Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020 Ditiadakan, Berikut Himbauan Resminya

Logo peringatan hari pendidikan nasional 2020
Logo Hardiknas 2020
Setiap tahun, insan-insan pendidikan memperingati hari pendidikan nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei. Kenapa 2 Mei ya? 2 Mei diambil dari hari kelahiran tokoh pahlawan nasional sekaligus bapak pendidikan nasional yaitu Ki Hajar Dewantara.

Ki Hajar Dewantara, bernama asil Raden Mas Soewardi Soerjaningrat. Sejak tahun 1922 lebih dikenal dengan Ki Hadjar Dewantara. Ki Hajar Dewantara lahir di daerah Pakualaman pada tanggal 2 Mei 1889 dan meninggal di Kota Yogyakarta pada tanggal 26 April 1959 dalam umur 69 tahun.

Ki Hajar Dewantara merupakan pendiri Perguruan Taman Siswa. Suatu organisasi pendidikan yang memberikan kesempatan untuk para pribumi agar bisa mendapatkan hak pendidikan yang setara seperti kaum priyayi dan juga orang-orang Belanda.

Ki Hajar Dewantara mempunyai tiga semboyan terkenal yaitu Ing Ngarso Sung Tulodho yang berarti di depan memberi contoh, Ing Madya Mangun Karso yang berarti di tengah memberikan semangat dan Tut Wuri Handayani yang berarti di belakang memberikan dorongan. Semboyan Tut Wuri Handayani digunakan sebagai slogan Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia hingga saat ini.

Hari Pendidikan Nasional tahun 2020 merupakan peringatan perdana bagi menteri pendidikan Nadiem Makarim sejak dilantik pada 23 Oktober 2019. Nadiem Makarim, mantan CEO Gojek itu masuk dalam Kabinet Indonesia Maju pada pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin periode 2019-2024.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020 tetap diselenggarakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan penyebaran Covid-19. Peringatan kali ini mengambil Tema "Belajar dari Covid-19" dengan logo peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020 sebagai berikut.

Seiring dengan adanya pandemi Covid-19, maka Menteri Nadiem Makarim mengeluarkan Surat Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020. Dalam surat tersebut mengatakan bahwa :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) selaku panitia penyelenggara peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 meniadakan penyelenggaraan Upacara Bendera yang umumnya diselenggarakan di setiap kantor pusat dan daerah, setiap instansi pendidikan, serta kantor perwakilan RI di luar negeri.
Namun demikian kemendikbud akan tetap memperingati Hardiknas 2020 dengan menyelenggarakan upacara bendera pada tanggal 2 Mei 2020 pukul 08.00 WIB secara terpusat, terbatas, dan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Di peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020 dalam pandemi Covid-19, Menteri Nadiem Makarim mengeluarkan beberapa himbauan, yaitu:
  1. Menghimbau instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri untuk mengikuti jalannya upacara bendera melalui siaran langsung di kanal Youtube Kemendikbud RI dan saluran TV Edukasi dari rumah/tempat tinggal masing-masing.
  2. Menghimbau setiap satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah, serta perwakilan Republik Indonesia di luar negeri tidak mengadakan kegiatan/aktivitas peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020 yang mengakibatkan berkumpulnya orang pada suatu lokasi.
  3. Aktivitas/kegiatan alternatif untuk memperingati dan memeriahkan Hari Pendidikan Nasional 2020 dapat dilakukan secara kreatif, menjaga dan membangkitkan semangat belajar di masa darurat Covid-19, mendorong pelibatan dan partisipasi publik, serta memenuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.
  4. Menghimbau insan pendidikan untuk menyaksikan program peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020 "Belajar dari Covid-19" di TVRI pada Sabtu, 2 Mei 2020 pukul 19.00 s.d 20.30 WIB.  
Program peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020 dengan Tema "Belajar dari Covid-19" yang akan disiarkan lewat TVRI pada Sabtu, 2 Mei 2020 pukul 19.00 s.d 20.30 WIB tersebut akan dimeriahkan oleh artis-artis indonesia. Adapun pengisi acara dalam program ini adalah Najwa Shihab, Tulus, Sabyan, Rizki Febian, Vidi Aldiano, Rinni Wulandari, Lyoadra, Naura, Gitabumi Voices. Acara ini akan dipandu oleh Temmy Rahadi dan Audrey Beer.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020
Gambar : Kanal Youtube Kemendikbud RI
Selain ditayangkan di TVRI, acara peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 juga dapat disaksikan secara Live Streaming melalui kanal Youtube Kemendikbud RI. Cek kanal Youtube Kemendikbud RI  di sini.

Download Surat Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020 [PDF] di sini

Download Logo Hardiknas 2020 [PDF] di sini

Download Backdrop, Spanduk, dan Umbul-Umbul di sini

Demikian informasi mengenai Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020. Semoga bermanfaat.

#AmanDiRumah
Share :

Belum ada komentar untuk "Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020 Ditiadakan, Berikut Himbauan Resminya"