Perkalian Bilangan 3 Angka dengan Metode DOREMI

Banyak jalan menuju Roma. Yah itulah salah satu ungkapan yang bisa kita pegang dalam mengajarkan perkalian kepada siswa. Penyebabnya, banyak siswa mengalami kesulitan dalam memecahkan soal perkalian utamanya mulai dari perkalian bilangan 3 (tiga) angka. Untuk soal perkalian dengan bilangan 2 (dua) angka hampir semua siswa bisa menyelesaikannya dengan baik. Nah, kali ini saya akan menjelaskan tentang Metode DOREMI.

Metode DOREMI digunakan untuk menyelesaikan soal perkalian dengan bilangan 3 (tiga) angka. Metode DOREMI dibuat langsung oleh penulis yang dikombinasikan dengan metode GASING. Perihal metode GASING akan dijelaskan pada kesempatan berikutnya. Metode DOREMI sudah menggunakan teknik perkalian yang baru yaitu perkalian dari kiri ke kanan.

Lalu, bagaimana cara menggunakan Metode DOREMI?. Ya, pada metode DOREMI ini kita pilih sebuah bilangan 3 angka pada soal perkalian untuk selanjutnya kita label setiap angkanya dengan label Do, Re, dan Mi. Misalkan pada soal: 20 x 253 maka kita pilih bilangan 253 untuk kita label menjadi 2 = Do, 5 = Re dan 3 = Mi. Perkalian dengan metode DOREMI dimulai dari angka dengan label Do. Angka ini dikalikan dengan setiap angka lawannya dan hasilnya disusun ke bawah sesuai nilai tempat. Setelah itu dilanjutkan dengan angka berlabel Re dan Mi dengan cara serupa. Pada setiap baris Do, Re, dan Mi dijumlahkan jika terdapat lebih dari satu bilangan. Jika susunan ke bawah melewati baris Mi maka kita dapat menuliskan nama baris berikutnya dengan nama Fa, Sol, dan seterusnya sesuai urutan solmisasi.  Setelah semua baris selesai dijumlahkan, dengan menggunakan metode GASING kita tentukan hasil dari soal perkalian tersebut.

Gambar : http://mentalfloss.com


Perkalian Bilangan 3 Angka dengan Metode DOREMI


Supaya lebih jelas, simak contoh soal berikut ya.
Hasil dari 20 x 253 = .....

Penyelesaian
Langkah 1: Perhatikan diagram pada susunan ke bawahnya ya…
Perkalian untuk Do (xDo) saja. Hasilnya diletakkan pada tabel Doremi
perkalian doremi
Langkah 1 : Do

Langkah 2: Perhatikan diagram pada susunan ke bawahnya ya…
Perkalian untuk Re (xRe) saja. Hasilnya diletakkan pada tabel Doremi.
perkalian tiga angka doremi
Langkah 2 : Re

Langkah 3: Perhatikan diagram pada susunan ke bawahnya ya…
Perkalian untuk Mi (xMi) saja. Hasilnya diletakkan pada tabel Doremi.
perkalian tiga angka
Langkah 3 : Mi

Secara lengkap akan tampil seperti berikut ini.
perkalian tiga angka
DOREMI
Berikut tabel DOREMI yang harus dibuat siswa.
perkalian tiga angka
Tabel Perkalian Metode DOREMI
Untuk lebih jelas, silahkan unduh file powerpointnya pada tautan berikut.
Powerpoint Perkalian Metode DOREMI

Selanjutnya, sebagai bahan latihan, berikut file word berisi worksheet soal latihan perkalian bilangan 3 angka dengan metode DOREMI. Klik link berikut untuk mengunduhnya.
Worksheet perkalian Metode DOREMI

Metode DOREMI ditujukan bukan sebagai cara cepat berhitung perkalian. Melainkan lebih ditujukan bagi siswa dengan kemampuan lambat hingga sedang supaya bisa menyelesaikan perkalian bilangan 3 (tiga) angka dengan baik. Metode ini tentu tidak lepas dari kekurangan, jika ada kritik dan saran bisa ditulis pada kolom komentar.

Semoga postingan kali ini bermanfaat. Silahkan ikuti informasi perkembangan blog kami melalui fanspage facebook kami di Supervba.


No comments: