DAFTAR ARTIKEL TERBARU

8 Langkah Mudah Mengatasi Printer Macet Saat Ngeprint

Cara install printer Epson L360 tanpa CD [Epson L360 Series]
Menyebalkan sekali apabila sedang ngeprint dokumen penting, namun tiba-tiba printer ngadat. Saya sering mengalaminya saat bekerja di kantor, printer yang biasa saya gunakan adalah printer tinta (canon IP2770, Epson L210), hingga printer dot (LQ-2180,LQ-310).

Jika kerusakan yang terjadi pada printer mudah, biasanya saya memperbaikinya sendiri, namun jika agak parah dan saya tidak memiliki spare partnya biasanya saya bawa ke bengkel printer. Sebagian di bawah ini adalah cara saya mendeteksi penyebab printer ngadat dan cara mengatasinya.

8 Langkah Mudah Mengatasi Printer Ngadat Saat Ngeprint

Bagaimana cara mengatasi printer ngadat?Yang harus anda lakukan adalah mengecek terlebih dahulu penyebabnya, bisa jadi sensor kertas rusak, ada kertas yang tersangkut di printer, roda roll printer rusak, kertas terlalu banyak, printer melebihi batas cetak, setelah itu Anda bisa mengambil langkah perbaikan.

Penjelasan lebih lengkap anda bisa membaca dibawah ini.

1. Ada Kertas Yang Tersangkut Di Printer

Saya sering mengalami hal ini di kantor, bisa jadi printer anda mengalami hal yang sama. Untuk mengetahui apakah ada kertas yang tersangkut di printer anda, Bukalah penutup depan printer, dan lihatlah Apakah ada kertas yang tersangkut di sana.

Jika ada, segera bersihkan kertas tersebut...

Jika sudah anda bersihkan, printer anda biasanya akan berjalan dengan normal lagi.
Untuk mencegah kertas tersangkut di dalam printer Sebaiknya anda membatasi jumlah halaman yang diprint pada satu waktu, apalagi jika printer Anda adalah printer murah seperti Canon IP2770.

2. Sensor Kertas Rusak

Sensor kertas pada printer berfungsi untuk mengecek Apakah ada kertas yang terpasang di printer atau tidak, saat sensor ini rusak printer tidak bisa mendeteksi keberadaan kertas.

Jadi meskipun anda sudah memasang kertas di printer untuk mencetak dokumen, printer Anda tidak akan memprosesnya.

Jika hal ini terjadi, cara untuk mengatasinya adalah mengganti sensor tersebut dengan sensor baru. Harga sensor ini biasanya di bawah 50 ribu.

3. Roda Rol Printer Rusak

Roda rol printer berguna untuk menggerakan kertas ke dalam printer, pada saat komponen ini rusak, maka kertas akan macet-macet atau bahkan tidak bisa jalan,

Untuk mengecek apakah roda rol rusak, anda harus membongkar printer terlebih dahulu. Jika anda ingin membongkarnya anda bisa melihat video di bawah ini.

(embed aja https://www.youtube.com/watch?V=NU8szvzE8ck)

Jika ada roda printer yang rusak, anda bisa membelinya di bukalapak atau tokopedia.

4. Anda Memasukkan Terlalu Banyak Kertas

Jika anda memasukkan terlalu banyak kertas ke printer, maka roll printer akan susah menarik kertas tersebut. Jika printer menarik kertas lebih dari satu, hal ini bisa menyebabkan kertas tersangkut di dalam printer.

Ujung-ujungnya printer anda macet.

Agar hal ini tidak terjadi... sebaiknya jangan terlalu banyak memasukkan kertas di printer.

5. Printer Harus Di Reset

Setiap printer memiliki batasan cetak bulanan, hal ini berfungsi untuk menjaga agar kinerja printer berjalan dengan baik. Jika anda terlalu banyak mencetak dokumen, maka ada kemungkinan printer Anda ngadat karena telah mencapai batasnya.

Cara mengatasinya adalah dengan mereset printer anda. Untuk cara reset nya anda bisa menonton video di bawah ini

(embed video https://www.youtube.com/watch?V=nvrksomtk8o)

6. Cartridge Printer Rusak

Cartridge adalah benda yang menempel di printer yang memiliki fungsi menampung tinta dan mengalirkanya ke head, kemudian head menggunakan tinta tersebut untuk mencetak di kertas.

Saat cartridge printer Anda rusak, tinta tidak bisa mengalir dengan lancar sehingga hasil cetakan putus-putus, atau bahkan tidak tercetak sama sekali.

Jika hal tersebut terjadi maka anda harus mengganti cartrige tersebut, harga cartridge biasanya sekitar 200 hingga 400 ribuan, tergantung merk printer anda.

7. Cek Apakah Tinta Habis

Saat tinta printer habis biasanya akan ada peringatan di komputer. Berbunyi "the following Ink May have run out". Dan anda pun tidak bisa mencetak dokumen anda.

Cara mengatasinya, isilah tinta yang habis. Maka anda bisa mencetak dokumen anda kembali.

8. Cek Apakah Kabel Terpasang Dengan Baik

Printer Anda ngadat mungkin karena kabel yang menghubungkan antara printer dengan komputer tidak terpasang dengan baik, bisa jadi karena tersenggol dan ahirnya putus, atau karena port USB yang rusak.

Cobalah untuk memasang kabel printer ke port USB Anda yang lain untuk mengecek apakah ada masalah dengan kabel atau port USB.

Kesimpulan

Biasanya printer mengalami ngadat atau macet dikarenakan pemakaian printer yang berlebihan atau penggunaan yang tidak hati-hati.

Printer tua dengan kualitas buruk juga bisa mengalami kemacetan dalam mencetak.

Untuk terhindar dari hal ini sebaiknya anda memperhatikan benar-benar printer anda, rawat dan bersihkan secara berkala, perhatikan juga penggunaan tinta, jangan sampai kehabisan dan jangan menggunakan tinta non original.

Penulis : Aqilda
Editor : Admin

Artikel ini telah disunting sebagian oleh Admin. Namun konten artikel ini sepenuhnya merupakan tanggungjawab dari Penulis.
Next article Next Post
Previous article Previous Post

Leave a Reply to "8 Langkah Mudah Mengatasi Printer Macet Saat Ngeprint"

Post a Comment

Kami tunggu komentarnya. Bijaklah dalam berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel