Menu Login pada Slide Powerpoint 2007

Menu Login pada Slide Powerpoint 2007

Slide merupakan objek utama pada Powerpoint yang selalu kita gunakan dalam membuat presentasi maupun project VBA Powerpoint. Kali ini kita akan menambahkan Menu Login pada slide Powerpoint, khususnya pada slide pertama.

Untuk diingat bahwa, tutorial VBA Powerpoint ini didasarkan pada Aplikasi Powerpoint 2007. Untuk itu, bagi pembaca yang menggunakan Aplikasi Powerpoint yang lebih baru supaya dapat menyesuaikan.

Apakah anda pernah menonton salah satu video saya yang berisi game VBA Powerpoint?. Jika belum, silahkan ditonton dulu disini.

Demo Game Matematika Satuan Panjang dengan VBA Powerpoint

Pada salah satu video demo game VBA Powerpoint itu, saya menggunakan Menu Login pada slide pertamanya. Perhatikan screenshootnya pada gambar berikut.

gambar game matematika vba powerpoint
Game Pembelajaran Edukatif

Menu login pada slide powerpoint itu dapat membuat presentasi kita menjadi lebih menarik. Apa yang dimaksud dengan menu login?. Dengan menu login, pengguna game VBA Powerpoint kita harus memasukkan password terlebih dahulu sebelum menggunakan  game kita lebih jauh lagi. Menu Login ini akan kita tempatkan pada slide pertama. Jika pengguna memasukkan password yang benar maka game atau presentasi dapat dilanjutkan. Begitupula sebaliknya, jika salah, maka pengguna harus memasukkan kembali password yang benar.

Bagaimana cara menambahkan menu login pada slide pertama powerpoint?. Ini sangat mudah. Kita tidak butuh code VBA Powerpoint yang panjang. Sehingga project ini sangat menarik untuk dicoba.

animasi secure
Animasi Secure

Menu Login pada Slide Powerpoint 2007

Baiklah, mungkin anda sudah tidak sabar. Mari kita mulai membuatnya. Simak uraian berikut ini.
Bahan-bahan yang kita butuhkan:
1 buat Textbox bernama Textbox1
2 buah Shapes berupa Rounded  Rectangle dengan caption ‘Masuk’ dan ‘Hapus
1 buah Callout.

Jika anda ingin menggunakan Shapes yang lain, bukan shapes 'Rounded Rectangle' silahkan saja. Jika anda ingin menggunakan CommandButton sebagai pengganti Shapes juga bisa jika anda mengerti cara menerapkannya.

Textbox merupakan bahan utama kita dalam project ini. Textbox merupakan objek VBA Powerpoint yang berfungsi untuk menerima masukan/input berupa karakter tertentu. Karakter itu dapat berupa bilangan, teks atau simbol.

Ikutilah langkah-langkah berikut ini untuk membuatnya.
1. Siapkan slide Powerpoint anda. Siapkan sekitar 2 atau lebih slide Powerpoint. Klik Tab Developer untuk menuju ke Textbox.
Klik Spoiler Berikut:
textbox pada tab developer powerpoint
Tambahkan bahan-bahan di atas sehingga memiliki tampilan seperti berikut ini.
Klik Spoiler Berikut:
menu login slide powerpoint
2. Klik kanan pada Textbox1. Kemudian atur Propertiesnya seperti gambar berikut ini. Atur ukuran Font sebesar 36. Fontnya Arial. Pokoknya sesuaikan saja dengan ukuran Textbox dan selera anda.
Klik Spoiler Berikut:
properties textbox powerpoint
change font textbox powerpoint
font window textbox powerpoint 2007
3. Masuk ke VBE. Lakukan double klik pada Textbox1 untuk menuju VBE. Salin code VBA Powerpoint berikut ini ke dalam VBE pada Slide1.

Sub masuk()
If TextBox1.Text = "Supervba" Then
ActivePresentation.SlideShowWindow.View.GotoSlide (2)
TextBox1.Text = ""
Else
cekpassword = MsgBox("Password salah !!!", vbExclamation, "Cek Password")
TextBox1.Text = ""
End If
End Sub

Sub hapus()
TextBox1.Text = ""
End Sub

Silahkan ganti Password di atas sesuai keinginan anda sendiri. Supaya lebih jelas perhatikan gambar VBE berikut.
Klik Spoiler Berikut:
code vba powerpoint dalam vbe
4. Dari VBE kita kembali ke slide powerpoint. Pada slide terdapat 2 buah Shapes yaitu 1 buah Shape dengan CaptionMasuk’ dan satu lagi dengan CaptionHapus’. Shape ‘Masuk’ berguna untuk menuju ke slide berikutnya jika password kita benar. Sedangkan shape ‘Hapus’ berguna untuk menghapus password kita yang salah.  Sekarang, jalankan Macro yang sudah kita buat pada VBE, tepatnya di slide1. Klik salah satu shape dan jalankan Macro yang bersesuaian. Perhatikan rangkaian gambar berikut.
Klik Spoiler Berikut:
run macro masuk powerpoint
run macro vba powerpoint
Supaya lebih menarik, kita dapat menambahkan suara. Pada gambar berikut, kita menambahkan suara berupa suara laser. Lakukan klik pada 'Play Sound' di bawah Menu 'Run Macro'. Pilih Suara yang ingin dipakai dari daftar. Perhatikan gambar.
Klik Spoiler Berikut:
insert sound laser to shapes powerpoint
5. Pada slide kita terdapat sebuah Callout. Format Callout kita semenarik mungkin. Masukkan teks berupa password yang kita inginkan sebagai petunjuk bagi pengguna game kita. Beri animasi jika perlu.

6. Sekarang silahkan tekan F5 untuk mengeksekusi code VBA kita dan lihat hasilnya. Masukkan password dengan benar dan klik 'Masuk'.

7. Jika semua sudah benar, silahkan simpan file project kita dengan ekstensi file .pptm atau .ppsm.

Modifikasi Menu Login

Berikut ini merupakan code VBA Powerpoint untuk membuat menu login pada slide Powerpoint. Silahkan buat project baru dan lakukan langkah di atas untuk membuat project yang sama. Hanya saja, sekarang ganti code VBA Powerpoint di atas dengan code VBA Powerpoint di bawah ini.

Sub masuk()
cekpassword = MsgBox("Apakah anda yakin untuk Login sekarang?", vbYesNoCancel + vbQuestion, "Konfirmasi Login")
If cekpassword = vbYes Then
If TextBox1.Text = "Supervba" Then
ActivePresentation.SlideShowWindow.View.GotoSlide (2)
TextBox1.Text = ""
Else
cekpassword = MsgBox("Password salah !!!", vbExclamation, "Cek Password")
TextBox1.Text = ""
End If
Else
cekpassword = vbCancel
End If
End Sub

Sub hapus()
TextBox1.Text = ""
End Sub

Perbedaan code VBA di atas dengan code VBA sebelumnya adalah kita menampilkan sebuah MessageBox untuk meminta respon dari pengguna setelah memasukkan passwordnya. Apakah pengguna yakin passwordnya sudah benar atau belum. Inilah hasil slideshow kita jika menggunakan code VBA Powerpoint di atas. Perhatikan gambar.
Klik Spoiler Berikut:
messagebox menu login powerpoint 2007


Tampilkan Password Menggunakan Karakter Tertentu

Pada proyek di atas, password yang kita masukkan saat slideshow akan terlihat dengan jelas. Jika kita ingin password tersebut tidak terlihat, kita bisa menyembunyikan menggunakan karakter tertentu. Misalnya menggunakan simbol bintang (*) dan lainya.

Cara untuk menyetel pengaturan password tersebut sangat mudah. Klik pada TextBox>>Properties. Masih pada Tab Alphabetic, carilah pilihan PasswordChar. Isi pilihan ini dengan teks berupa karakter tertentu yang diinginkan  misalnya simbol bintang (*). Simak gambar berikut.
Klik Spoiler Berikut:
set password char vba powerpoint
Untuk melihat project kami, silahkan di sini. Untuk melihat code VBA pada VBE kami, gunakan Password tanpa tanda petik 'supervbaok' untuk membuka VBA project kami.

1. Menu Login Project 1

2. Menu Login Project 2

Apakah anda masih kesulitan?. Coba simak tutorialnya melalui Video Memasang Menu Login Slide Powerpoint 2007.

Begitulah caranya untuk memasang Menu Login pada Slide Powerpoint menggunakan VBA. Semoga dapat dipahami dengan baik.

Jika anda suka, silahkan share dengan yang lain dengan menggunakan tombol share yang ada di bawah postingan ini. Kunjungi Fanspage Facebook kami di Supervba untuk mendapat pemberitahuan artikel-artikel terbaru kami dengan cara klik Suka untuk mengikuti kami. Terima kasih.

Hai..Terima kasih sudah membaca artikel Supervba. Masih banyak artikel menarik lainnya. Selamat menjelajah di Supervba. Jangan lupa subscribe/berlangganan, terima kasih.

×

Share this:

Reaksi:
Related Posts

Mr. VBA(id)

Author & Editor

Terima kasih sudah berkunjung. SuperVBA sangat bangga bisa menjadi bagian dari ceritamu hari ini.

Show Disqus Comment Hide comment

Disqus Comments

We are very glad that you are here

About Cookies:This website use cookies to ensure you get the best experiences i our website.