitelink dari Google.

Hanya saja, oleh karena suatu hal, maka sitelink itu tidak muncul lagi. Begitu juga, saat nama domain baru : www.supervba.com dipakai, sitelink blog ini pun muncul kembali. Hingga kemudian tidak tampil lagi. Mengapa hal itu bisa terjadi?. Penyebab sitelink tidak tampil lagi akan kami jelaskan di sini.


Cara Mendapatkan Sitelink (Taut Situs) dari Google

Bagaimana cara mendapatkan sitelink dari Google?. Sebelum itu, kita perlu tahu bahwa setelah kita mendaftarkan beberapa link kita untuk menjadi sitelink, belum tentu kita akan mendapat sitelink dan waktunya pun tidak tentu. Kebijakan tentang sitelink untuk blog  merupakan hak dari Google sepenuhnya. Kita hanya harus menunggu sitelink itu muncul.

Baik, untuk mendapatkan sitelink untuk situs yang kita kelola, kita harus mendaftarkan beberapa link pada blog melalui Google Webmaster. Berikut langkah-langkahnya.

1. Masuk ke Google Webmaster.

Ya, langkah pertama adalah kita harus masuk ke Google Webmaster. Untuk masuk ke Google Webmaster, terlebih dahulu kita harus masuk ke akun Google kita. Kemudian, klik masuk ke Search Console alias ke beranda (home) Google Webmasters kita.

webmaster google

Selanjutnya, pilih blog yang akan kita beri sitelink misal www.supervba.com. Pada dashbor Google Webmaster, klik tampilan penelusuran>> Taut Situs. Jika kita belum pernah membuat sitelink sebelumnya maka, tidak ada daftar sitelink yang ditampilkan. Berikut ini tampilan sitelink blog Supervba yang sudah saya daftarkan.

halaman taut situs

2. Demosikan URL.

Untuk mendapatkan sitelink, langkah kedua adalah mendaftarkan sitelink, Silahkan isikan url yang akan kita daftarkan (demosi) pada menu ‘demosikan URL tautan situs' pada kotak/form yang disediakan. Kemudian klik demosikan. Perhatikan kembali gambar di atas.

Setelah kita mendemosikan URL situs untuk menjadi sitelink, proses selanjutnya hanya menunggu hingga Google mengabulkan permintaan kita. Butuh waktu sekitar sebulan lebih untuk melihat ada perkembangan atau tidak. Selama proses penantian ini, kita harus tetap update artikel supaya Google melihat bahwa situs kita memang aktif.

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya bahwa sitelink itu kebijakan dari Google. Tidak ada hal yang bisa kita lakukan untuk mempercepat proses memperoleh sitelink ini, jadi kita banyak berdoa saja, hehe. Usahakan situs kita terfokus pada suatu niche tertentu. Tentunya, jika bisa situs kita berisi konten yang unik. Selamat menunggu, hihi.


Penyebab Sitelink Tidak Muncul Setelah Sempat Muncul

Saat penulisan artikel ini, saya sangat sepakat bahwa kebijakan sitelink untuk blog itu adalah hak Google. Muncul atau tidaknya tergantung kemurahan hati pihak Google. Untuk itu, bagi kita yang sitelink blognya sudah muncul, mari kita jaga supaya sitelink itu tetap muncul. Sitelink bisa tidak muncul kapanpun yang diinginkan oleh pihak Google. Yakinlah, bahwa Google benar-benar mengetahui apa yang kita lakukan terhadap blog kita.

Berdasarkan pengalaman, kali ini saya akan menguraikan beberapa penyebab mengapa sitelink blog bisa tidak muncul setelah sebelumnya sempat muncul. Mari disimak ya.

1. Perubahan Terhadap Template Blog

Template blog sebaiknya tidak kita ubah setelah sitelink blog kita sudah muncul.  Mengubah template itu bisa berupa : menggunakan template yang baru atau mengubah html yang ada. Jika kita mengganti template blog dengan yang baru, sudah jelas sitelink blog kita akan hilang. Begitupula jika kita mengubah kode html blog yang menyebabkan google melihat bahwa blog kita menjadi terlihat berantakan untuk beberapa waktu. Untuk itu, sebaiknya kita menghindari hal-hal di atas.

2. Pengiriman Ulang Terhadap robot.txt

Faktor lain yang dapat menyebabkan tidak munculnya sitelink adalah pengiriman ulang terhadap robot.txt. Beberapa waktu lalu, dengan maksud mengatasi masalah artikel/postingan yang lambat terindeks, saya melakukan pengiriman ulang robot.txt. Besoknya, sitelink situs ini menjadi tidak muncul. Untuk itu, silahkan hal ini juga harus kita hindari.

Begitulah sedikit informasi tentang sitelink untuk situs/blog yang dapat saya bagikan. Ikuti informasi perkembangan blog kami melalui fanspage facebook kami di Supervba. Terima kasih untuk kunjungannya.

Hai..Terima kasih sudah membaca artikel Supervba. Masih banyak artikel menarik lainnya. Selamat menjelajah di Supervba. Jangan lupa subscribe/berlangganan, terima kasih.

×

Share this:

Reaksi:
Related Posts

Mr. VBA(id)

Author & Editor

Terima kasih sudah berkunjung. SuperVBA sangat bangga bisa menjadi bagian dari ceritamu hari ini.

Show Disqus Comment Hide comment

Disqus Comments

We are very glad that you are here

About Cookies:This website use cookies to ensure you get the best experiences i our website.