Bunyi UUD 1945 [Pembukaan] dan Teks Pancasila untuk upacara bendera

Upacara bendera biasa dilaksanakan pada setiap Hari Senin. Selain itu, juga dilaksanakan pada hari-hari besar nasional seperti hari guru. Pelaksanaan upacara bendera terdiri dari peserta dan petugas upacara bendera. Dari segi petugas upacara bendera terbagi lagi menjadi pemimpin upacara, regu pengibar bendera, regu paduan suara dan petugas pembaca teks upacara bendera.

Pada umumnya, petugas pembaca teks upacara bendera terdiri dari tata upacara bendera, pembacaan Undang-undang Dasar 1945, pembacaan Pancasila, dan pembacaan Doa. Di beberapa sekolah ada yang menambahkan dengan petugas pembaca janji siswa. Di sekolah anda bagaimana?

Petugas upacara bendera memegang peranan sangat penting dalam lancarnya pelaksanaan upacara bendera. Terlebih lagi dengan petugas pembaca teks UUD 1945 dan teks Pancasila. Sehingga semua petugas upacara bendera musti latihan sebelum upacara bendera dilaksanakan untuk meminimalisir kesalahan.


Bunyi UUD 1945 [Pembukaan] dan Teks Pancasila untuk upacara bendera

Berikut admin mau berbagi naskah Undang-undang Dasar 1945 dan teks Pancasila untuk kegiatan upacara bendera di sekolah.

Teks Pancasila

Pancasila

1. Ketuhanan yang Maha Esa.
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
3. Persatuan Indonesia.
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan.
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.


Bunyi UUD 1945

UNDANG-UNDANG DASAR NEGARA REPUBLIK INDONESIA
TAHUN 1945

PEMBUKAAN

Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan prikemanusiaan dan prikeadilan.

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Atas berkat rahmat Allah yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka  rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

Kemudian daripada itu, untuk membentuk suatu pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia yang terbentuk dalam suatu susunan negara republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat, dengan berdasar kepada ketuhanan yang maha esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Begitulah berbagi informasi tentang Bunyi UUD 1945 [Pembukaan] dan Teks Pancasila untuk upacara bendera. Bila ada kekurangan, mohon simpan di kolom komentar. Semoga informasi ini bermanfaat. Ikuti informasi/artikel terbaru melalui fanspage facebook kami di Supervba.

Bunyi UUD 1945 [Pembukaan] dan Teks Pancasila untuk upacara bendera Bunyi UUD 1945 [Pembukaan] dan Teks Pancasila untuk upacara bendera Reviewed by Super VBA on Monday, December 04, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.