Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Tips Mengatasi Emosi Siswa Saat Bertanding Olahraga

7 Tips Mengatasi Emosi Siswa Saat Bertanding Olahraga
Ilustrasi : Anak Sedang Bertanding Sepak Bola

Oleh : Budi Iswanto (Guru PJOK SD PT Pasangkayu)

Dalam sebuah pertandingan olahraga, menang dan kalah adalah hal yang biasa. Memiliki sikap mental yang baik diperlukan untuk itu, terutama jika siswa terlibat di kegiatan olahraga.

Sportifitas dalam olahraga merupakan sikap yang sangat penting untuk menjadikan  sebuah pertandingan dapat berjalan lancar dan enak untuk ditonton. Banyak sekarang orang yang tidak mengerti makna sportifitas dan hanya mementingkan sebuah kemenangan. Apabila dalam bertanding sikap sportifitas tidak dilaksanakan, maka pertandingan akan terlihat kacau dan tidak menarik untuk dilihat karena keributan.

Tips Mengatasi Emosi Siswa Saat Bertanding Olahraga


Di dalam dunia olahraga kadang-kadang memancing kemarahan lawan adalah disengaja dengan harapan kalau lawan itu sudah tidak sadar lagi, akibatnya anak ingin main keras yang dapat mengakibatkan banyaknya energi yang harus dikeluarkan pada suatu saat kehabisan tenaga, sehingga dapat dengan mudah untuk dikalahkan, hal-hal seperti di atas tentunya harus disadari dan dimengerti oleh para siswa dan guru pada saat ini.
Sebagai contoh pada kondisi pertandingan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) di tingkat Kecamatan, sulit kita untuk tidak melihat kemarahan atau emosi ketika kalah dalam bertanding. Seringkali kita melihat siswa yang emosi dan marah ketika timnya kalah. Bahkan itu juga dilakukan sendiri oleh seorang guru yang notabene seorang pendidik ketika anak asuhnya kalah dalam bertanding.

7 Tips Mengatasi Emosi Siswa Saat Bertanding Olahraga

Berikut ini usaha yang bisa dilakukan guru dalam menangani siswa yang mudah emosi dan frustasi ketika bertanding olahraga.
1. Melatih sikap mental percaya diri siswa
2. Melatih Sikap disiplin siswa
3. Memberikan pemahaman untuk tidak cepat puas dan selalu berusaha untuk menjadi lebih baik.
4. Melatih Kontrol diri siswa
5. Memberi motivasi dalam sikap optimis siswa
6. Melakukan konsep untuk Berpikir positif
7. Mengajarkan Sikap sportifitas siswa

Demikian, semoga bermanfaat.

Sumber Gambar : Dimitris Vetsikas dari Pixabay 

Penulis : Budi Iswanto (Guru PJOK SD PT Pasangkayu)
Editor : Arya WB
Dipublikasikan oleh : Arya WB
Share :

Belum ada komentar untuk "7 Tips Mengatasi Emosi Siswa Saat Bertanding Olahraga"